LogoDIGINATION LOGO

7 Situs Web Penyedia Musik Bebas Copyright

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 2 Februari 2021 | 13:57 WIB
Share
Share

Saat ini pembuatan konten telah menjadi aktivitas orang sehari-hari. Selain tools editing, mempersiapkan asset konten seperti video, narasi, musik dan lainnya menjadi hal biasa.

Bicara maraknya konten di pasaran, selain video kamu juga membutuhkan musik dan backsound yang orisinil dan berbeda daripada yang lain agar menarik penonton.

Meskipun banyak musik dan backsound tersedia di Youtube, namun tidak semua backsound yang disediakan gratis lho. Kamu bisa saja dikenai sanksi, alias Copyright akibat menggunakan musik tanpa seizin kreator-nya.

Apa itu Copyright?

Yups.. Seperti yang sudah digambarkan. Copyright adalah hukum, yang memberikan kendali penuh terhadap sebuah karya. Menggunakan backsound atau musik tanpa izin menjadi salah satu kebijakan Copyright. Copyright memberikan perlindungan terhadap penggunaan karya, sehingga siapapun yang menggunakan karya tersebut tanpa izin dapat dikenakan sanksi.

Baca juga : 5 Platform Nobar Online, Penghilang Penat Saat Social Distancing

Disisi lain, untuk mendapatkan musik dan backsound yang orisinil kita membutuhkan effort lebih, baik dari segi waktu dan alat yang cukup menguras isi dompet.

Nah untuk menghindari dua hal diatas, solusinya, pilihlah musik atau backsound yang berlabel Non Copyright. Lalu bagaimana mendapatkan musik dan backsound berlabel non Copyright? Simak yuk 7 Situs Web Penyedia Musik Bebas Copyright.

1. Audio Library

Pertama ada, Audio Library. Melalui situs ini kamu dapat memilih musik latar yang tepat untuk videomu sesuai dengan genre ataupun kebutuhan videomu. Audio Library bukan situs baru bagi kreator yang sering membuat video berlatar belakang musik. Sebagian besar kreator dan youtuber menggunakan musik latar dari Audio Library untuk video-videonya. Kamu bisa mengakses situs ini melalui, www.audiolibrary.com.co . Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu men-download dan mencantumkan nama dari pemilik musik sebagai kredit.

 

2. Youtube Audio Library

Bagi kreator Youtube, Youtube Audio Library juga bukan situs yang asing untuk mendownload backsound anti Copyright. Youtube Audio Library menyediakan berbagai genre musik dan backsound yang dapat kamu sesuaikan dengan video kamu yang diberikan secara gratis oleh para kreator musik.

Cara menggunakan musik dari YouTube ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka laman YouTube Studio pada akunmu. Lalu, buka laman Audio Library pada menu untuk memilih musik yang kamu ingin gunakan.

 

3. Freesound

Sesuai namanya, freesound adalah situs web penyedia musik gratis dan bebas Copyright untuk video. Situs web ini menyediakan mulai dari music disintesis hingga musik instrumental. Di sana, ada efek suara alam seperti hujan, petir, dan angin. Selain itu, ada pula suara-suara unik seperti suara tepuk tangan, suara denting bel, dan semacamnya. Cara mendapatkan sound effect dari situs ini sangat gampang. Kamu hanya perlu men-download sound effect yang diperlukan melalui situs www.freesound.com.

 

4. Jamendo

Jamendo merupakan situs web penyedia musik dan backsound yang terdiri dari artis dan pecinta musik independen. Jadi, selain menyediakan musik dan backsound bebas Copyright, Jamendo juga merupakan platform bagi para kreator musik untuk membagikan karya musiknya. Disini kamu dapat menemukan musik gratis di berbagai genre dan bahasa karena para kreator musik di seluruh dunia dapat membagikan karya musiknya di dalam situs ini. Kamu dapat mengakses situs ini di www.jamendo.com tapi ingat ya, walau gratis jangan lupa cantumkan credit title pemilik backsound pada karya mu.

 

5. Bensound

Selain empat situs di atas, kamu juga dapat menggunakan Bensound. Bensound merupakan situs web yang menyediakan berbagai backsound bebas royalti dan Copyright. Uniknya, kamu tidak perlu mendaftarkan akun sama sekali. Kamu cukup men-download untuk mendapatkan genre unik yang jarang ditemui di situs web penyedia musik lainnya, seperti Jazz, Rock, Akustik, dan lain sebagainya. Bensound dapat kamu akses di www.bensound.com

Baca juga : Bagaimana Membuat Konten Menjadi Viral?

 

6. Kompoz

Kompoz juga menyediakan berbagai jenis musik dan backsound bebas Copyright. Selain itu, kamu juga dapat mengkreasikan audio yang disediakan di Kompoz sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kamu bisa menggunakan berbagai musik latar yang ada dalam situs ini hanya dengan mendaftarkan akunmu di www.kompoz.com . Selain mendapatkan layanan audio gratis, Kompoz juga menyediakan layanan berbayar. Melalui layanan berbayar ini kamu dapat mendapatkan fasilitas eksklusif yang disediakan akun berbayar. Kamu dapat mengakses situs ini di

 

7. NCS (NoCopyrightSound)

NCS merupakan situs penyedia musik dan backsound selanjutnya. Dengan login di  www.ncs.io  kamu dapat memilih berbagai backsound karya NCS, sekaligus berbincang dengan pengguna NCS lainnya. Situs ini merupakan situs website dari channel No Copyright Sounds yang ada di Youtube. Karena berbentuk website, maka interaksi antar pengguna pun lebih bebas. Namun walaupun lebih bebas jangan tinggalkan menulis title kreator di setiap karyamu ya.

Itu dia situs web penyedia musik atau backsound bebas Copyright. Udah siap buat konten anti Copyright? Share karyamu di komen ya.

 

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB