LogoDIGINATION LOGO

5 Alasan Kenapa SEO Begitu Valuable dan Bisa Meningkatkan Penjualan Online.

author Oleh DQLab Rabu, 26 Juli 2023 | 17:05 WIB
Share
Share

Search Engine Optimization atau singkatnya SEO, salah satu tools digital marketing yang sangat penting namun banyak dari kita yang perlu memahami lebih dalam kegunaan dari SEO pada kegiatan digital marketing. Cara paling optimal untuk meningkatkan visibilitas produk/merek dan juga mendorong prospek pelanggan menjadi loyal, SEO menjadi kuncinya lho. 

Singkatnya, SEO adalah praktik pemasaran digital yang membantu membuat situs web bisnis kamu terlihat di halaman hasil pencarian. Hal ini terdiri dari komponen teknik, on-page, dan off-page. SEO akan melibatkan pengoptimalan, fungsionalitas konten, dan promosi pada situs web untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian. Era digital ini, SEO semakin meningkat penggunaannya karena tidak hanya bisa menekan biaya promosi/campaign melalui situs web selain itu juga menjadi properti digital jangka panjang untuk bisnis.

Jadi, mengapa sebenarnya SEO penting untuk bisnis? Melansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum 5 alasan mengapa SEO begitu valuable dan tools digital marketing bisa membawa visibilitas serta peningkatan penjualan online. Yuk, simak penjelasannya berikut sampai habis!

  1. Kredibilitas pada Bisnis

Kredibilitas menjadi alasan pelanggan akan membeli produk atau memilih merek bisnis kamu. Tanpa adanya kredibilitas, kemungkinan pelanggan tidak tertarik mencari informasi lebih lanjut seputar produk atau layanan bisnis kamu dan bahkan gagal sebagai calon pelanggan. SEO memiliki fungsi yang bisa membantu meningkatkan kredibilitas bisnis melalui situs web dengan tujuan sebagai fondasi kuat untuk pelanggan menelusuri produk atau layanan bisnis yang lebih berkualitas dan terpercaya.

Membuat kredibilitas bisnis tentu tidak hanya dilakukan semalaman, membutuhkan waktu yang cukup lama, kesabaran serta komitmen yang tinggi untuk bisa membangun serta meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap merek bisnis kamu.

Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

  1. Membantu Content Marketing

Konten dan SEO bekerja secara bergandengan dan dengan adanya konten SEO dapat mendukung upaya digital marketing yang lebih berkualitas. Hal ini karena, pada konten SEO dapat dibuat melalui teks kemudian dapat menyisipkan gambar, video, atau audio sekalipun sebagai bentuk pendukung yang lebih baik dalam hasil pencarian. Pastikan konten SEO diproduksi dan telah dioptimalkan berdasarkan keyword yang ingin diperingkatkan di mesin. Karena mesin pencarian setiap harinya membutuhkan konten-konten yang ‘fresh’, maka perbaharuilah konten secara teratur untuk konten berkualitas dan optimal di mesin pencarian.

  1. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Alasan lainnya mengapa SEO menjadi tools yang cocok untuk digital marketing karena SEO mampu menarik siapapun calon pelanggan tanpa melihat funnel pembelian mereka. Dengan menggunakan kata kunci (keyword) ini menjadi ketertarikan marketer untuk menggunakan teknik SEO terutama bisnis yang tidak menargetkan target pelanggan berdasarkan demografi. 

Pernahkah kamu ingin mencari tahu informasi suatu produk/layanan tetapi tidak tahu merek tersebut? Ya, biasanya pelanggan akan menulis apapun yang terlintas dipikiran mereka di mesin pencarian. Sehingga, kata kunci (keyword) menjadi jawaban atas permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan. Buatlah daftar kata kunci yang ingin diperingkatkan kemudian gunakan tools analitik untuk mengembangkannya, kemudian identifikasi kompetitor/pesaing bisnis kamu, kata kunci apa yang mereka peringkatkan di mesin pencarian.

Baca juga: Implementasi Algoritma Data Science untuk SEO Specialist

  1. SEO adalah Strategi Jangka Panjang

SEO memiliki dampak nyata hingga memiliki efek yang bertahan lama dan baik untuk jangka panjang. Meskipun membangun SEO membutuhkan komitmen serta waktu yang tidak hanya semalam, tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai aplikasikan teknik SEO. Pada praktiknya, SEO bekerja dengan algoritma Data Science, yang dimana Algoritma ini sangat bermanfaat bagi bisnis terutama untuk pengoptimalan strategi SEO itu sendiri. 

Ingin belajar lebih dan memahami tentang algoritma Data Science untuk menunjang strategi digital marketing bisnis? DQLab sebagai kursus Data Science online yang memiliki program kelas intensif Bootcamp bersama mentor praktisi data profesional di industri dan materi yang dipelajari sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri serta membantu kamu menguji kemampuan Data Science-mu. Informasi lebih lanjut seputar Bootcamp dapat kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner.  

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB