LogoDIGINATION LOGO

4 Cara Menampilkan Brand Bisnis Teratas di Google Maps

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 22 September 2020 | 20:05 WIB
Share
Share

Sebagian dari kamu mungkin sudah mencoba menampilkan alamat bisnis di Google Maps, tapi kok kalau di-search tetap nggak muncul ya?

Saat seseorang melakukan searching Google untuk suatu produk atau layanan, mereka menunjukkan keingintahuan mereka, termasuk keberadaan suatu brand.

Hal ini baik untuk meningkatkan eksistensi serta kredibilitas produk kamu, jadi penting untuk kamu memperhatikan akun bisnismu.

Google masih menjadi pemimpin pencarian online yang mendominasi di antara aplikasi pencarian seperti Facebook dan Amazon. Dengan meraih lebih dari 90% dari semua permintaan pencarian pada 2019, Google menjadi pemasaran yang tepat untuk suatu brand dengan minim budget.

Setelah kamu mengikuti step by step cara menampilkan brand-mu di Google Maps pasti kamu bingung kan, kok masih belum muncul sih ? Ya, brand yang terpajang rapi melakukan empat hal ini untuk profil bisnis mereka menjadi lebih baik.

Tapi sebelum kita bahas empat hal tersebut, penting untuk diketahui kalau bisnis tidak akan muncul di Google Maps kecuali kamu membuat profil Google My Business (GMB). Tenang penggunaan GMB ini gratis kok, tinggal kamu setting aja di akun Gmail-mu.

Nah apa sih 4 hal yang dari tadi di mention untuk menambah eksis bisnis di Google Maps? Yuk simak:

Foto, foto, dan foto
Ambil foto tempat kamu bekerja sebanyak mungkin. Pastikan untuk mengganti nama setiap foto untuk menyertakan nama bisnis dan apa yang ada di foto.

Nggak perlu sewa fotografer mahal, kamu bisa menggunakan smartphone kamu dan unggah foto yang relevan. Jangan lupa nama ubah nama file foto mu ya, misalnya yang awalnya dari ‘1074738img.jpg.’ ubah menjadi ‘Toko-bunga-flamboyan-di-Tangerang.jpg’.

Dengan melakukan hal ini, kamu memberi label yang benar pada foto sesuai dengan pedoman American with Disabilities Act (ADA), yang akan membantu Google dengan mudah memahami tentang apa foto itu sehingga memudahkan algoritma untuk menyampaikan lebih banyak hasil yang akurat.

Sematkan Google Maps di akunmu
Salah satu cara tercepat dan mudah untuk mengirimkan sinyal ke Google dengan menaruh link Google Maps kamu di situs kamu. Setiap kali seseorang mengunjungi situs kamu, mereka secara tidak sengaja melihat properti Google yang tersemat.

Klik opsi "bagikan" dan pilih "sematkan peta". Salin kode itu dan letakkan di situs Kamu dengan cara yang sama seperti Kamu menyematkan video YouTube . Google senang jika seseorang menggunakan tools mereka, maka dengan cara ini lah memudahkan google membaca lokasi yang kamu sematkan.

Buat ulasan
Semakin banyak klik yang didapat di Google Maps yang kamu sematkan akan semakin tinggi dan lebih sering Google menampilkannya sebagai hasil mesin pencari di Google Maps. Termasuk semakin banyak ulasan yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan orang akan mengklik profil kamu.

Kamu harus meminta ulasan dari pelanggan, klien, pelanggan, teman, dan keluarga kamu. Semakin banyak kamu melakukannya, akan semakin banyak data yang masuk mengenai lokasi kamu.

Informasi yang akurat
Pastikan nomor telepon bisnis, situs web, dan jam kerja kamu benar dan paling terbaru. Google ingin memberikan hasil pencarian terbaik dan paling relevan kepada konsumen. Mereka memiliki berbagai alat dan sinyal online yang membantu mereka menentukan hasil mesin pencari mana yang akan disediakan.

Semakin kompetitif ruang bisnis kamu, semakin lengkap dan profesional profil GMB Kamu. Jika profil bisnis Kamu tidak lengkap, memiliki informasi yang tidak akurat dan tidak memiliki foto bisnis atau foto Kamu di tempat kerja, Kamu mungkin tidak akan muncul.

Nah itu dia 4 cara menampilkan bisnis kamu di Google maps. Selain kamu mengikuti step by step membuat akun google maps, kamu juga perlu merefresh profil Google My Business mu untuk mendapatkan lebih banyak audience. Coba yuk, seberapa akurat tips ini membantu kamu, share ceritamu dicomment ya!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE