LogoDIGINATION LOGO

Ini Tren Media Sosial 2019 yang Mesti Kamu Pantengi!

Oleh Alfhatin Pratama Jumat, 4 Januari 2019 | 16:15 WIB
Share
Ilustrasi pengguna sosial media (shutterstock)
Share

Sejak tahun 2000-an, media sosial terus meroket seiring berkembangnya internet. Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi satu sama lainnya, platform tersebut juga digunakan untuk bisnis.

Platform yang dapat digunakan siapa saja dari berbagai kalangan ini membantu para pebisnis menjangkau klien dalam pengembangan bisnis maupun pelanggan dalam pengembangan pasar.

Dalam The Ladders, Robert Stubos, Founder dan CEO Odyssey New Media, menjelaskan bahwa sebagian besar perhatian orang setiap hari dan minggu dihabiskan untuk mengkonsumsi informasi, terlibat dengan sahabat, influencer, dan merek. Menurutnya, "Facebook, Instagram, dan media sosial semacamnya bisa dikatakan lebih menarik dibandingkan Televisi."

Robert juga memperkirakan bahwa 70% bisnis yang ada pasti menggunakan setidaknya satu platform media sosial untuk mendorong pemasaran produknya.

Untuk itu Digination.id rangkum 5 tren media sosial yang bisa kamu jadikan referensi.

Baca juga: Seperti Apa Facebook Messenger untuk Bisnis?

Sekelompok orang menggunakan media sosial (shutterstock)
Tidak hanya konten yang informatif tapi juga menarik

Setiap orang pasti menginginkan konten yang informatif. Tetapi, konten yang informatif saja tak cukup. Harus "dibungkus" dengan hal yang menarik agar tidak monoton.

Seperti yang dikutip dari The Ladders, Samya A. France, Direktur Public Relation dan Media di Ignite Visibility mengatakan jika ingin memanfaatkan media sosial untuk pemasaran, pilih influencer yang cocok dengan pasar dan pelanggan. Bukan hanya sekedar influencer yang memiliki banyak follower atau subscriber di media sosialnya.

Facebook tidak selalu jadi raja media sosial

Manajer Pemasaran di Spectrum Brands, Jordan Rosenbaum, memprediksi bahwa Facebook tidak akan menjadi raja media sosial di 2019. Mengapa? Karena banyaknya skandal yang terjadi dari raksasa media sosial ini. "Media sosial baru yang menjaga privasi penggunanya akan menyaingi Facebook," katanya.

Baca juga: Sst, Ada Updates Facebook Untuk 2019

Menggunakan media sosial (shutterstock)
Halaman Linkedin Business menjadi pilihan

Seiring 2019 berjalan, halaman Linkedin Business akan menjadi lebih penting dalam berbagai sektor. Terlebih lagi bagi para pebisnis. Dengan beberapa keunggulan yang dimilikinya, para pebisnis bisa memperluas jaringan untuk kolaborasi dan memasarkan produknya.

Tidak hanya pebisnis, setiap orang dapat terkoneksi dengan orang lain secara profesional. Tidak seperti Facebook yang terlihat lebih sekadar menjalin pertemanan.

Jual beli apa saja melalui media sosial

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, jual beli online di media sosial akan menjadi pilihan banyak orang. Beberapa platform-nya antara lain Instagram, Facebook, dan Whatsapp Business. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga akan semakin merambah media sosial untuk meningkatkan pemasarannya.

Video akan semakin penting

Mengapa konten video di media sosial semakin penting? Karena meningkatknya pengguna smartphone dari tahun ke tahun. Konten video akan semakin dikonsumsi dengan mudah oleh masyarakat luas. Facebook pun diprediksi memiliki algoritma yang lebih meprioritaskan konten video.

Jangan sampai ketinggalan, ya...

Baca juga: 5 Tren Video Marketing Di Tahun 2019

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Statista, The Ladders
TAGS
RECOMMENDATION

Yap! Ini Dia Tren Bisnis 2019

Untuk menyambut tahu baru 2019, Digination.ID telah menyusun tren dan prediksi dalam dunia bisnis untuk membantu memulai tahun baru dengan cermat.

Rabu, 19 Desember 2018 | 16:15 WIB
LATEST ARTICLE

Fajar Merekah Bagi eSport di tahun 2019!

Akhir-akhir ini eSport selalu menjadi perbincangan. Kira-kira bagaimana, ya di 2019? Apa kah eSport semakin populer? Yuk, simak prediksinya.

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:15 WIB

Belum Tahu eSport? Yuk, Kenali!

Dunia eSport di 2019 terus berkembang tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Yuk, simak pengenalan dunia eSport berikut ini!

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:15 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB