LogoDIGINATION LOGO

Yap! Ini Dia Tren Bisnis 2019

Oleh Ana Fauziyah Rabu, 19 Desember 2018 | 16:15 WIB
Share
Ilustrasi perencanaan bisnis. (Foto:Pexels)
Share

Tahun 2019 semakin dekat. Biasanya tahun baru selalu diawali dengan berbagai macam rencana dan resolusi, tak terkecuali rencana bisnis. Tren dalam bisnis selalu berkembang dengan semua dinamikanya, antara lain dalam teknologi, pemasaran, keuangan atau kebijakan publik. Pengusaha pun dituntut mampu mengimbangi setiap perubahan yang terjadi agar bisnisnya berkelanjutan.

Menyambut tahun baru 2019, Digination.id menyusun tren dan prediksi bisnis untuk membantu memulai tahun baru dengan cermat. Disarikan dari beberapa sumber, inilah tren dan prediksi bisnis yang akan terjadi tahun 2019 mendatang.

Baca juga: Ini Lho, Tren Ekonomi Digital 2019

Kondisi politik

Tahun 2019 merupakan tahun politik bagi Indonesia karena akan berlangsung pemilihan presiden. Meskipun banyak orang merasa pesimis akan dampaknya pada industri dan bisnis, namun pada umumnya pemilihan umum justru akan menguntungkan pengusaha. Banyak permintaan barang dan layanan untuk memenuhi kebutuhan kampanye sehingga akan mendongkrak penjualan dan pendapatan.

Penjualan dan layanan pelanggan

Bisnis harus beradaptasi dengan pelanggan yang semakin modern dan tech-savvy. Pelanggan saat ini memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya. Konsumen akan memilih produk yang memberikan layanan pesan-antar. Ini akan terjadi di semua jenis layanan, baik dalam industri jasa keuangan, makanan, fashion dan lain sebagainya.

Tempat kerja modern

Di tahun mendatang bekerja remote akan menjadi tren. Dengan akses internet yang semakin mudah dan cepat, pekerja akan lebih memilih bekerja jarah jauh tanpa harus ke kantor, bahkan tanpa kantor. Ini berarti para pemimpin bisnis harus memikirkan kembali bagaimana mendorong kerja sama dan kolaborasi ketika semua orang berada di tempat yang berbeda.

Baca juga: Ini Lho, Tren Content Marketing 2019

Ilustrasi kolaborasi. (Foto: Pexels)
Teknologi

Tahun 2019, inovasi dalam bisnis yang akan semakin berkembang adalah teknologi blockchain. Teknologi ini makin banyak digunakan oleh berbagai perusahaan dan penggunaannya akan meluas ke berbagai bidang. Hal ini karena blockchain dianggap mampu memberikan keamanan dan efisiensi bisnis sehari-hari.

Pemasaran dan periklanan

Pemasaran akan terus berkembang lebih personal mengikuti keinginan dan selera pelanggan. Dalam promosi dan iklan, perusahaan lebih memilih promosi dengan menyediakan konten-konten yang dekat dengan konsumen daripada terlihat seperti jualan terang-terangan atau kampanye untuk meyakinkan konsumen.

Perbankan

Pergeseran besar diprediksi terjadi pada perbankan. Industri ini sudah mengalami perubahan signifikan, namun di tahun depan sistem pembayaran akan mengalami perubahan besar. Diperkirakan bahwa perbankan digital akan tumbuh menjadi lebih dari 2 miliar pengguna tahun 2020. Generasi milenial menginginkan bank di mana pun mereka berada dan kapan pun mereka inginkan sehingga ponsel akan menjadi seperti dompet.

Ulasan

Ulasan pengguna akan menjadi raja. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa review dari pelanggan sangat mempengaruhi opini calon konsumen. Lebih dari 95% pelanggan online membaca ulasan sebelum mereka memutuskan untuk membeli. Selain itu, lebih dari 90% orang batal membeli jika membaca ulasan negatif sebuah produk. Di tahun-tahun mendatang, ulasan pelanggan ini akan menjadi pengaruh terbesar dalam bisnis apapun.

Menurutmu?

Baca juga: 2019 Ganti Kantor Biar Makin Produktif

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: msn.com, Business News Daily, Starhub
TAGS
RECOMMENDATION

10 Teknologi Kesehatan Masa Depan

Kemajuan dunia media tidak bisa lepas dari peran teknologi di dalamnya. Teknologi canggih ini membantu meningkatkan mutu perawatan kesehatan untuk lebih baik lagi. Lalu apa saja teknologi yang dimanfaatkan dalam dunia kesehatan? Berikut 10 daftarnya.

Sabtu, 3 November 2018 | 16:00 WIB
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB