LogoDIGINATION LOGO

Tips Hemat Naik Pesawat

author Oleh Bianca Swasono Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB
Share
Share

Naik pesawat domestik di Indonesia cenderung mahal bila dibandingkan dengan tujuan luar negeri ke negara ASEAN lainnya. Untuk itu, sebenarnya ada tips berhemat lho, bagi kamu yang perlu berpergian dengan transportasi pesawat. Yuk, lihat beberapa tips berikut agar bisa lebih hemat dalam naik pesawat domestik di Indonesia! 

 

  • Cek Harga Tiket dan Beli dari Jauh-jauh Hari

 

Usahakan untuk memantau harga tiket sejak jauh-jauh hari, kalau perlu, pasang alarm juga untuk menjadi pengingat agar memeriksa harganya secara berkala. Kamu juga bisa memanfaatkan e-mail atau newsletter dari media tertentu yang menyediakan informasi tentang harga pesawat terendah atau bila ada promo dan diskon. 

Menurut Scott Keyes, ahli penerbangan Going, tarif terbaik juga tersedia pada 21 hari sebelum keberangkatan. Dengan membeli tiket sejak jauh-jauh hari, bahkan kalau bisa beberapa bulan sebelumnya, kamu berpeluang mendapatkan harga pesawat yang jauh lebih murah karena memesannya di saat orang-orang belum terpikir untuk memesan tiket pesawat. 

 

  • Membandingkan Harga antar Maskapai dan Aplikasi Penyedia

 

Kamu tetap perlu membandingkan harga antara maskapai yang lain dengan yang lainnya. Bisa saja di maskapai tertentu memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan maskapai yang lain. Bandingkan dari berbagai aplikasi juga, seperti misalnya Tiket.com, Traveloka, Agoda, Booking.com, Google Flight,  Pegipegi, Indonesia Flight Cheap Hotel, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Menunjang Mudik Lebaran

 

  • Jangan Lupa Cari dan Gunakan Promo dan Diskon Tiket

 

Carilah promo dan diskon harga tiket pesawat dari berbagai sumber. Biasanya, ada banyak laman yang menyediakan informasi terkait dengan diskon harga tiket pesawat. Kamu bisa mengecek laman-laman tersebut dan memastikan apakah kamu bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan promo dan diskonnya. 

 

  • Tidak Perlu Menambah Bagasi

 

Optimalkan bagasi gratis! Perhatikan berat koper yang akan ditaruh di bagasi. Sebisa mungkin, jangan melewati batas maksimumnya. Cobalah untuk menimbangnya sebelum pergi dan mengurangi barang yang kurang diperlukan. Bila kamu membawa koper yang melebihi batas maksimum berat, kamu bisa dikenakan biaya tambahan dan tentunya ini dapat merugikan kamu bila kamu berniat untuk hemat. 

Bila memang tidak bisa menguranginya, kamu bisa membeli bagasi prabayar (pre-paid baggage) dibandingkan tiba-tiba ada biaya kelebihan bagasi yang tentunya lebih mahal. 

Baca juga: Siap Mudik Lebaran, Manfaatkan Promo Transportasi Ini

 

  • Terbang saat Minggu atau Weekdays, kecuali Hari Jumat

 

Berbagai sumber memiliki informasi yang berbeda-beda untuk ini. Ada yang mengatakan Selasa, Rabu, dan Sabtu adalah yang kumpulan hari terbaik untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Namun, ada pula sumber yang mengatakan hari Minggu menjadi hari paling optimal untuk membeli tiket pesawat. Tidak hanya itu, terdapat pula sumber yang menyertakan informasi bahwa Jumat merupakan hari yang paling tidak direkomendasikan untuk membeli tiket pesawat. 

Dengan begitu, cobalah untuk mengecek secara berkala di hari Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan harga yang paling menguntungkan untukmu! 

Setelah melihat tips-tips di atas, semoga kamu tidak bingung lagi ya, bagaimana caranya agar bisa berhemat naik pesawat terutama saat high season seperti libur lebaran tahun ini!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB