LogoDIGINATION LOGO

4 Cara Jitu Belajar Excel Buat Bisnis

author Oleh DQLab Rabu, 17 April 2024 | 16:29 WIB
Share
Share

 

Microsoft Excel atau dikenal lebih dekatnya Excel adalah aplikasi pengolah angka yang termasuk ke dalam paket Microsoft Office. Pada dasarnya, Excel digunakan oleh orang-orang yang bekerja dengan data karena fungsinya sangat mempermudah pekerjaan mereka dalam mengolah data. Jika mengolah data menggunakan Excel, maka pengerjaannya akan menjadi rapi dan tersusun serta data dapat terlihat dengan baik dan jelas.

Di industri bisnis sendiri, pemakaian Excel begitu penting hal ini karena penggunaannya dapat membantu melakukan manajemen data hingga analisis keuangan bisnis sehingga tools ini menjadi kunci sukses bagi para pebisnis dalam menggerakan operasional bisnis secara efektif dan efisien. Pada artikel kali ini, akan membahas empat cara jitu untuk kamu belajar Excel dalam konteks bisnis. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Memanfaatkan Sumber Daya Online

Banyak platform pembelajaran secara daring yang memberikan workbook ataupun silabus belajar Excel yang dirancang khusus pemula hingga advanced sekalipun. Mulai dari introduction penggunaan rumus dasar di Excel sampai materi yang sesuai dengan tingkat pemahaman kita. 

Baca juga: Pelatihan Excel untuk Pemula Hingga Professional Bersama DQLab

Pembelajaran ini, seringkali juga didukung dengan berbagai studi kasus nyata dalam konteks bisnis, sehingga memungkinkan kamu memahami Excel dalam situasi bisnis sehari-hari. Memanfaatkan berbagai sumber edukasi belajar online seperti melalui artikel blog khusus, video Youtube, atau pilihan baik dengan ikut kursus secara intensif dengan materi yang mendalam.

Praktek secara Teratur

Seperti halnya keterampilan lainnya, kunci untuk menguasai Excel adalah berlatih secara teratur. Setelah memahami dan mempelajari konsep-konsep dasar, penting untuk terus mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari. Tidak harus langsung terjun pada project data yang besar, kamu cukup memulainya dari dasar/project kecil-kecilan seperti membuat daftar pengeluaran, melakukan data cleansing atau analisis data sederhana, dan nantinya secara bertahap tingkatkan kompleksitasnya seiring dengan meningkatnya keterampilan dalam penggunaan Excel.

Berpartisipasi dalam Project Bisnis

Salah satu cara terbaik memperdalam pemahaman Excel selain melakukan praktek dan terjun pada mini project yaitu dengan terlibat langsung dalam project bisnis. Mintalah tanggung jawab yang melibatkan analisis data atau membuat laporan keuangan menggunakan excel sebagai tools utama dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Pengalaman praktis ini akan memberikan banyak peluang bagi kamu trial-error serta menemukan pembelajaran yang sebelumnya berbeda dengan teori atau konsep dari penggunaan Excel. Pada project bisnis juga memberikan kamu ruang untuk eksplorasi dalam analisis data lebih baik dan dapat digunakan dalam konteks nyata bisnis.

Ikut Pelatihan Kursus Analisis Data dengan Excel

Adapun solusi tepat agar kamu bisa memperdalam pembelajaran Excel dalam konteks bisnis, salah satunya dengan mengikuti kursus Excel. Melalui kursus ini, akan mendapatkan pembelajaran analisis data menggunakan tools Excel secara end-to-end dan pengalaman belajar secara mendalam bersama mentor praktisi data profesional yang ahli di industri. Dengan memberikan waktu dan dedikasi penuh secara intensif melalui pelatihan kursus untuk menguasai pemahaman & penggunaan Excel dalam bisnis, akan memberikan keberhasilan bisnis di era kompetitif!

Baca juga: Kenali Ragam Project Data Analyst, Pemula Bisa Coba!

DQLab merupakan kursus online Data Science yang memberikan sejumlah program belajar melalui LiveClass untuk pemula sekalipun dan berkesempatan berkarir sebagai praktisi data di industri. Informasi lebih lanjut seputar belajar Analisis Data dan program LiveClass di laman https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-excel

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB