LogoDIGINATION LOGO

Visualisasi Data yang Menarik & Efektif untuk Bisnis 

author Oleh DQLab Sabtu, 16 Maret 2024 | 11:38 WIB
Share
Share

Setelah melakukan analisis data tentunya kita perlu menyampaikan temuan dan mempresentasikan hasil analisis yang ada, dimana salah satu caranya yaitu visualisasi data. Visualisasi data adalah kunci untuk mengubah kumpulan data dan fakta menjadi cerita yang dapat dipahami dengan mudah oleh para pemangku kepentingan bisnis atau C-Level. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas dan menjelajahi pentingnya melakukan visualisasi data yang menarik serta efektif guna mensukseskan bisnis secara keseluruhan dan maksimal. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!

Apakah Visualisasi Data Penting?

Seperti yang kita ketahui, memberikan insight data melalui visualisasi data sangat membantu para stakeholders dalam menentukan langkah selanjutnya untuk bisnis atau organisasi mereka. Mulai dari grafik, bagan hingga diagram, visualisasi data memberikan sajian kedalam berbagai bentuk dengan tujuan yang sama yaitu mampu mengubah data menjadi sebuah kesimpulan yang efektif untuk dipahami oleh seluruh tim bisnis melalui visual grafis. 

Baca juga: Rekomendasi Modul Data Science Roadmap untuk Pemula

Sebagai contoh penerapan visualisasi data di industri kesehatan, menggunakan visualisasi data sebagai bentuk pertimbangan layanan kesehatan yang menganalisis hasil tingkat kepuasan pasien. Agar informasi yang didapatkan oleh tim bisnis komprehensif, maka tim data analytics akan membuat dashboard interaktif menarik secara visual yang menyoroti matrik kepuasan utama yang dimana hasil matrik tersebut bisa digunakan sebagai bahan evaluasi ataupun membentuk strategi operasional organisasi yang lebih maksimal.

Tanpa harus menunggu waktu yang lebih lama untuk mendapatkan insight yang menarik, visualisasi data juga memberikan kemudahan dalam komunikasi antar tim bisnis ataupun departemen bisnis/organisasi lainnya. Adapun banyak tools visualisasi data yang bisa digunakan oleh pemula dan NON-IT sekalipun, diantaranya yaitu Looker Studio (Google Studio), Tableau, Power BI, Plotly, dan juga Microsoft Excel.

Tips Membuat Visualisasi Data
Masih bingung dalam menyajikan tampilan informasi kompleks dari data secara visual? berikut beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan visualisasi data yang menarik dan efektif:

  • Memilih Visualisasi yang Tepat, mengingat jenis visualisasi data cukup banyak pilihannya–seperti grafik batang, grafik garis, heatmap, chart pie, pilih dan tentukan jenis visualisasi sesuai dengan topik hasil analisis data guna memperjelas tujuan informasi yang ingin disampaikan. Sebagai contoh yaitu jika kamu ingin mempresentasikan perbandingan atau menunjukkan sebuah tren, maka pilihkan visualisasi data menggunakan diagram batang atau diagram garis.
  • Sederhanakan Informasi, hindari informasi berlebihan yang bisa membuat pembaca bingung. Fokuslah pada poin-poin kunci yang ingin disampaikan dan sederhanakan visualisasi agar pesan yang disampaikan lebih jelas.
  • Menggunakan warna yang bijak, warna bisa meningkatkan daya tarik visualisasi data. Pastikan kontras yang cukup antara warna teks, latar belakang dengan visual grafiknya, serta hindari warna-warna yang terlalu mencolok atau mengganggu penglihatan dan pemahaman.

Baca juga: Belajar Excel & Hasilkan Visualisasi Data Simpel

Visualisasi data yang menarik dan efektif ini, merupakan tools yang sangat penting bagi bisnis modern. Dengan menggunakan visualisasi data secara bijak, bisnis bisa mengubah angka dan fakta menjadi sebuah cerita yang kuat serta mudah dipahami oleh seluruh tim bisnis. Ini bisa membantu mengembangkan skill dan strategi data-driven guna menunjang tujuan serta kebutuhan bisnis. 

Ingin belajar analisis data dari dasar hingga visualisasi data? Ikuti program belajar DQLab melalui Bootcamp Data Analyst with Excel, dimana belajar bersama mentor langsung expert di bidang data! Informasi lebih lanjut kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-excel 

 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB