LogoDIGINATION LOGO

Ragam Portfolio Data untuk Karir jadi Data Analyst

author Oleh DQLab Selasa, 23 April 2024 | 15:55 WIB
Share
Share

 

Seiring dengan berkembangnya era Digital, peran Data Analyst kian semakin penting dalam berbagai Industri hal ini agar membantu bisnis tetap relevan di industri dan mengikuti perkembangan trend market yang dinamis. Secara umum, seorang Data Analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan, membersihkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data. 

Namun, untuk menjadi seorang Data Analyst yang sukses dibutuhkannya keterampilan dan pengalaman yang solid dalam mengelola beragam jenis data. Adapun cara terbaik ketika mendalami keterampilan dan pengalaman analisis data yang kuat yaitu melalui portofolio data. Portofolio data mengacu pada kumpulan contoh atau projects yang menunjukkan kemampuan seseorang dalam analisis data. 

Ingin mulai bangun portofolio data? Berikut adalah ragam ide jenis portofolio data (all level)  yang bisa kamu coba dan persiapkan dalam perjalanan karir sebagai Data Analyst di industri. Yuk, simak selengkapnya berikut!

  1. Web Scraping Project

Web Scraping adalah metode mengekstraksi data dari situs web secara otomatis, ini sudah menjadi project/tool yang populer untuk mengetahui dan membantu meningkatkan pertumbuhan pada bisnis. Terdapat beberapa project populer pada Web Scraping sebagai pemula sekalipun, seperti melakukan ekstraksi data dari Job Portal. Sudah banyak kursus online bidang data memberikan pelatihan Web Scraping serta penjelasan lebih dalam dan tutorialnya. 

Baca juga: Serba-Serbi Portofolio Data Analyst, Cek Disini!

  1. Data Cleansing & Importing Project

Apakah kamu pemula dan baru saja ingin memulai project data? Data Cleansing dan Importing data merupakan portofolio data project yang bisa kalian mulai lho! Pada project ini, kamu akan berfokus pada beberapa tugas seperti melakukan identifikasi, diagnosa dan membersihkan berbagai jenis/varian data atau problem yang ada pada data. Pada project ini kamu bisa menggunakan tools seperti Python, hal ini sudah banyak kursus yang menyediakan modul bersifat open-source yang bisa kamu gunakan sebagai project pertama kamu dalam bidang data.

Dengan mengerjakan project ini, diharapkan kamu telah percaya diri dalam melakukan data cleansing dan importing data (multiple data) pada berbagai project yang akan kamu lakukan. Selain itu juga, melalui project ini bisa menjadi batu loncatan kamu dalam menapaki karir sebagai Data Analyst.

  1. Sentiment Analysis Project

Sentiment Analysis atau Analisis sentimen biasanya akan dilakukan pada data tekstual, pada teknik ini merupakan pemrosesan Natural Programming Language (NLP) untuk dapat menentukan apakah data yang didapatkan netral, positif, atau negatif. Pada project ini juga melibatkan kamu untuk mendeteksi emosi tertentu berdasarkan daftar kata dan emosi terkait, biasanya digunakan guna mengetahui ulasan publik pada situs web/social media.

Kamu bisa mulai menjelajahi ulasan/pendapat orang tentang topik tertentu, adapun beberapa referensi situs yang bisa kamu gunakan diantaranya yaitu; Rotten Tomato (resensi film), X (sebelumnya Twitter), Shopee, dan lainnya.

  1. Data Visualization Project

Project yang tak kalah penting selain melakukan analisis data adalah kamu mampu dan menguasai visualisasi data. Dengan visualisasi data, maka kita akan terbantu untuk melihat trend berdasarkan dari analisis data (berupa numerik) menjadi sebuah visual yang mudah dipahami oleh para pebisnis atau bahkan non teknis sekalipun. 

Baca juga: 3 Bootcamp DQLab, Persiapkan Kamu Jadi Data Analyst

Agar bisa melakukan visualisasi data secara efektif, maka kamu bisa mulai membuat project visualisasi data yang efektif dan menarik secara visual. Terdapat beberapa pilihan tools secara gratis yang bisa kamu gunakan dalam melakukan project ini, termasuk Google Charts, Plotly, Tableau Public, PowerBI, dan lainnya.

Tidak ada salahnya, menonjolkan keterampilan kamu melalui project-project portofolio data yang kamu kerjakan. Ada banyak data diluar sana project open-source yang bisa kamu eksplor sesuai dengan pertimbangan kamu dalam melakukan project analisis data. Tersedia juga cara mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengikuti program Bootcamp Data Analyst DQLab. Program ini kamu akan mendapatkan materi terstruktur, dibimbing oleh mentor professional praktisi data hingga bimbingan portofolio data. Informasi dan pendaftaran dapat kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB