LogoDIGINATION LOGO

Rekomendasi Aplikasi untuk Menunjang Mudik

author Oleh Bianca Swasono Kamis, 4 April 2024 | 16:34 WIB
Share
Share

Sebentar lagi masyarakat muslim di Indonesia akan merayakan Lebaran atau Idul Fitri. Seperti tradisi tahunan sebelumnya, hari raya ini identik dengan mudik ke kampung halaman.

Kamu yang hendak pulang ke kampung halaman sebaiknya mengetahui aplikasi-aplikasi di bawah untuk mempermudah perjalanan dan pengalaman mudik.

Ada aplikasi untuk melihat rest area, SPBU, SPKLU, keadaan di jalan tol, pengingat sholat, digital map yang bisa diakses secara online maupun offline, yuk simak ulasannya!

MitraDarat keluaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat

Aplikasi MitraDarat dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (DitjenHubdat). Aplikasi MitraDarat merupakan aplikasi multi layanan yang menyediakan beragam informasi dalam satu pintu terkait pengawasan, perizinan, dan operasional bidang transportasi darat.

Terdapat fitur Tracking Bus Online untuk melihat lokasi bus dari berbagai layanan moda transportasi publik. Terdapat pula fitur informasi peta mudik, dan mendaftar mudik gratis bersama DitjenHubdat. Selain itu, ada Cek Laik untuk inspeksi kendaraan dengan mudah dan cepat, serta berbagai macam fitur lainnya yang tersedia. 

Baca juga: Cara Hemat Ketika Liburan di High Seasons

MyPertamina PT Pertamina dan Charge.IN PLN

MyPertamina dan Charge.IN merupakan dua contoh aplikasi yang memberikan informasi tentang lokasi stasiun pengisian bahan.

MyPertamina merupakan aplikasi untuk mengetahui stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Sementara, Charge.IN merupakan aplikasi untuk mengetahui stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) terdekat. Kedua aplikasi ini dapat ditemukan dan diunduh di Play Store. 

Selain informasi SPBU, di aplikasi MyPertamina, tersedia berbagai macam voucher, seperti misalnya voucher potongan BBM. Voucher bisa dipakai untuk diri sendiri maupun dibeli untuk teman. Kamu juga bisa mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan hadiah-hadiah yang ada. 

Sedangkan untuk Charge.IN, selain informasi SPKLU, melalui aplikasi Charge.IN, kamu bisa melihat informasi real time saat pengisian daya atau charging. Pembayaran juga dipermudah dengan adanya LinkAja yang memberikan laporan detail setelah transaksi.  

Travoy Jasamarga

Travoy merupakan aplikasi yang dapat melihat update kondisi tol secara langsung (real time). Terdapat fitur yang menyediakan informasi tarif tol sesuai dengan golongan kendaraan pengguna jalan. Selain itu, terdapat juga Travnews. Fitur Travnews berisi berita terkini tentang jalan tol, dan informasi terkait lainnya.

Tidak hanya dua fitur tersebut, masih banyak fitur lainnya seperti Yuk Mampir yang menyediakan informasi jasa kuliner dan destinasi wisata, serta Maps dan CCTV. 

Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menuturkan bahwa, untuk mendukung perjalanan, dalam aplikasi Travoy terdapat menu yang menampilkan lebih dari 2.000 titik CCTV yang ada di seluruh ruas jalan tol Jasa Marga serta informasi kecepatan rata-rata berdasarkan kondisi lalu lintas terkini. 

Baca juga: 5 Museum IPTEK terbaik di indonesia yang patut kamu kunjungi saat libur lebaran

Muslim Pro Bitsmedia

Bagi kamu yang muslim, aplikasi Muslim Pro bisa sangat membantu karena di dalamnya terdapat berbagai fitur seperti penunjuk waktu sholat, Al-Quran, tajwid berwarna, dan tasbih digital. Fitur di aplikasi ini juga dapat menunjukkan tempat makan halal yang berada di sekitar.

Aplikasi Muslim Pro bisa dimanfaatkan untuk menjadi pengingat sholat, dengan Quran digital yang tersedia dalam lebih dari 40 bahasa, di dalamnya sudah termasuk terjemahan Bahasa Indonesia. 

Di Muslim Pro juga terdapat Qalbox yang bisa ditonton bersama-sama dari device yang berbeda-beda. Qalbox adalah layanan streaming hiburan muslim. Qalbox ada untuk merayakan identitas dan budaya Muslim di seluruh dunia dan bertujuan untuk menciptakan platform global bagi kreativitas dan pembuat film Muslim. Bila kamu bosan di perjalanan, mungkin kamu bisa sambil menonton di Qalbox! 

Here WeGo: Maps & Navigation HERE Apps LLC 

Selain yang sudah diketahui banyak orang seperti Google Maps dan Waze, aplikasi Here WeGo juga bisa membantu menavigasi lokasi yang ingin kamu datangi. Here WeGo merupakan aplikasi yang berevolusi sebelum 2016 lalu. Aplikasi ini diluncurkan pertama kali oleh Nokia dan sudah melewati pergantian nama berulang kali.

Pada awalnya, Nokia mengembangkan aplikasi peta yang dinamakan Nokia Maps. Lalu berganti nama menjadi Ovi Maps, berganti nama lagi menjadi Here Maps, dan akhirnya hadir kembali sebagai Here WeGo.

Di Here WeGo, kamu bisa mengakses peta secara offline (tanpa sambungan internet). Salah satu keunggulan dari fitur tersebut adalah tidak ada batasa peta yang di unduh. Beda halnya dengan Google Maps yang secara otomatis menghapus peta yang diunduh setelah jangka waktu tertentu.

Baca juga: Tips Hemat Membeli Oleh-oleh Saat Liburan

HERE WeGo juga menggunakan lebih sedikit ruang penyimpanan di smartphone pengguna dibandingkan Google Maps dan menawarkan penampilan dan fitur aplikasi yang disederhanakan – terutama saat dalam mode mengemudi.

TripAdvisor: Plan & Book Trips

TripAdvisor pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 2000. Aplikasi ini menawarkan reservasi dan pemesanan daring untuk transportasi, penginapan, atraksi wisata, dan restoran. Meski diluncurkan di Amerika Serikat, kamu tetap dapat mengaksesnya dalam bahasa Indonesia dan membaca ulasan dari orang-orang Indonesia. 

Bagi kamu yang suka berpergian dan mencoba mengunjungi tempat-tempat yang direkomendasikan, kamu bisa mengunduh TripAdvisor untuk melihat usulan tempat wisata, restoran, dan hotel selama rute perjalanan. Kamu bisa melihat ulasan yang cenderung lengkap dibagikan oleh orang-orang, dan kamu juga bisa melihat unggahan foto-fotonya. 

Sumber:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/9989/kemhub-dan-kominfo-luncurkan-aplikasi-ayo-mudik/0/sorotan_media

https://www.antaranews.com/berita/4036932/lima-aplikasi-wajib-punya-untuk-perjalanan-mudik-lebaran

https://www.harapanrakyat.com/2020/05/aplikasi-here-wego/

https://local-eyes.nl/why-here-wego-is-the-right-mobile-navigation-tool-for-you/#:~:text=HERE%20WeGo%20versus%20Google%20Maps&text=While%20Google%20Maps%20automatically%20deletes,particularly%20when%20in%20driving%20mode.

https://tekno.tempo.co/read/1852297/mudik-lebaran-ini-10-aplikasi-untuk-pantau-cuaca-macet-hingga-penginapan

https://money.kompas.com/read/2024/03/31/191100126/coba-fitur-travoy-journey-dapatkan-informasi-soal-jalan-tol-terkini

https://teknologi.bisnis.com/read/20201121/84/1320604/apa-itu-aplikasi-muslim-pro-yang-disorot-kemenkominfo

https://www.muslimpro.com/en/qalbox#:~:text=Qalbox%20is%20a%20global%20Muslim,for%20Muslim%20creativity%20and%20filmmakers.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB