LogoDIGINATION LOGO

5 Ide Usaha untuk Pelajar, Tambah Cuan 2024

author Oleh DQLab Rabu, 6 Maret 2024 | 10:02 WIB
Share
Share

 

Sebagai pelajar, mencari cara untuk meningkatkan penghasilan atau mendapat “uang saku” bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan kreativitas dan tekad untuk mulai serta menghadapi tantangan tersebut kamu dapat menjalan usaha sambil tetap fokus pada pendidikan. Di era saat ini, sudah banyak pilihan dan juga manfaat menghasilkan uang sebagai pelajar dalam bentuk “side hustle” atau pekerjaan sampingan sambil belajar.

Sekarang mungkin kamu memiliki pertanyaan seperti “bagaimana cara menghasilkan uang sebagai pelajar?”, jangan khawatir karena pada artikel ini akan memberikan lima ide usaha yang worth it untuk kamu coba di tahun 2024 ini. Yuk, simak penjelasannya sampai habis!

  1. Freelance Penulis Artikel

Jika kamu memiliki keahlian dalam menulis ataupun gemar menceritakan pengalaman melalui sebuah karangan tulisan yang panjang menggunakan tata bahasa yang baik, maka kamu bisa coba melakukan freelancing atau menawarkan jasa penulisan artikel. 

Kini, sudah banyak bisnis atau organisasi sekalipun di berbagai lini industri membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menyalurkan keterampilan dan bakat melalui penulisan artikel. Ini juga memberikan pengalaman sangat menarik terutama bagi pelajar terkait bagaimana memanajemen waktu antara pekerjaan dan sekolah ataupun persiapan bekal untuk memasuki lingkungan profesional di industri.

Baca juga: Ini Dia Deretan 12 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Traffic Website

  1. Tutoring Online

Cara lain yang terbaik untuk menghasilkan uang secara mandiri adalah melakukan tutoring secara online. Apabila kamu memiliki pengetahuan yang kuat, mampu menafsirkan dan menjelaskan, bimbingan belajar menjadi pilihan yang tepat untuk kamu terlebih platform daring yang tersedia memudahkan kamu dalam mengajar siswa dari berbagai tempat. Tidak hanya memberikan fleksibilitas pada waktu, melainkan juga membangun skill sosialisasi serta rasa percaya diri kamu.

  1. Jasa Desain Grafis

Memiliki passion untuk mengedit foto maupun video? Cara ini juga bisa menguntungkan Anda sebagai pelajar untuk menghasilkan cuan secara online lho. Banyak dari agensi yang bekerja bersama dengan para desain grafis untuk membantu membuatkan berbagai ide-ide konten media sosial baik bertujuan meningkatkan awareness ataupun mengunggah meme yang relate di kalangan pengguna media sosial. Biasanya requirement atau pemahaman dasar yang dimiliki yaitu seperti penggunaan Canva, Figma, dan Adobe (seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan lainnya) cukup penting. 

  1. Translator

Apakah kamu jago menguasai lebih dari satu bahasa? Menjadi translator juga tidak kalah menarik untuk dicoba, karena sudah banyak permintaan yang tinggi terhadap penerjemah yang bertujuan untuk membantu bisnis ketika mereka menjalin sebuah hubungan dengan perusahaan internasional.

Jika kamu berpikir untuk menjadi translator atau penerjemah, ada baiknya untuk mengikuti beberapa blog atau komunitas lokal dan nasional yang tersedia guna membantu memahami kode etik secara profesional. Selain itu, penting untuk terus berinvestasi pada diri sendiri dan pengetahuan melalui berbagai kursus, webinar, dan juga event-event yang tersedia. 

  1. Internship di Industri

Saat mencari cara untuk mendapatkan penghasilan secara mandiri, kamu dapat mempertimbangkan mengikuti internship yang tersedia di industri. Beberapa magang menawarkan pembayaran yang cukup menarik bagi pelajar, selain itu juga dengan mengikuti magang dapat memberikan profil resume pribadi yang lebih profesional dan berharga yang dimana pengalaman kamu bisa mengarahkan pada posisi yang permanen (full-time) setelah lulus. 

Baca juga: Roadmap Belajar Data Science untuk Pemula, Wajib Catat!

Banyak jalan menuju roma, meskipun sebagai pelajar tentu banyak pilihan dan peluang untuk mendapatkan cuan serta membangun reputasi kamu sebagai ahli di bidang tersebut. Namun perlu untuk diingat untuk selalu menjaga kesemimbangan antara usaha dan pendidikan kamu, tetapkan jadwal serta prioritas tugas-tugas akademis Anda!

Guna menambah wawasan serta unlock new skill di era digital 2024, kamu juga bisa lho mencari aktivitas atau melakukan riset persiapan berkarir secara profesional di industri. Profesi bidang data menjadi salah satu incaran para fresh graduates, young professional/switch career, bahkan pemula sekalipun. Ingin mencoba belajar Data? DQLab adalah salah satu kursus online Data Science yang memberikan program kelas menarik sesuai dengan kebutuhan Anda. Informasi lebih lengkap kunjungi Live-Class Bootcamp DQLab.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB