LogoDIGINATION LOGO

Jadi YouTuber Terkaya Sejagad? Bisa!

Oleh Ana Fauziyah Sabtu, 3 November 2018 | 08:15 WIB
Share
ilustrasi video di YouTube (shutterstock)
Share

“Jangan lupa subscribe, like dan comment ya!”

Pasti kamu sering mendapat pesan seperti itu kalau sedang menonton video di YouTube. Subscribe, like dan comment merupakan cara agar sebuah video menjadi populer, bahkan viral. Semakin banyak yang melihat video tersebut, semakin banyak pundi-pundi uang yang mengalir ke kantong youtuber.

Ada banyak cara meningkatkan viewer Youtube, salah satunya meningkatkan subscriber alias pelanggan saluranmu. Meskipun pendapatan youtuber dihitung berdasarkan jumlah AdSense klik dan view, namun bukan berarti jumlah pelanggan tidak menjadi penting. Semakin banyak pelanggan yang kamu miliki, semakin banyak calon penonton yang nantinya akan melihat video terbarumu.

Artinya pelanggan memberimu kesempatan agar bisa mendapatkan uang lebih banyak lagi. Apalagi kebijakan terbaru YouTube menetapkan bahwa iklan hanya akan dibayarkan untuk youtuber yang memiliki jumlah pelanggan dan view cukup besar, juga banyaknya jumlah klik pada iklan yang muncul pada akun tersebut. Itulah mengapa kamu perlu meningkatkan jumlah pelanggan sebanyak mungkin.

Nah, bagaimana cara mendapat subscriber YouTube semaksimal mungkin? Berikut strategi yang bisa kamu lakukan, seperti disarikan Digination.id dari laman Creator Academy milik YouTube, Kamis (1/11).

Baca juga: Cara Dapatkan Uang Lewat YouTube

subscriber YouTube (shutterstock)

  1. Lakukan kolaborasi dengan youtuber lain yang populer

Kolaborasi bisa menjadi cara ampuh untuk menjangkau pemirsa baru untuk membangun koneksi agar potensi pelanggan baru semakin banyak. Aliansi dengan youtuber lain juga memungkinkan videomu tergabung dengan video-video populer lainnya sehingga dapat membawa pemirsa baru mengunjungi channelmu..

  1. Tampilkan ciri khas yang unik

Berkolaborasi bukan berarti kamu mengekor gaya youtuber lain. Tetaplah tampilkan hal-hal unik yang menjadi ciri khasmu, misalnya kostum, musik latar, atau efek khusus yang keren. Formula penting untuk membuat video hebat yang memiliki kemungkinan viral adalah gagasannya. Buatlah video kolaborasi yang otentik, sesuai dengan gaya dan tone saluranmu.

Baca juga: Tips Membangun Iklan Bersama Kreator YouTube

live streaming di YouTube (shutterstock)

  1. Rajin upload secara teratur

Salah satu faktor saluran YouTube bisa tumbuh adalah dengan mengunggah video secara teratur. Saluran yang secara rutin menambahkan video terbukti bisa menarik jumlah pelanggan. Usahakan kamu mengunggah satu video setiap 1 minggu dengan konsisten sehingga pelanggan akan terbiasa dengan kehadiranmu. Bahkan mungkin, meraka akan merasa kehilangan jika kamu absen mengunggah.

  1. Buat video sesuai target audiensmu

Meskipun video yang kamu buat sudah bagus dan menarik, namun bisa saja tidak meraih target penonton yang ingin dijangkau. Karenanya, buatlah video yang sesuai dengan target audiensmu. Misalnya jika saluran kamu ingin fokus pada konten-konten edukasi, maka setialah di jalur tersebut. Terlebih tujuan masyarakat menonton video tidak hanya untuk mendapat hiburan tapi juga untuk mencari informasi.

Yuk, coba!

Baca juga: Yuk, Maksimalkan YouTube Untuk Bisnismu

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB