LogoDIGINATION LOGO

Cara Dapatkan Uang Lewat YouTube

author Oleh Aulia Annaisabiru Minggu, 9 September 2018 | 16:20 WIB
Share
Youtube (Shutterstock)
Share

YouTube merupakan platform online yang memungkinkan seluruh penggunanya mengunggah video. Dulu YouTube tidak selalu identik dengan uang, tapi semenjakYouTube mulai berani membayar sejumlah kreator untuk membuat konten di platform ini, berbondong-bondong ribuan orang mengubah hidupnya untuk menjadi youtuber.

Meskipun kreator YouTube terbaik tidak selalu menghasilkan banyak uang, namun hal ini dapat mengubah hobi atau minat menjadi sumber penghasilan. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang lewat YouTube, kamu hanya perlu menemukan mana yang paling cocok dan tepat.

Baca juga: Video On-Demand Sudah Menjadi Gaya Hidup

Berikut adalah beberapa cara agar akun YouTube-mu bisa menjadi ladang uang seperti ditulis di CheatSheet.com:

1. Buat video yang bisa dimonetisasi

Beberapa video yang memenuhi syarat dapat menautkan akun YouTube-nya ke AdSense yang menghasilkan uang dari iklan. Jika kamu berencana memonetisasi konten, pastikan memenuhi kriteria 'konten cocok untuk pengiklanan'. Eits, tapi sebelumnya kamu harus memenuhi syarat monetisasi YouTube dulu. Mulai Juli 2018, para kreator harus mengumpulkan setidaknya 10.000 views dalam satu tahun terakhir dan memiliki 1.000 subscriber.

2. Bekerjasama dengan sponsor dan bergabung dalam program afiliasi

Banyak kreator yang tidak puas dengan penghasilan AdSense saja dan ingin meningkatkan pendapatannya. Perusahaan memberikan peluang untukmu dan kreator lainnya mendapatkan uang lebih dengan membantu mempromosikan produk dan layanannya melalui konten yang dibuat. Ada juga program afiliasi yang kurang lebih mirip dengan program sponsor. Biasanya, anggota program afiliasi dibayar berdasarkan jumlah penonton yang melakukan langkah selanjutnya seperti pembelian.

Ilustrasi (Shutterstock)

3. Lakukan Q&A secara live

YouTube memungkinkan para penggunanya untuk melakukan dan menonton live streaming. Melakukan Q&A secara live dan berinteraksi dengan subscriber melalui fitur super chat Youtube. Viewers yang menonton live streamingmu dapat membayar sejumah uang agar pertanyaannya bisa di boost di chat dan dijawab olehmu. Yap! uang yang dibayar tadi akan masuk langsung ke rekeningmu. Maka dari itu, aktifkan fitur live streaming di akunmu!

Baca juga: Subscriber YouTube Bisa Jadi Pelanggan Fanatik

4. Lolos persyaratan YouTube’s Channel Membership

Pada VidCon 2018, konferensi tahunan bagi kreator dan penontonnya, Youtube mengumumkan saluran pendapatan baru bagi kreator yaitu melalui Channel Memberships. Eits, tapi ada syaratnya yaitu harus memiliki minimal 100.000 subscriber, berusia 18 tahun ke atas dan disetujui menjadi Youtube Partner tentunya.

5. Menjual merchandise

Bersama dengan peluncuran membership,  YouTube juga mengumumkan jika mereka telah meluncukan fitur penjualan merchandise. Banyak kreator yang sudah memanfaatkan fitur ini dengan menjual kaos, mug, pin, dan produk lainnya. Jika kamu tidak ingin menggunakan fitur ini, ada situs lain yang dapat digunakan bernama Shopify. Shopify adalah sebuah platform e-commerce dari Kanada.

6. Butuh waktu

Kepopuleran YouTube yang dapat menghasilkan uang, membuat banyak orang berbondong-bondong menjadi kreator YouTube. Karena persaingan yang ketat, diperlukan waktu berbulan-bulan, bertahun-tahun untuk dapat benar-benar mendapatkan uang dari YouTube. Jadi jangan cepat menyerah, jika video YouTube-mu belum menghasilkan. Seiring waktu, subscriber dapat bertambah sedikit demi sedikit begitu juga dengan penghasilan yang masuk ke rekeningmu. 

Baca juga: Empat Tema Kunci Sukses Iklan di YouTube 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: cheatsheet
TAGS
RECOMMENDATION

Tips Membangun Iklan Bersama Kreator YouTube

Era digital mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk di dalamnya keberhasilan YouTube mengubah cara pandang masyarakat menikmati media hiburan

Senin, 14 Mei 2018 | 02:50 WIB
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB