LogoDIGINATION LOGO

Sst, Nih 10 Tips dari Pakar Youtube!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Rabu, 26 September 2018 | 16:30 WIB
Share
Ilustrasi Youtube (Shutterstock)
Share

Youtube, salah satu platform berbagi video secara online, diproyeksikan akan terus meningkat popularitasnya. Lembaga riset pasar Statista mencatat tahun 2017 jumlah penggunanya menembus 1,47 miliar dan diprediksi akan tumbuh hingga 1,86 miliar hingga tahun 2021. Pertumbuhan yang signifikan menunjukan kekuatan jangkauan media yang didirikan pada Februari 2005 ini yang begitu luas. 

Jika kamu pemilik bisnis, bisa dibayangkan bagaimana jangkauan kosumen yang didapat jika memanfaatkan platform ini? Menambahkan Youtube ke dalam salah satu strategi marketing bisa menjadi cara efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuat brandmu semakin dikenal banyak orang. 

Dilansir dari Forbes, berikut adalah 10 tips branding melalui Youtube dari 10 anggota Forbes Communications Council.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan YouTube Untuk Bisnismu

1. Ubah konten web menjadi  video

Agar Youtube menjadi platform yang efektif untuk bisnismu, luruskan kembali tujuan konten videomu. Kamu bisa memulai dengan me-review produkmu terkait kegunaan, manfaat, cara pakai dan lain sebagainya. Video ini akan membuat bisnismu semakin interaktif - Arina Katrycheva, actiTIME.

2. Membuat video tutorial

Apa yang membuat orang-orang terkesan dengan Youtube? Jawabnya adalah video tutorial. Ketika kamu ingin tahu cara mengoperasikan gergaji mesin, kamu hanya butuh smartphone dan mencari videonya di Youtube. Yap! Jangan takut untuk membagikan informasi produk dan layananmu. Youtube adalah kendaraan sempurna untuk mempromosikan brandmu - Stephen Dupont, Pocket Hercules.

3. Memiliki karakter

Ada banyak jenis video yang bisa digunakan untuk mempromosikan produkmu, seperti video wawancara dengan para ahli. Karakter seperti ini perlu dibangun agar brandmu memiliki karakter, energi dan pengetahuan. Tidak bisa dipungkiri, dalam membuat keputusan membeli barang atau tidak harus didasari kredibiltas produk. - Levitica "Lee" Watts, Smith, Gambrell & Russell, LLP.

Baca juga: Tips Membangun Iklan Bersama Kreator YouTube

Ilustrasi video tutorial (Shutterstock)

4. Kurasi Konten

Video merupakan media terbaik untuk marketing online. Wawancara, cuplikan video behind-the-scene, web series, atau video yang mengharukan bisa menjadi pilihan ide memulai videomu. Hal yang lebih penting adalah menjaga channelmu tetap update dengan konten-konten baru- Scott Schoeneberger, bluewatertech.com.

5. Cerita singkat tapi mengesankan

Cerita yang singkat dan mengesankan adalah kunci. Melalui video, kamu dapat meng-engag viewers dengan cara yang lebih riil dan otentik. Dengan video '60 Winks', konten tentang tips belanja perlengkapan tempat tidur, seputar kesehatan dan gangguan tidur contohnya, dapat memberikan gambaran pengalaman kisah nyata ke pelanggan- G'Nai Blakemore, Mattress Firm.

6. Otentik 

Generasi sekarang lebih menyukai konten yang otentik, karena mereka sangat sensitif terhadap plagiarisme. Video Stephen Curry yang melakukan shooting bola basket ke dalam sunroof mobil contohnya, dapat menghasilkan jutaan views dengan iklan yang terkurasi tinggi. Hal seperti itu belum pernah dilakukan sebelumnya, maka dari itu cari sesuatu yang beda, unik dan otentik. Generasi sekarang sangat paham dan sensitif akan keotentikan produk - Keith Bendes, Float Hybrid.

7. Jangan lupakan SEO

Optimalisasi SEO dengan keyword, metadata, tag, dan deskripsi akan membuat videomu mudah dicari. Pastikan juga videomu selaras dengan tujuan bisnis dan strategi marketing perusahaanmu mengikuti citra merek yang diinginkan. Branding yang konsisten dan SEO yang kuat menjadi perpaduan yang cantik agar video marketingmu dapat menyebar luas- Alex Goryachev, Cisco.

Baca juga: Subscriber YouTube Bisa Jadi Pelanggan Fanatik

Ilustrasi penggunaan SEO dalam Youtube (Shutterstock)

8. Kembangkan pre-roll bumper ads

Youtube merupakan platform marketing yang luar biasa! Six-second bumper ads yang diputar sebelum video adalah cara terbaik menyampaikan pesan brandmu pada audiens yang luas dengan biaya rendah. Bermitra dengan influencer atau musisi melalui vlog, video musik dan sebagainya dapat menjadi strategi yang sempurna dalam memanfaatkan Youtube untuk marketing - Sherry Jhawar, Blended Strategy Group.

9. Berbeda

Video adalah cara yang terbaik untuk mendorong awareness. Jangan meniru orang lain, karena konsumen menginginkan sesuatu yang otentik, berbeda dan dapat dipercaya. Kembangkan srtategi agar videomu bisa stands out. Jangan hanya mengandalkan satu platform untuk marketing, gunakan juga platform lain sebagai 'pemancing' agar audiens melihat videomu. - Blake Rodgers, SiteLock.

10. Abadikan momen dengan video

Saat bazaar berlangsung pasti sangat ramai. Nah, jangan lupa untuk menangkap momen itu baik 10-15 detik untuk testimoni. Jangan lupa upload juga di Youtube dan share di semua sosial media dengan hastag - Esther Bonardi, Yardi Systems.

Baca juga: Empat Tema Kunci Sukses Iklan di YouTube

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Forbes
TAGS
RECOMMENDATION

Ini Tips Bikin Video Instagram untuk Jualan

Dengan jumlah pengguna Instagram di Indonesia yang mencapai 22 juta, platform media sosial berbasis sharing foto tersebut menjadi salah satu sarana promosi produk yang ampuh menjangkau banyak konsumen

Jumat, 23 Februari 2018 | 08:27 WIB
LATEST ARTICLE

40 Istilah Dalam Cryptocurrency

Bicara aset, cryptocurrency, dan pom-pom, sebenarnya apa sih itu? Ini dia pengertian cryptocurrency dan istilah lainnya.

Kamis, 4 Maret 2021 | 07:17 WIB