Digitalisasi UKM
99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM
Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB
Tren perubahan perilaku belanja masyarakat Indonesia selama masa pandemi Covid-19 dari off line ke online mengancam jutaan toko kelontong/warung yang sempat menjadi andalan masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok.
Kejayaan toko kelontong/warung sempat ditunjukkan oleh salah satu kajian Nikkei Asian Review pada Februari tahun lalu yang menyebutkan bahwa 92% masyarakat melakukan transaksi pembelajaan bahan makanan di toko kelontong/warung.
Selayaknya bidang atau industri lainnya, toko kelontong/warung harus melakukan perluasan usaha, dalam hal ini transformasi digital, untuk dapat terus menjadi andalan masyarakat. Hal itu bisa dilakukan melalui ekosistim Mitra Tokopedia, alternatif untuk melakukan akselerasi adopsi platform digital bagi toko kelontong/warung.
Praktiknya, aplikasi Mitra Tokopedia memungkinkan pelaku usaha tradisional membeli stok untuk toko offline-nya dengan lebih mudah dan efisien, kapan pun dan di mana pun, hanya lewat telepon genggam. Hal ini membuat para pelaku usaha tradisional tetap dapat beroperasi sekaligus menerapkan physical distancing di tengah situasi pandemi.
AVP of New Retail Tokopedia Adi Putra menyatakan bahwa pihaknya percaya bahwa para pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis juga merupakan garda depan dalam melawan pandemi.
"Mereka adalah bagian dari UMKM lokal yang berkontribusi lebih dari 60% pendapatan negara dan otomatis punya dampak besar terhadap pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi. Keberadaan warung juga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar yang dibutuhkan selama pandemi," katanya.
Adi menjelaskan pandemi mendorong pemilik warung mulai menjual produk kesehatan, seperti masker dan vitamin, dan kerja sama Tokopedia dengan sejumlah produsen masker membuat para pemilik warung bisa mendapatkan masker dengan harga terjangkau untuk diperjualbelikan. "Para pemilik warung ini akhirnya bisa membantu mengatasi kelangkaan masker yang terjadi, terutama di masa awal pandemi."
Transformasi Warung Jadi Titik Pembayaran Belanja Online
Pergeseran pola belanja dari offline ke online karena adanya pandemi membuka peluang besar bagi para pelaku usaha tradisional untuk meningkatkan pendapatan. Pasalnya, kini melalui aplikasi Mitra Tokopedia, pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis bisa menjadi titik pembayaran belanja online Tokopedia sambil memperoleh penghasilan tambahan dari setiap transaksi pembayaran.
"Kami baru saja meluncurkan fitur pembayaran Tagihan Tokopedia di aplikasi Mitra Tokopedia. Pelaku ritel tradisional yang memanfaatkan fitur ini bisa menjadikan warung atau tokonya sebagai titik pembayaran Tokopedia untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Dengan bertambahnya pilihan metode pembayaran ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan kemudahan bertransaksi online untuk pertama kalinya," terang Adi.
Melalui aplikasi Mitra Tokopedia, para pelaku usaha tradisional pun bisa meningkatkan pendapatan dengan memfasilitasi penjualan berbagai produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan lainnya.
"Antusiasme pengguna Mitra Tokopedia juga secara umum terus meningkat dari waktu ke waktu. Hingga Juni 2020, aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan pelaku usaha tradisional untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia," lanjut Adi.
Pengguna Mitra Tokopedia pun bisa memanfaatkan fitur Donasi untuk memfasilitasi pengumpulan dana bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemi. Para pelaku usaha tradisional ini juga dapat ikut berdonasi lewat program Poin Hadiah dimana setiap poin yang terkumpul dari hasil transaksi dapat dikonversi menjadi donasi selama periode tertentu.
99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM
Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB
UX yang ramah dan mudah dimengerti akan menarik minat UKM untuk melakukan transformasi digital.
Senin, 16 Maret 2020 | 10:48 WIB
Maksimalkan toko online di Tokopedia dengan beragam fitur baru
Rabu, 29 April 2020 | 14:47 WIB
Menghadapi new normal, Tokopedia mengidentifikasi tren produk dan layanan
Kamis, 4 Juni 2020 | 09:36 WIB
UKM di kawasan Asia Tenggara mengandalkan teknologi untuk bisa survive di masa pandemi Covid-19 ini
Selasa, 7 Juli 2020 | 18:43 WIB
Selama ini penyanyi menjadi satu-satunya "bintang"dalam sebuah lagu. Dengan SongDNA, Spotify ingin pendengar tahu siapa saja sosok di balik penciptaan lagu tersebut.
Kamis, 16 Oktober 2025 | 15:39 WIB
Karya-karya ini tidak hanya menjadi tampilan visual, tetapi juga simbol eksplorasi, ketekunan, dan identitas kreatif generasi muda Indonesia
Selasa, 7 Oktober 2025 | 10:36 WIB
Magnum menggunakan Giuseppe AI milik NotCo untuk melakukan reformulasi produk agar lebih seimbang secara nutrisi, termasuk menciptakan varian berbasis nabati.
Senin, 29 September 2025 | 14:34 WIB
Teknologi biometrik face recognition segera diterapkan untuk registrasi e-SIM. Aturan Komdigi ini dukung keamanan data dan cegah penipuan digital.
Jumat, 26 September 2025 | 17:08 WIB
Format Instagram baru ultra-wide 5120×1080, atau yang sering disebut video geprek, meledak karena ada unsur estetika seperti layar bioskop dalam satu frame.
Kamis, 25 September 2025 | 15:04 WIB
Keunggulan Meta Ray-Ban Display adalah sebagai kacamata pintar yang diharapkan mampu menggantikan peran smartphone dalam kehidupan sehari-hari.
Selasa, 23 September 2025 | 15:32 WIB
Konsumen Indonesia semakin fokus pada value for money
Jumat, 19 September 2025 | 15:42 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merilis Portal Satu Data Jakarta dengan tampilan baru. Bedanya, kali ini tampilannya jauh lebih interaktif berkat tambahan fitur chatbot berbasis AI.
Senin, 15 September 2025 | 14:54 WIB
Talenta data tidak hanya sekadar bisa membaca data, tetapi juga mampu mengubah data menjadi insight
Jumat, 12 September 2025 | 15:37 WIB
Pengguna sedang tergila-gila dengan Nano Banana, model terbaru Google untuk editing foto. Selain itu, Google juga memperkenalkan fitur baru di Gemini Ultra dan Pro, yaitu Photo-to-Video.
Senin, 8 September 2025 | 10:00 WIB
Salah satu penggemar game Roblox dengan nama Ands/Kirito. berhasil mengajak komunitas dan pengguna X berdonasi untuk keluarga almarhum Affan Kurniawan.
Selasa, 2 September 2025 | 15:04 WIB
Warganet ramai membagikan situasi Demo DPR melalui berbagai platform media sosial
Jumat, 29 Agustus 2025 | 12:22 WIB
Kebutuhan talent data meningkati, apa yang perlu dipelajari generasi muda?
Rabu, 27 Agustus 2025 | 11:45 WIB
Password ternyata menjadi titik lemah terbesar karena mudah dicuri lewat halaman login palsu. Google mengeluarkan peringatan serius untuk ganti password secara rutin.
Selasa, 26 Agustus 2025 | 18:23 WIB
Pojok Belajar merupakan inisiatif edukasi intensif yang digagas oleh GoFood lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Program ini diperluas ke 24 kota di Indonesia.
Selasa, 12 Agustus 2025 | 10:49 WIB