LogoDIGINATION LOGO

Hadapi New Normal, Tokopedia Bocorkan Tren Belanja Di Tengah Pandemi

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 4 Juni 2020 | 09:36 WIB
Share
Share

Menyambut new normal, Tokopedia sebagai salah satu unicorn e-commerce Indonesia membocorkan tren belanja masyarakat yang diambil dari segi penjualan sepanjang Ramadhan. Data internal Tokopedia menyebutkan bahwa kategori Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Kesehatan dan Elektronik menjadi empat kategori paling populer selama Ramadhan.

Lewat berbagai program, seperti #SatuDalamKopi, #FestivalSantapanLezat, #BanggaBuatanIndonesia, Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah dan pegiat usaha lokal dari berbagai industri. Upaya bersama tersebut mengundang tingginya antusiasme masyarakat dalam merayakan Ramadhan walau di tengah pandemi. Hal ini tampak dari beberapa temuan menarik Tokopedia terkait tren belanja masyarakat sepanjang Ramadhan.

"UMKM adalah tulang punggung perekonomian, maka Tokopedia berkomitmen terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada mereka demi mendorong pemulihan perekonomian nasional. Beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi adalah kunci menjawab pandemi," kata VP Of Corporate Communication Tokopedia Nuraini Razak.

Kopi Nusantara Dan Peralatan Berkebun Laku Keras
Pada kategori Makanan dan Minuman, Buah Kurma, olahan daging, buah-buahan seperti Jeruk dan Alpukat, hingga kopi kemasan merupakan produk yang paling banyak dibeli. Sebelumnya, Tokopedia menggandeng lebih dari 1.000 pelaku usaha kopi lokal melalui #SatuDalamKopi.

Klinik Kopi dan Dua Coffee adalah contoh yang terus berupaya beradaptasi di tengah pandemi, mulai dengan mempercepat adopsi digital hingga menyesuaikan varian produk. Kini lebih dari 80% penjualan mereka berasal dari pemesanan online lewat Tokopedia. Produk dalam kategori Rumah Tangga juga diburu masyarakat, hal ini menjadi tren baru untuk mempercantik hunian disaat PSBB.

"Selain berburu kopi, berkebun juga menjadi kegiatan yang sangat digemari masyarakat di tengah PSBB selama Ramadan. Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot dan tempat penyimpanan pada kategori Rumah Tangga," jelas Nuraini.

Kategori Kesehatan Paling Diminati
Kategori Kesehatan masih menjadi salah satu kategori yang meningkat signifikan. Produk paling diminati mencakup vitamin, peralatan P3K dan masker mulut. Tokopedia sebelumnya juga menjalin kerja sama dengan para desainer lokal untuk mengampanyekan penggunaan masker kain untuk menekan laju penyebaran pandemi COVID-19.

Kategori Elektronik Masih Diburu
Selama Ramadhan di tengah PSBB, pola masyarakat dalam bekerja hingga mencari hiburan pun cenderung bergeser. Data internal Tokopedia memperlihatkan bahwa pada kategori Elektronik, earphone, lampu bohlam dan speaker adalah produk yang paling diburu.

Kategori Tagihan Listrik dan Pulsa Menjadi Jawaban di saat PSBB
Imbauan PSBB di sisi lain mendorong masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk dalam membayar tagihan listrik dan pulsa. Jumlah tagihan listrik yang tercatat dibayarkan melalui Tokopedia bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik lebih dari 3,5 juta rumah selama satu bulan.

Tren baru silaturahmi virtual juga menjadikan kategori pembelian pulsa meningkat. Tokopedia menemukan bahwa silaturahmi online menjadi alternatif masyarakat untuk merayakan Ramadhan bersama kerabat di tengah pandemi.

"Terbukti dari jumlah pulsa yang terjual melalui Tokopedia, setara dengan pulsa yang dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi melalui panggilan video selama 30 menit," jelas Nuraini.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Persiapan 5G di Indonesia

Seperti apa proyeksi 5G dan tren industri telekomunikasi 2021 di Indonesia?

Senin, 21 Desember 2020 | 14:56 WIB