LogoDIGINATION LOGO

Inovasi Baru Tokopedia Bantu Penjual

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 29 April 2020 | 14:47 WIB
Share
Share

Tokopedia menghadirkan sederet inovasi digital untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang saat pandemi, terutama di bulan Ramadhan. Berbagai inovasi yang dihadirkan mencakup transformasi aplikasi untuk penjual serta pengalaman baru dalam berbelanja di Tokopedia Play dan fitur Beli Langsung.

Di tengah pandemi COVID-19, Tokopedia berkomitmen memastikan para pebisnis lokal tetap beroperasi daring. AVP of Product Tokopedia, Priscilla Anais mengungkapkan bahwa demi membantu bisnis lokal tetap beroperasi daring di masa seperti ini Tokopedia menciptakan sederet inovasi untuk menunjang produktivitas penjual dan juga untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah terutama selama Ramadhan.

"Bulan Ramadhan biasanya dibarengi oleh lonjakan transaksi. Terlebih di tengah pandemi, belanja online menjadi alternatif meminimalisir penyebaran virus di tempat ramai. Demi membantu bisnis lokal tetap beroperasi daring di masa seperti ini kami menciptakan sederet inovasi untuk menunjang produktivitas para penjual. Kami juga menghadirkan pengalaman konten baru untuk para pembeli lewat Tokopedia Play and kemudahan berbelanja lewat fitur Beli Langsung," kata Priscilla Anais.

Sejalan dengan salah satu fokus kampanye #JagaEkonomiIndonesia, Tokopedia berusaha menjaga kelangsungan bisnis penjual dan mendorong pemulihan ekonomi. Dengan kampanye tersebut, Tokopedia melakukan transformasi pada aplikasi khusus penjual demi meningkatkan produktivitas mereka.

Beberapa fitur seperti fitur Quick Reply Chat, yang saat ini sudah tersedia dan memungkinkan penjual membalas pesan dari pembeli lewat notifikasi tanpa harus membuka aplikasi. Ada juga Weekly Summary Sales and Order yang bisa memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi.

Selain itu pada homepage toko para penjual kini bisa memanfaatkan berbagai tampilan toko agar terlihat lebih menarik bagi pembeli. Para penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk-produk unggulan, serta promo pada homepage yang dipersonalisasi.

Inovasi terbaru dari Tokopedia juga dapat dirasakan oleh pelanggan maupun pembeli baru. Pembeli bisa menikmati pengalaman berbelanja langsung atau live shopping yang terintegrasi secara lebih mulus. Inovasi di Tokopedia Play, memungkinkan pembeli dapat berinteraksi langsung dengan para kreator konten, dan juga langsung membeli produk yang dibutuhkan melalui live streaming yang sedang berlangsung.

Tokopedia juga menghadirkan fitur Beli Langsung yang mempermudah dan mempercepat proses berbelanja. Kini dengan fitur Beli Langsung, pengguna dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan satu klik. Disisi lain, metode pembayaran dan pengiriman ini dapat secara otomatis direkomendasikan sesuai preferensi atau kebiasaan masing-masing pembeli.

Tokopedia saat ini terdiri atas lebih dari 7,8 juta penjual dan lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi. Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk dengan harga transparan kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia. Dengan inovasi baru, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam membeli kebutuhan mereka, dan juga membantu perekonomian bisnis lokal di bulan Ramadhan saat pandemi Covid-19.

 

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE