![](https://assets.digination.id/crop/0x0:0x0/750x500/photo/2024/07/25/3766244017.jpg)
Waspada Malware Mematikan “Cluster Bomb”
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIB
"Kami yakin bisa mencapai 100.000 merchant tahun ini, kami akan lebih agresif."
Begitu kurang lebih paparan optimis Haryanto Tanjo, CEO & Co-Founder Moka sesaat sebelum pelaksanaan A Cup of Moka (ACOM), Kamis 30 Januari 2020 kepada Digination.id. Moka adalah salah satu startup penyedia layanan kasir digital terkemuka di Indonesia, yang sebagian besar merchant-nya berskala UKM. Jadi tidak heran Moka punya kepentingan untuk mendorong digitalisasi UKM.
Sampai sekarang, baru sekitar 20% unit UKM yang sudah melek digital. Padahal digitalisasi dapat menjawab hampir seluruh permasalahan UKM, bahkan dapat membuat UKM 'naik kelas'. Permasalahan utama UKM di Indonesia adalah seputar efisiensi, baik efisiensi waktu, efisiensi biaya, dan efisiensi sumber daya.
Pemerintah, melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah juga berkepentingan untuk mendorong digitalisasi UKM. Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (SMESCo), Leonard Theosabrata menyatakan perlu peran aktif semua pihak: pemerintah, swasta, komunitas, untuk bersinergi memajukan UKM di Indonesia.
Target pemerintah, katanya, ingin mengupayakan para UKM dan Koperasi di Indonesia dapat melantai di bursa saham. Saat ini, kata Leonard, ada 7 koperasi dan 2 UKM yang sudah melakukan Intial Public Offering; dan itu bisa dicapai salah satunya dengan digitalisasi UKM.
Moka, sejak 2019 berupaya mengembangkan ekosistim platformnya untuk dapat mendorong digitalisasi UKM. "2019 tahun yang baik untuk Moka. 3 atau 4 tahun pertama Moka berdiri kami fokus untuk membantun the most powerful POS (Point Of Sale) system. Tapi tahun lalu kami fokus untuk melakukan scaling up unit bisnis lain yang melengkapi ekosistem Moka," kata Haryanto.
Dia mencontohkan sistim pembayaran di Moka yang menjadi salah satu perintis untuk penerapan mobile payment. Moka sudah menjalin kemitraan dengan penyedia layanan mobile payment seperti: Ovo, GoPay, Dana, AkuLaku, Kredivo, dan WeChat Pay.
Dari sisi pendanaan UKM yang sudah menjadi merchant, Moka mempunyai platform Moka Capital yang saat ini sudah menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan rintisan penyedia modal usaha seperti: KoinWorks, Taralite, Modalku, dan Jenius. "Tahun lalu total dana yang disalurkan melalui Moka Capital sudah mencapai sekitar Rp40 miliar."
Platform Moka lainnya untuk mendorong digitalisasi UKM adalah A Cup of Moka (ACOM), sebuah kegiatan atau wadah edukasi pengembangan UKM berlandaskan data, mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang yang berkaitan dengan pengembangan UKM untuk dapat mendorong mereka agar mampu bersaing dan berinovasi lewat teknologi.
ACOM pertama kali digelar pada 2019, dalam kurun waktu satu tahun, ACOM telah berhasil mengedukasi lebih dari 2.000 pelaku usaha di 13 kota. Berawal hanya dari tujuh rekan, kini ACOM telah bekerja sama dengan 124 institusi seperti pemerintahan, penyelenggara swasta, akademis, LSM, dan lainnya. Melalui format baru ini, Moka menargetkan lebih dari 2.500 pelaku UKM untuk berpartisipasi di dalam rangkaian acara ACOM dan harapannya, materi yang telah dibawakan di ACOM dapat diterapkan pada kegiatan bisnis sehari-hari sehingga UKM di Indonesia dapat naik kelas.
Banyak jalan menuju Roma. Sudah banyak cara untuk melakukan digitalisasi UKM. Sekarang tinggal pihak UKM yang mengambil langkah selanjutnya.
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIBBagaimana AI menjadi kunci inovasi dan mendorong pertumbuhan bisnis di berbagai sektor?
Jumat, 19 Juli 2024 | 16:58 WIBNgobrol Pakai Bahasa Asing Lebih Mudah
Kamis, 18 Juli 2024 | 12:48 WIBBerikut beberapa pilihan shortcutnya yang penting kamu ketahui:
Rabu, 3 Juli 2024 | 11:00 WIBGangguan server di PDN disebabkan oleh ransomware.
Selasa, 25 Juni 2024 | 13:44 WIBBerikut beberapa contoh bagaimana AI digunakan dalam berbagai aspek kehidupan
Jumat, 21 Juni 2024 | 17:57 WIBBagaimana Machine Learning digunakan untuk personalisasi iklan dalam digital marketing?
Kamis, 13 Juni 2024 | 10:41 WIBLensa kontak pintar membutuhkan baterai yang aman dan ringkas
Jumat, 7 Juni 2024 | 11:00 WIBBagaimana personalisasi AI membentuk asistensi digital marketing dan manfaat yang dapat diperoleh dari penerapannya.
Senin, 3 Juni 2024 | 10:08 WIBUntuk menghadirkan lebih banyak keseruan bagi pengguna setiap bulannya, UniPin akan terus menghadirkan berbagai diskon
Senin, 27 Mei 2024 | 21:46 WIBIni dia fakta-fakta armada taksi CNG Bluebird yang selama ini wara-wiri di jalanan Jabodetabek
Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:23 WIBData ini mengungkap pengaruh kreator konten digital dan mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh masyarakat
Rabu, 22 Mei 2024 | 16:53 WIBMemahami Database Marketing, Yuk!
Selasa, 21 Mei 2024 | 18:04 WIBBerikut ini keunggulan Starlink dibandingkan layanan internet satelit lainnya:
Senin, 13 Mei 2024 | 18:17 WIBPenasaran dengan pekerjaan apa saja yang memiliki prospek cerah di tahun 2031? Yuk simak informasinya
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:25 WIB