LogoDIGINATION LOGO

BNI dan PNM Salurkan KUR Pada 1.500 Nasabah Mekaar

author Oleh Alfhatin Pratama Selasa, 22 Januari 2019 | 11:15 WIB
Share
BNI (foto istimewa)
Share

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah bekerjasama selama 12 tahun dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM. Dalam rangka 12 tahun hal tersebut, kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengembangkan kerjasamanya melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Nasabah PNM Mekaar yang telah dinyatakan naik kelas.

KUR adalah fasilitas kredit dari BNI yang digunakan sebagai tambahan modal usaha produktif dalam bentuk Kredit Modal Kerja atau kredit jangka pendek, yang juga dapat digunakan sebagai Kredit Investasi.

Sedangkan PNM Mekaar adalah layanan pemberdayaan melalui pembiayaan berbasis kelompok bagi perempuan pra-sejahtera dengan anggota 10-30 perempuan. Pembiayaan yang diberikan berkisar antara Rp2 Juta hingga Rp5 juta yang selama ini diberikan bertahap tanpa jaminan.

Kerja sama penyaluran KUR BNI berlangsung di Garut, Jawa Barat (18/1).

Baca juga: BNItuDigital Hasilkan Capaian Optimal

"Hingga saat ini, sudah sekitar 4 juta Nasabah PNM Mekaar yang menerima manfaat penyaluran kredit Mekaar PNM. Sebagai langkah selanjutnya, mulai awal tahun 2019 ini, Nasabah Mekaar yang dinyatakan lulus dalam proses pembinaan yang dilakukan oleh PNM dan telah mempunyai kapasitas yang layak untuk dibiayai akan mendapatkan fasilitas KUR Mikro dari BNI," kata Ryan Kiryanto, Vice President Corporate Communications and Senior Economist BNI.

Bambang Setyatmojo, Manajer Umum Usaha Kecil BNI, menambahkan bahwa hingga saat ini telah terdapat lebih dari 1.500 nasabah PNM Mekaar yang memenuhi kriteria naik kelas dan berhak untuk mendapatkan KUR Mikro BNI. Penyaluran kredit ini rata-rata maksimum sebesar RP 10 Juta yang akan tersebar di DKI Jakarta, Garut, dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Selain penyaluran KUR Mikro, Nasabah PNM Mekaar yang naik kelas akan tetap mendapatkan program pembinaan dari PMM dan BNI. Antara lain adalah program Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM), Peningkatan Kapasitas Usaha (PKU), Pendampingan Nasabah dan Pembayaran Kewajiban KUR Mikro," kata Bambang.

Turut hadir dalam kesempatan ini seperti Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto, dan ratusan peserta Program PNM Mekaar dari Garut, Jawa Barat dan sekitarnya.

Baca juga: Kamu Agen 46 BNI? Ada Peluang Bisnis Baru, Lho...

Tulisan ini hasil kerja sama antara BNI dengan Digination.id

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Siaran Pers BNI
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB