LogoDIGINATION LOGO

BNI CALL, Aplikasi Virtual Assistant Perbankan Pertama di Indonesia

author Oleh Dikdik Taufik Hidayat Selasa, 30 Oktober 2018 | 16:15 WIB
Share
ilustrasi virtual assistant (shutterstock)
Share

PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., BNI, baru saja meluncurkan aplikasi Contact Center berbasis AI (Artificial Intelligince) yang dilengkapi fitur perintah suara (voice command). Aplikasi tersebut diluncurkan Sabtu (27/10) di Epicentrum Kuningan, Jakarta pada acara Fin Expo & Sundown Run 2018 yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Aplikasi BNI CALL ini, untuk perbankan, pertama di Indonesia dan pengguna tidak perlu mengetik apa pun di keyboard. Suara yang dikeluarkan menggunakan Voice Queries dan Natural Language Processing (NLP) sehingga pengguna seperti sedang berbicara dengan teman atau kerabat," ujar Yohanes Iwan Kurniawan, Pemimpin BNI Contact Center.

Lebih lanjut Yohannes menjelaskan bahwa ini merupakan contact center pertama yang menggunakan virtual assistant dengan keunikan memiliki 2 jenis suara, wanita dan pria yang namanya dapat diganti dengan nama sesuai keinginan nasabah.

Baca juga: BNItuDigital Hasilkan Capaian Optimal

Aplikasi BNI Call ini menggunakan paket data sehingga dapat digunakan baik di dalam maupun luar negeri. Saat ini aplikasi BNI Call masih berada di fase pertama yang menyediakan layanan informasi seputar BNI dan umum. Informasi terkait BNI misalnya menanyakan kantor cabang terdekat, ATM terdekat, info promo, info produk dan info jasa. Untuk informasi umum misalnya informasi film yang sedang tayang, restoran terdekat, tempat wisata, jadwal penerbangan, SPBU terdekat hingga berita terkini.

Apa pun informasinya, pengguna tinggal bicara saja dengan aplikasi ini, maka akan muncul informasi yang diinginkan. Bahkan, aplikasi tersebut juga bisa diajak bercanda dan main tebak-tebakan yang bisa menjadi teman curhat di kala bosan. Untuk fase berikutnya, aplikasi BNI Call akan dilengkapi fitur perbankan umum seperti transaksi, mengecek saldo, transfer dan transaksi lainnya. Jika layanan yang diminta nasabah tidak dapat dipenuhi oleh virtual assistant maka akan di teruskan ke petugas BNI Call (agent) atau melalui live chat.

Baca juga: Kamu Agen 46 BNI? Ada Peluang Bisnis Baru, Lho...

pengunjung booth BNI mencoba aplikasi BNI Call, aplikasi virtual assistant terbaru BNI (foto: dokum

Bagus Banget

salah satu pengunjung booth BNI pada acara tersebut, Nico (20) merasa senang dengan adanya aplikasi BNI Call ini. "Jadi tadi gue, tuh, coba aplikasi BNI ini, bisa buat nyari film terbaru, nyari tempat nongkrong. Menurut gue inovasi BNI ini bagus banget, buat gue jadi gampang nyari tiket nonton, tempat makan, ATM terdekat dan banyak banget. Ternyata informasi apa aja bisa didapetin dari aplikasi tersebut," kata Nico.

Jadi kayak anak-anak sekarang yang kekinian, lanjut Nico, dengan aplikasi ini bisa makin gampang cari informasi. "Jadi menurut gua gak ada ruginya, lah, download aplikasi ini," tutupnya.

Aplikasi BNI virtual assistant ini dapat di download di perangkat berbasis iOS maupun Android dengan nama BNI Call.

Tulisan ini hasil kerja sama antara BNI dengan Digination.id

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, Citra Baru BNI yang Lebih Milenial

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB