LogoDIGINATION LOGO

Okki Rushartomo, GM Divisi Kartu Kredit BNI: Kami Fokus di Leisure Experience

author Oleh Dikdik Taufik Hidayat Jumat, 24 Agustus 2018 | 16:15 WIB
Share
Okki Rushartomo, GM
Share

Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, Indonesia menjadi pasar dari berbagai macam barang dan jasa, tak terkecuali bagi e-commerce yang sedang tren saat ini. Kalau ada e-commerce yang tidak membuka cabang atau membidik pasar Indonesia, dipastikan mereka akan tertinggal jauh dari kompetitornya.

Dua sektor e-commerce yang sedang naik daun di Indonesia saat ini adalah travel dan marketplace. Sektor ini pula yang dilihat oleh BNI sebagai salah satu bank penyedia kartu kredit terkemuka di Indonesia. Digination sempat berbincang singkat dengan Okki Rushartomo, GM Divisi Kartu Kredit BNI yang ditemui dalam peluncuran program Shopee 9.9 Super Shopping Day di Jakarta, Kamis (23/8). Berikut petikannya:

Bagaimana Anda melihat perkembangan bisnis kartu kredit saat ini?

Tahun 2018 ini kita memprediksi pertumbuhan sekitar 12-15%. Pada semester pertama kita sudah tumbuh 9,9% dan kita yakin bisa achieve karena di akhir tahun akan ada banyak event seperti harbolnas (hari belanja online nasional-red), promo sana-sini, dan juga orang yang travelling. Selain itu, pertumbuhan kartu kredit kita juga lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan di industri ini yang sekitar 3,6 - 3,7 %.

Wah, sampai 3x lipatnya, ya?

Ya. Pertumbuhan kartu kredit BNI masih sangat oke. Dari sisi outstanding, kami yakin bahwa kami bisa menjadi market leader.

Pertumbuhannya dari sektor mana saja?

Motornya masih tetap yang pertama e-commerce. Kemudian yang kedua yang BNI sebut leisure experience. Orang saat ini lebih banyak mencari experience dibandingkan yang lainnya. Orang lebih memilih bisa travelling, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dibandingkan membeli barang mewah. Orang juga banyak ke mal, tapi bukannya belanja, melainkan untung dining. Itu yang sedang hype, dan itu yang menjadi fokus kami saat ini.

Baca juga: Bidik Konsumen Milenial, BNI Luncurkan Aplikasi Pembayaran Yap!

Ilustrasi travel (Freepik)

Terkait kerjasama dengan Shopee, bagaimana Anda melihatnya?

Shopee merupakan marketplace yang growth-nya paling besar dibandingkan yg lain, padahal mereka bisa dibilang pemain baru. Pertumbuhan Shopee year on year lebih dari 4x lipat sedangkan yang lain berkisar 1,5 – 2x lipat. Shopee yang kelihatannya paling fokus. Mereka sampai punya brand ambassador, mengadakan acara-acara besar dan mereka cukup serius. Program-programnya juga banyak diikuti. Kita menjalin long year partnership dengan mereka, dan salah satunya ini.

Keterkaitannya dengan Kartu Kredit BNI?

Banyak keuntungan yang Kartu Kredit BNI dan Shopee tawarkan dalam program Shopee 9.9 Super Shopping Day ini. Misalnya, pemegang kartu kredit BNI dapat memperoleh tambahan diskon 15% untuk semua produk di Shopee mulai 27 Agustus hingga 9 September 2018.

Wah, menarik juga, tuh…

Ya. Metode pembayaran memakai kartu kredit cukup besar pertumbuhannya di marketplace. Saat ini pembayaran yang paling besar dilakukan melalui virtual account (VA), disusul kartu kredit, kemudian COD (cash on delivery-red). Memang VA masih menjadi yang paling favorit karena orang tidak mesti memiliki rekening bank untuk melakukan pembayaran via channel ini. Akan tetapi kedepannya, potensi pembayaran melalui kartu kredit akan semakin besar.

Baca juga: BNI Jadi Official Prestige Digital Banking Partner Asian Games 2018

ilustrasi makan malam (Freepik)

Kenapa bisa begitu?

Pembayaran melalui kartu kredit sangat menguntungkan karena banyak promonya. Semisal dalam program yang Shopee tawarkan dimana harganya sudah sangat murah, plus diskon tambahan 15% bagi pemegang kartu kredit BNI dan ada lagi satu yang paling menarik.

Yaitu?

Pembayarannya bisa dicicil tanpa bunga alias bunga 0% selama 12 bulan atau setahun lamanya. Bayangkan, sudah harga super murah, tambahan diskon 15% plus bisa dicicil. Kurang apa lagi? Makanya fitur cicilan pembayaran di marketplace bagi pemegang kartu kredit merupakan salah satu yang diunggulkan. Di Shopee sendiri pertumbuhannya mencapai 30-40%.

Tulisan ini hasil kerjasama antara BNI dengan Digination.Id

Baca juga: Mulai Akhir Maret, Kartu Debit BNI Bisa untuk E-commerce

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

Sentuh Masyarakat Pedesaan, BNI Jalin Kerjasama dengan TrueMoney

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Witami Tunai Mandiri (TrueMoney) bekerja sama meningkatkan jangkauan layanan perbankan kepada masyarakat pedesaan yang selama ini tergolong belum tersentuh secara optimal

Jumat, 15 Desember 2017 | 12:10 WIB

BNI Jadi Tuan Rumah Obor Asian Games 2018

Dalam rangka menyambut ajang olah raga terbesar Asia, PT Bank Negara Indonesia atau yang lebih akrab dipanggil BNI dipercaya untuk menjadi tuan rumah Road Show Torch Relay di beberapa kota, termasuk Yogyakarta, Pianemo, Banda Aceh, dan Jakarta

Jumat, 20 Juli 2018 | 01:55 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB