LogoDIGINATION LOGO

Dengan BNI E-Integrated Port Card, Transaksi di Pelabuhan KTI Kini Dapat Sentuhan Digital

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 17 November 2017 | 07:44 WIB
Share
Sebagai langkah awal dalam mengembangkan transaksi nontunai di pelabuhan-pelabuhan Kawasan Timur Indonesia (KTI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerja sama dengan Pelindo IV menerbitkan kartu khusus yang memiliki fungsi sebagai uang elektronik, yaitu e-Integrated Port Card di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan
Share

Sebagai langkah awal dalam mengembangkan transaksi nontunai di pelabuhan-pelabuhan Kawasan Timur Indonesia (KTI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerja sama dengan Pelindo IV menerbitkan kartu khusus yang memiliki fungsi sebagai uang elektronik, yaitu e-Integrated Port Card di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan.

Kartu yang didukung oleh sistem pembayaran digital BNI TapCash ini akan berfungsi sebagai alat bayar, alat transaksi, dan identitas para pengguna Jasa Kepelabuhanan di lingkungan Pelindo IV antara lain penggunaan di Gerbang Masuk pelabuhan, transaksi di tenant-tenant yang ada di pelabuhan, pembelian tiket transportasi, dan alat identifikasi bagi pengguna truk.

BNI e-Integrated Port Card dapat diisi ulang melalui ATM BNI berlogo TapCash, Kantor Cabang BNI, BNI SMS Banking, Alfamart, dan Electronic Data Capture (EDC) yang disediakan di lingkungan pelabuhan.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Anggoro Eko Cahyo mengatakan bahwa penerbitan kartu tersebut  merupakan bentuk dukungan BNI terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas Bank Indonesia (BI). “Penggunaan Kartu BNI e-Integrated Port ini diharapkan mampu mengurangi antrian saat pembayaran di gerbang masuk ke pelabuhan,” ujarnya.

Ada sekitar 20.000 kendaraan yang keluar masuk gerbang Pelabuhan Makassar setiap harinya, mulai dari truk hingga kendaraan roda dua. Mereka merupakan target pengguna BNI e-Integrated Port Card pada tahap awal. “Penggunaan kartu ini akan membuat transaksi lebih efisien karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian, dan seluruh transaksi dapat terekam dengan baik,” jelas Anggoro.

Kerja sama dengan Pelindo IV ini merupakan kelanjutan kerja sama yang telah dilakukan kedua perusahaan dalam Integrated Billing System, yaitu pengelolaan layanan kapal dan layanan bongkar muat barang dengan satu sistem yang terintegrasi. Ke depannya, BNI berencana memperluas penggunaan BNI e-Integrated Port Card di Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Bitung, dan Pelabuhan Manokwari.

 

Artikel ini merupakan kerja sama BNI dengan Digination.id

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB