LogoDIGINATION LOGO

BNI dan Blanja.com Bersinergi Online-kan UMKM Papua

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 26 September 2017 | 04:30 WIB
Share
Pertumbuhan e-commerce didukung teknologi yang semakin inovatif menjadikan para pelaku bisnis memiliki peluang untuk merambah pasar yang lebih luas
Share

Pertumbuhan e-commerce didukung teknologi yang semakin inovatif menjadikan para pelaku bisnis memiliki peluang untuk merambah pasar yang lebih luas. Namun tidak semua pengusaha Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki akses dan skill untuk mengembangkan usaha mereka di sektor digital.

Berangkat dari kondisi tersebut, Bank Negara Indonesia (BNI) bekerja sama dengan platform e-commerce Blanja.com serta pemerintah daerah mengadakan pelatihan pemasaran online bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Papua.

Pelatihan tersebut telah dilaksanakan selama bulan Agustus hingga September 2017 dan bertujuan sebagai upaya BUMN dalam mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai “The Digital Energy of Asia” dengan melaksanakan pendampingan UMKM di beberapa lokasi di Indonesia.

Blanja.com yang merupakan marketplace hasil kolaborasi Telkom Indonesia dan eBay dipilih untuk mempersiapkan para UMKM binaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Papua untuk memberi pelatihan pemasaran online agar para pelaku UMKM Papua merambah pasar yang lebih luas dengan melakukan pemasaran online di platform marketplace.

Ada tiga kabupaten di Papua yang sudah dijangkau oleh pelatihan pemasaran online dan sudah memasarkan produk mereka secara online di Blanja.com. Keempat kabupaten tersebut adalah diantaranya Kabupaten Biak, Fak Fak, dan terakhir Jayapura. Dari ketiga daerah tersebut, sudah ada kurang lebih 200 UMKM lokal yang siap Go Online. Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia. 

Seperti dikutip dari siaran persnya, Aulia E. Marinto selaku CEO Blanja.com menuturkan bahwa untuk memasuki dunia online, UMKM tidak hanya menyiapkan barang atau produk yang berkualitas, tetapi juga harus memiliki mental yang kuat untuk bisa bersaing sehingga tidak hanya sekedar menjadi seorang penjual online tetapi bisa menjadi pebisnis online. “Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UMKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya,” tambah Aulia.

 

Tulisan ini merupakan kerja sama antara Digination.id dengan BNI

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB