LogoDIGINATION LOGO

Ini Caranya Resolusi Tahun Baru Terwujud

Oleh Ana Fauziyah Kamis, 3 Januari 2019 | 08:30 WIB
Share
Ilustrasi membuat resolusi tahun baru. (Foto: Pixabay)
Share

Apa resolusi kamu di tahun baru 2019 ini? Mungkin kamu ingin mendapatkan promosi dalam pekerjaan, mengumpulkan dana untuk traveling ke luar negeri, mendapatkan bentuk tubuh idaman, atau ingin memiliki gadget terbaru.

Tahun baru memang banyak dijadikan orang sebagai momentum untuk mengawali semua hal yang baru dan menyusun banyak harapan. Sehingga banyak yang menjadikan momen tahun baru untuk mencanangkan resolusi yang harus dicapai selama setahun ke depan.

Tapi kamu tidak bahwa menurut statistik ternyata sangat sedikit sekali orang yang berhasil mewujudkan resolusi tahun mereka. Wah masa iya sih?

Menurut penelitian yang dilaporkan oleh Forbes, kurang dari 25% orang yang mencanangkan resolusi gagal mewujudkannya hanya dalam 30 hari saja. Ini artinya baru di bulan pertama saja, mereka sudah menyerah dan tidak melanjutkan rencana dan resolusi awal tahun baru mereka. Penelitian tersebut juga menyebut bahwa hanya 8% saja yang menyelesaikannya.

Duh, kamu tidak ingin menjadi bagian dari statistik tersebut kan? Jangan sampai harapan dan keinginan kamu yang mengebu-gebu di awal tahun tiba-tiba gembos hanya dalam hitungan hari, lalu gatot alias gagal total di akhir 2019 nanti.

Yup, sebagai salah satu upaya agar resolusi tahun baru kamu bisa berjalan dengan lancar dan sukses, cobalah mengikuti cara-cara berikut ini, seperti disarikan Digination.ID dari Entrepreneur, Rabu (1/1).

Baca juga: 2019 Ganti Kantor, Biar Makin Produktif

Ilustrasi resolusi. (Foto: Pexels)

Rencanakan Proses, Bukan Tujuan

Misalnya kamu memasuki tahun baru dengan tujuan menurunkan berat badan atau mendapatkan lebih banyak uang. Tetapi untuk mewujudkannya tidak bisa hanya terjadi dalam semalam seperti halnya kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Semua cita-cita dan tujuan membutuhkan kerja keras dan latihan berbulan-bulan.

Misalnya jika kamu ingin menurunkan berat badan, rencanakan bagaimana proses untuk mencapainya. Tentukan berapa hari atau bahkan bulan yang akan dibutuhkan? Berapa banyak sesi yang diperlukan untuk mencapainya? Makanan apa yang akan kamu hindari? Perlu kamu ingat bahwa mencapai tujuan merupakan omong kosong tanpa melalui proses yang panjang dan mungkin juga melelahkan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Sebelum 2019

Buatlah Resolusi yang Spesifik

Agar tujuan atau resolusi menjadi kenyataan, kamu harus spesifik. Misalnya jika kamu ingin menambah penghasilan bisnis online kamu, cari tahu trik pemasaran apa yang lebih efektif. Lakukan pemasaran dengan tepat termasuk bagaimana cara memperbaiki performa tokomu. Tentukan juga berapa tambahan income yang kamu inginkan selama per bulannya. Ingatlah Bill Gates tidak membangun Microsoft tanpa sepesifikasi yang jelas mengenai apa yang dia inginkan untuk dicapai perusahaan.

Serius Berkomitmen

Seperti yang sudah diuraikan di atas, bahwa hanya 25% orang yang terus berkomitmen dalam mencapai reolusi mereka. Komitmen merupakan masalah terbesar banyak orang karena tidak banyak orang yang memiliki persistensi alias bandel untuk terus melakukan apa yang diperlukan agar tujuannya tercapai.

So, kamu perlu membuktikan bahwa kamu tidak pantang menyerah dalam mencapai tujuan. Jangan kendurkan semangat dan teruslah melalui prosesnya. Ingatlah bahwa hasil tidak pernah mengkhianati proses.

Jadi, apa resolusi 2019 kamu?

Baca juga:  Wishlist Para CEO Tahun 2019, Apa Ya?

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Forbes
TAGS
RECOMMENDATION

Sst... Ini Dia Tren Artificial Intelligence Tahun 2019!

Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak dapat dibendung lagi. Teknologipun berhasil masuk ke dalam segala bidang kehidupan manusia termasuk dunia bisnis. Lalu bagaimana tren AI pada tahun 2019?

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:15 WIB
LATEST ARTICLE

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB