Ini Dia, 10 Tools Terbaik Instagram 2019

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Selasa, 27 November 2018 | 11:15 WIB
Share
Ilustrasi Instagram Tools (shutterstock)
Share

Pengguna aktif Instagram terus mengalami pertumbuhan. Menurut data Statista, pengguna aktif bulanan atau monthly active user (MAU) Instagram menembus 1 miliar per Juni 2018. Aktivitas likes foto, berbagi stories, dan memiliki followers baru setiap harinya telah mengubah platform ini menjadi salah satu aplikasi pemenuh kebutuhan sosial hingga bisnis di dunia maya. Tak jarang, para marketers, influencers dan pemilik merek berlomba-lomba memanfaatkan aplikasi berbagi foto ini untuk mempromosikan produknya.

Untuk memaksimalkan kerja Instagram sebagai lahan subur promosi produk dan berbisnis, berikut beberapa tools tambahan yang bisa digunakan tahun 2019 mendatang.

Baca juga: Weits, Instagram Lagi Bersih-bersih, Lho!

1. Social Gone Viral

Hanya mengandalkan pertumbuhan organik aja, terus kapan viralnya? Itu sebabnya Social Gone Viral hadir. Tools ini merupakan platform pengembang pertumbuhan organik yang menggunakan algoritma marketing bertarget untuk membantu penggunanya mendapatkan followers, komentar, likes, sponsor dengan mudah. Dengan kata lain, tools ini dapat membantu post Instagram menjadi trending dalam waktu yang singkat.

2. Magic Social

Kamu pernah penasaran, kira-kira di akun Instagram kompetitor trafficnya seperti apa, ya? Tenang, ada tools bernama Magic Social yang memungkinkan untuk melihat dan melacak aktivitas profil lain di Instagram. Tools ini memberikan layanan seperti benchmarking, perbandingan dan matrik engagement untuk mempermudah. Jika sudah tahu bagaimana traffic dan profilnya, sekarang kamu bisa membangun audience yang berbeda dengan kompetitor.

3. Rocket Social

Foto merupakan aset penting di Instagram. Karenanya penting untuk mendapatkan likes dan followes yang terus terlibat dalam setiap posting-an. Rocket Social memberikan layanan otomatisasi likes dan followers yang dapat membantu meningkatkan engagement pada setiap foto yang kamu post di Instagram. 

Baca juga: Yuk, Pikat Kids Zaman Now Lewat Instagram!

Ilustrasi Instagram Tools (shutterstock)
4. Iconosquare

Penasaran kenapa sebuah video bisa viral di Instagram? Yap! Kamu bisa mencari jawabannya menggunakan tools ini. Iconosquare adalah platform analitik dan manejemen media sosial yang memungkinkan penggunanya mendapatkan informasi detail tentang followers, engagement, hashtag dan metrik profil instagram lain. Karenanya tools ini dapat membantumu memahami mengapa suatu hal bisa menjadi viral di Instagram.

5. Unfold

Siapa yang tidak mau terlihat estetik di Instagram. Media sosial berbagi foto ini seolah-olah menjadi ajang pamer teknik edit video atau gambar baik melalui post atau stories. Khusus untuk instagram stories, kamu dapat memanfaatkan tools ini untuk membuat storiesmu menarik perhatian. Unfold menjadi tempat membuat video instastories yang mudah tapi juga kece dan terlihat profesional dalam satu aplikasi.

6. SocialRank

Percuma jika punya followers banyak tapi ketika posting foto hanya sedikit yang memberikan likes? Nyatanya sukses di Instagram tidak hanya diukur melalui jumlah followers tapi juga bagaimana meng-engage audiensnya. Inilah domain SocialRankTools ini menghadirkan pendekatan unik dalam menganalisis demografi followers dengan memberikan layanan yang mampu mengidentifikasi followers dan engagement yang didapat secara detail. Tools ini adalah cara terbaik untuk membantumu mensegmentasi dan menargetkan audiens di Instagram.

7. Magisto

Tidak hanya foto, video juga menjadi aset penting di Instagram. Seperti layanan yang diberikan Unfold, Magisto juga merupakan platform edit video. Bedanya, Magisto menggunakan teknologi AI untuk memberikan hasil video terbaik. Dalam hitungan menit, tools ini dapat membuat video keren dan berkualitas.

Baca juga:Bidik Market Global Lewat Instagram

Ilustrasi Instagram Tools (shutterstock)
8. Have2HaveIt

Apakah kamu sedang memanfaatkan Instagram sebagai tempat mempromosikan produk? Jika, ya, kamu bisa coba menggunakan tools Have2HaveIt. 

Have2HaveIt membantu menyediakan tautan yang mengarahkan pengguna langsung ke situs web eCommerce yang bersangkutan. Jadi ketika kamu mengklik gambar, maka akan ada hyperlink ke halaman website untuk mempermudah pembelian produk secara langsung. Jadi tidak susah repot-repot lagi keluar dari Instagram dan mencari di aplikasi eCommerce, dengan sekali klik produk bisa langsung dibeli.

9. Sendible

Jika kamu seorang influencer yang harus memposting foto atau video secara regular tapi di lain sisi juga ingin menikmati liburan akhir tahun tanpa terganggu, kamu bisa coba Sendible.

Sendible merupakan tools manajemen media sosial dengan fitur lengkap seperti penjadwalan posting, membalas komentar dan memberikan laporan analitik secara otomatis.

10. Boomerang

Siapa yang belum pernah menggunakan Boomerang? Hampir semua orang pernah menikmati tools yang dikembangkan dan dibuat Instagram ini. Bahkan hanya untuk membagikan keindahan air terjun atau membagikan sensasi menuang kopi saja.

Boomerang adalah tools pembuat video pendek layaknya GIF yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun dengan mudah. Karenanya tools ini merupakan tools terpopuler dari 10 daftar di atas. Mengikuti pertumbuhannya yang signifikan, Instagram memliliki banyak tools yang dapat digunakan untuk memaksimalkan fungsinya.

Dari 10 daftar tools di atas, mana yang cocok untukmu? 

Baca juga: Belum Menarik? Coba Posting Instagram Dengan Cara Ini

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Statista, Social Media Today
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB