LogoDIGINATION LOGO

Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!

Oleh Alfhatin Pratama Selasa, 11 Desember 2018 | 11:15 WIB
Share
Ilustrasi seorang yang introvert (shutterstock)
Share

Memperluas jaringan bisnis di era digital terlihat tidak terlalu sulit karena akses teknologi yang dapat menghubungkan satu orang dengan lainnya, dapat ditemukan di sekitar kita. Tetapi, bukan berarti setiap orang menjalankannya tanpa hambatan. Jangan sampai memandang hal ini sebelah mata, ya!

Beberapa hambatan yang dihadapi dapat berupa ketakutan bertemu dengan orang asing dan tidak bisa meminimalisir ketakutan itu dengan cepat. Jika hambatan bisa teratasi, bertemu dengan orang asing seperti itu dapat menjadi salah satu jalur menuju pengembangan karir dan perluasan bisnis.

Berikut tips untuk mengatasi hambatan dalam perluasan jaringan bisnis yang dirangkum Digination.id!

Baca juga: Jangan Khianati Kepercayaan Konsumen, Simak Tips Ini!

Keluar dong dari zona nyaman..

Untuk memperluas jaringan sangat tidak disarankan memosisikan diri sebagai seorang yang tidak perlu bantuan orang lain. Dalam situasi sulit, ketika menyendiri di tengah pulau tanpa penghuni sekali pun, bantuan dari orang lain sangat dibutuhkan karena memang setiap orang tidak bisa hidup sendirian.

Tak ada salahnya memosisikan diri sebagai seorang yang mencari bantuan karena merasa saling membutuhkan satu sama lain. Keluarlah dari zona nyaman. Dengan demikian, perluasan jaringan bisnis bukan merupakan mimpi semata.

Ilustrasi mengurung diri (shutterstock)
Kok muncul pas butuh aja?

Banyak berbagai media sosial, seperti twitter, facebook, instagram, dan whatsapp di era digital seperti sekarang tidak hanya dijadikan sebagai media untuk menjalin pertemanan tapi juga bisnis. Bahkan berbagai platform diciptakan untuk keperluan bisnis dan dunia kerja, seperti linkedin dan kalibrr. 

Dari berbagai media sosial atau pun platform yang dimiliki, pasti tidak semua menjadi teman dekat. Tetapi, tidak ada salahnya untuk tetap menjaga pertemanan itu. Cobalah sesekali menanyakan kabar dan "small talks" atau pembicaraan yang sebenarnya tidak memiliki tujuan yang jelas. Perlu juga diketahui bahwa tidak sedikit orang yang ingin menjalin hubungan dengan orang yang muncul ketika ada perlunya saja, lho!

Bisa dibayangkan, kan, luasnya jaringan jika sudah bolak-balik pindah kerja dan ingin membuat bisnis sendiri, lalu kamu memiliki banyak kontak orang-orang 'penting'? Siapa tahu, salah satu dari mereka dapat menjadi rekan bisnismu, kan?

Baca juga: Media Sosial Ciptakan 3 Tren Komunikasi Masa Depan

Ilustrasi small talks (shutterstock)
Kan ada internet?

Teknologi yang memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi harus dimanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis, bagaimana pun caranya. Jangan sampai masalah ketidaktepatan waktu dengan klien menjadi hambatan yang harus selalu dihadapi. "Sekarang, kan, ada internet!", seperti itu lah kira-kira bagaimana setiap orang mencoba mempermudah komunikasi dengan berbagai fasilitas yang ada di internet.

Selain itu, rasa takut bertemu orang asing 'empat mata' dapat diminimalisir ketika klien memutuskan atau sepakat untuk melakukan meeting online. Tetapi, jangan biarkan kemudahan berkomunikasi dengan berbagai media sosial malah mengganggu orang-orang yang potensial menjadi rekan dalam perluasan bisnis ke depan. Ibaratkan bertetangga satu sama lain, jadilah tetangga yang baik!

Siap perluas jaringan bisnismu?

Baca juga:Hoax dan Lompatan Internet Orang Indonesia

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Lifehacker
TAGS
RECOMMENDATION

Salah Cari Partner Bisnis? Awas Bubar di Tengah Jalan

"Partner harus sangat tahu ide dan visi kamu itu seperti apa. Karena banyak kejadian saat partner dapat salah visi, salah komunikasi di tengah jalan, bubar," kata Christian Sugiono.

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 08:50 WIB

Kolaborasi Untuk Menang? Harus!

Mencari partner dalam berbisnis merupakan hal penting. Baik partner dalam pengertian sebagai Co-Founder-mu atau sebagai bisnis lain yang bekerjasama dan berkolaborasi (partnership) dengan bisnismu.

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 16:00 WIB
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB