LogoDIGINATION LOGO

Jangan Khianati Kepercayaan Konsumen, Simak Tips Ini!

Oleh Desy Yuliastuti Jumat, 16 November 2018 | 08:15 WIB
Share
Ilustrasi bisnis online (Shutterstock)
Share

Dalam membangun bisnis online, kepercayaan konsumen memegang peranan penting. Mengapa? Banyaknya penipuan online (scam) di internet membuat kita harus lebih hati-hati berbelanja. Apalagi jika bisnis online atau online shop-nya masih terbilang baru, tentu semakin banyak pertimbangan dari calon customer.

Yap! Membangun kepercayaan tidaklah mudah. Apabila pembeli percaya mestinya penjualan akan semakin mudah. Sebaliknya, kepercayaan bisa hilang dalam sekejap karena ketidakpuasan dan mereka akan berpikir ulang untuk bertransaksi. Mutlak kepercayaan menjadi penentu mati hidupnya bisnis online.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan kepercayaan? Jujur menjadi salah satu dari sekian banyak cara untuk mendapatkannya. Contoh sederhana, owner harus jujur mengungkapkan kualitas barang atau brand yang dijual karena memang itu yang diharapkan. Berikut beberapa tips yang dirangkum dari buku “Keamanan Siber untuk E-Commerce” terbitan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bisa dipraktikkan.

Baca juga: Sudah Pakai WhatsApp Business Untuk Toko Onlinemu?

Transparan

Untuk mendapatkan kredibilitas, bersikaplah transparan kepada konsumen tentang produk yang ditawarkan, termasuk tentang kebijakan pembatalan atau pengembalian barang. Semua informasi ini harus mudah ditemukan, dan seharusnya tidak membuat konsumen kaget. Deskripsikan dengan jelas hal-hal yang perlu diketahui mereka.

Jadilah penjual yang responsif

Jika konsumen memiliki masalah dengan produk atau layanan yang ditawarkan, segera selesaikan, jangan menunda-nunda. Tidak harus jadi yang paling sempurna dalam berbisnis agar bisa sukes, tapi harus jujur dan responsif. Apabila ada masalah dan pembeli tidak bisa menemukan cara bagaimana menghubungimu, jangan harap akan mendapat kepercayaan mereka lagi.

Baca juga: 3 Tipe Pembeli yang Bikin Geregetan Online Shop. Kamu Termasuk yang Mana

Ilustrasi kepercayaan (Shutterstock)
Tunjukkan testimoni

Testimoni atau ulasan online memberikan pengaruh besar karena dari sanalah pelanggan lainnya bisa tahu seberapa baik reputasimu. Testimoni jelas bisa berdampak positif untuk kemajuan bisnis dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Namun, ingat jangan melakukan kecurangan dengan membuat testimoni palsu.

Rating itu penting

Rating atau penilaian dapat membantu membangun kredibilitas. Ini membuktikan bahwa tokomu telah diuji orang lain sesuai standar. Semakin tinggi rating (tanda bintang) maka tingkat kepercayaan konsumen juga makin tinggi. Testimoni juga bisa di-posting di media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Trik lain nih, khusus konsumen loyal atau dengan pembelian jumlah tertentu bisa diberikan bonus agar mereka semakin puas dan terus loyal.

Detail kontak yang jelas

Untuk mendapat kepercayaan, tips lain yang perlu dilakukan adalah memasang detail kontak yang jelas, seperti nama, nomor telepon, atau nomor rekening yang digunakan untuk transaksi. Sebisa mungkin jangan bergonti-ganti nomor telepon karena akan membuat konsumen bingung. Beritahukan juga daerah asal dan perkiraan lama waktu pengiriman barang.

Yap! Itulah 5 tips yang bisa menyulap bisnis online menjadi terpercaya. Coba, yuk! Siapa tahu kamu berpeluang sukses dan menghasilkan omzet besar.

Baca juga: 6 Pertanyaan Tentang Halaman About untuk E-Commerce

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Kominfo
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB