LogoDIGINATION LOGO

Gunakan 6 Aplikasi ini untuk Amal dan Membayar Zakat Via Online

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 20 April 2021 | 11:21 WIB
Share
Share

Menjadi Ramadan kedua diselimuti Pandemi COVID-19, aplikasi dompet digital hingga e-commerce ternama di Indonesia membuka program donasi dan membayar zakat untuk memudahkan masyarakat membayar zakat dan beramal dari rumah.

Membayar zakat merupakan salah satu kewajiban umat Islam, khususnya pada bulan suci Ramadan. Berbuat kebaikan seperti beramal juga menjadi tambahan pahala bagi setiap muslim.

Mengoptimalkan keberadaan teknologi, berdonasi dan membayar Zakat dapat dengan mudah di lakukan hanya dengan sekali klik menggunakan smartphone. Masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk berbuat kebaikan.

Berikut beberapa aplikasi dompet digital hingga e-commerce yang dapat kamu gunakan untuk berdonasi dan membayar zakat.

1. Shopee

Shopee Indonesia menginisiasi gerakan Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee, melalui kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang berlangsung dari tanggal 7 April - 5 Mei 2021, kamu bisa mudah berdonasi dan mengambil peran dalam membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Shopee mengajak penggunanya untuk dapat berbelanja sambil beribadah selama bulan Ramadan. Shopee juga memberi beragam pilihan untuk pembayaran zakat maupun berdonasi bagi mustahik, pelaku UMKM, hingga korban bencana alam yang baru saja terjadi di Indonesia.

Baca juga : 5 Rekomendasi Game Multiplayer untuk Teman Ngabuburit

2. Bukalapak

Mempersembahkan program bertajuk Baik Bareng Bukalapak, eCommerce buatan anak bangsa ini yang bertujuan mengoptimalkan keberadaan teknologi untuk semakin mempermudah kamu berbuat kebaikan pada sesama.

Rangkaian inisiatif ini terdiri dari fitur-fitur yang inovatif, kegiatan sosial, hingga program edukasi seputar hal-hal terkait keagamaan dan ibadah melalui BukaLive.

Sebagai pembuka dari rangkaian program Baik Bareng Bukalapak, pengguna dapat membayar Zakat Fitrah melalui fitur Buka Zakat mulai 13 April 2021. Selain berzakat, kamu juga dapat menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu sesama melalui BukaDonasi. Pembayaran Zakat dan donasi bisa dilakukan lewat berbagai macam metode, mulai dari transfer bank, BukaDompet, hingga pembayaran di Indomaret, Alfamart dan Pos Indonesia.

3. Tokopedia

Dengan adanya fitur zakat online dari Tokopedia Salam. Kini, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang lebih sempurna untuk menunaikan rukun islam.

Tokopedia bekerja sama dengan 11 lembaga amil zakat ternama di Indonesia. Menjamin semua zakat yang telah kamu keluarkan lebih amanah, aman terpercaya dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang sesuai dengan syariat islam.

Di Tokopedia Salam, kamu juga dapat melakukan donasi lewat fitur Kotak Amal Tokopedia. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan nominal yang diinginkan kemudian top up saldo melalui ovo atau kartu kredit.

Melalui Tokopedia Salam kamu juga dapat membaca Al Quran online, membeli perlengkapan ibadah, investasi reksadana syariah dan mengetahui Jadwal Sholat Hari Ini.

4. DANA

Guna mendukung aktivitas selama Ramadan, DANA juga menggelar program “Ramadan Praktis Pakai DANA” yang menghadirkan penawaran-penawaran menarik serta hadiah senilai total Rp 150 juta. DANA memberikan sejumlah penawaran menarik selama periode 13 April – 9 Mei 2021. Ada Voucher Si Doyan Belanja, Voucher Jagoan Nge-Game, Voucher SI Paling Update, dan Voucher Juragan Berkah.

Ramadan yang identik dengan membantu sesama juga difasilitasi oleh DANA dengan mengajak pengguna berdonasi dan berzakat. Untuk donasi misalnya, DANA dan Kitabisa.com menghadirkan tiga cerita berbeda yang akan diangkat di setiap minggunya agar para pengguna dapat mengulurkan bantuannya melalui dompet digital DANA.

Lalu, untuk melengkapi ibadah puasa pengguna, tak lupa juga DANA menyediakan pembayaran zakat fitrah lewat Dompet Dhuafa.

Baca juga : 4 Aplikasi Penunjang Ibadah di Bulan Ramadan

5. LinkAja

LinkAja sebagai salah satu penyalur donasi di Infak.id ikut berpartisipasi atas tersalurkannya dona infak dan sedekah masyarakat secara cepat, aman dan mudah.

Selain menjadi penyalur donasi di Infak.id , Layanan Syariah LinkAja juga bisa digunakan di ekosistem khusus Syariah yang mencakup masjid, pusat kuliner halal, wisata halal, lembaga amil zakat, pasar syariah,  modern retail lokal, rumah sakit Islam, bank syariah, pesantren, sekolah Islam, dan juga universitas Islam. 

Untuk bayar zakat online kamu bisa memanfaatkan Layanan LinkAja Syariah. Fasilitas ini merupakan layanan berbasis syariah dari LinkAja yang berupa dompet digital di mana salah satunya berisi program Zakat dan Sedekah dengan bermitra bersama beberapa lembaga pengelola seperti BAZNAS DKI, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa.

6. Kitabisa.com

Terakhir, kitabisa.com. Sudah tidak diragukan lagi jika aplikasi ini telah banyak membantu orang yang membutuhkan seperti masyarakat yang terdampak bencana dan orang yang membutuhkan biaya pengobatan.

Aplikasi Kitabisa.com memiliki beragam fitur yang akan memudahkan berdonasi, bersedakah dan membayar zakat secara online. Bahkan mengajak penggunanya membayar zakat dan donasi secara rutin dengan minimal Rp.1000,-

Kamu tidak perlu ragu berdonasi di aplikasi ini, karena setiap donasi yang disalurkan memiliki laporan yang akan dikirim ke e-mail mu.

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB