LogoDIGINATION LOGO

4 Aplikasi Penunjang Ibadah di Bulan Ramadan

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 16 April 2021 | 05:56 WIB
Share
Share

Bulan Ramadan, merupakan bulan yang penuh berkah. Para ulama mengungkap siapa yang menambah ilmu agama dan berbuat kebaikan di bulan suci ramadan akan mendapat pahala berkali-kali lipat.

Nah, di era modern ini kamu tidak perlu pusing mencari pahala. Melalui kecanggihan teknologi, kamu bisa berbuat kebaikan dengan aplikasi smartphone.

Tapi ingat, pahala lahir dari rasa ikhlas. Jika kamu mendownload aplikasi, lalu berharap do’a dan rezeki mu langsung di jabah oleh Allah, namanya bukan ikhlas tapi pamrih. Jadi jangan buat ibadah mu sia-sia ya, belajar ikhlas lah dengan kecanggihan teknologi.

Nah, untuk menunjang ibadah mu di bulan puasa, berikut 4 aplikasi yang patut kamu download.

1. Kitabisa.com

Seperti yang kita tahu, Kitabisa.com adalah situs penggalangan dana serta donasi secara online. Jika kita download aplikasi tersebut kita bisa melihat berbagai macam penggalangan dana yang bisa kita amalkan kapan saja dan dimana saja. Ada 4 fitur utama yaitu Donasi, Zakat, Saling Jaga dan Galang Dana. Keempat fitur ini bisa menjadi media kamu untuk berbuat kebaikan di bulan ramadan.

Baca juga : Program ‘Baik Bareng Bukalapak’ Ajak Pengguna Beramal dan Bayar Zakat dari Rumah

2. Muslim Pro – Ramadhan 2021

Aplikasi ini bisa dibilang cukup lengkap, terdapat banyak fitur seperti pengatur waktu shalat, pengingat adzan, dan Al-Qur'an dengan terjemahan, audio, dan fonetik, hingga tasbih digital untuk menghitung dzikir, jadi kamu tidak perlu khawatir lupa dengan waktu shalat, serta membaca al-Qur’an dan tasbih dengan mudah.

Selain itu masih ada fitur lain yaitu penunjuk arah kiblat, kalender Hijriah, hingga pengingat waktu berpuasa selama bulan Ramadhan. Dalam aplikasi Muslim Pro, pengguna juga dapat memanfaatkan peta yang tersedia untuk menemukan rumah makan halal dan masjid terdekat.

3. Umma - Ramadan 2021

Sama dengan Muslim Pro, Umma menyediakan fitur penunjang ibadah seperti AL Quran Digital, informasi Ramadhan, jadwal sholat, notifikasi Adzan & alarm adzan, penunjuk arah Kiblat berbasis GPS & kompas kiblat, doa harian, serta kalender, berita dan konten-konten Islami untuk komunitas Muslim & Pro Muslim.

Tapi yang membedakan disini di aplikasi Umma kamu bisa berdiskusi langsung dengan komunitas muslim dengan fitur live. Kamu juga bisa mendengarkan podcast islami melalui uVoice. Bahkan kamu juga bisa menjadi bagian muslim content creator untuk memaksimal eksposur dan menciptakan jumlah followers melalui fitur Social Media di aplikasi Umma.

Baca juga : Meriahkan Puasa dari Rumah, ShopeePay Hadirkan Cashback Hingga 100%

4. Takwa – Al-Qur’an, Jadwal Sholat & Tanya Ustadz

Selain terdapat menu yang kamu dapat akses, mulai dari waktu sholat, kiblat, masjid, Al Qur'an hingga bacaan Do’a sehari-hari, aplikasi ini menawarkan menambah ilmu seputar kehidupan sehari-hari yang ditinjau dari perspektif syariat Islam. Menariknya, pada aplikasi ini kamu dapat menambah wawasan dari ustad-ustad di Indonesia seperti Ada Quraish Shihab, Abdul Somad, Yusuf Mansur, Adi Hidayat dan lainnya, dari konten kajian mereka dan bisa bertanya melalui fitur Tanya Jawab Ustad.

Itu dia 4 aplikasi penunjang ibadah di bulan Ramadan. Udah berbuat kebaikan apa di hari ke 3 puasa ramadan ini? share ya!

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB