LogoDIGINATION LOGO

Mau Mulai Investasi Cryptocurrency Tapi Masih Bingung? Nih, 5 Tips Caranya!

author Oleh Alfhatin Pratama Senin, 29 Juli 2019 | 10:14 WIB
Share
Ilustrasi koin digital aset (shutterstock)
Share

Menabung memang penting untuk mempersiapkan masa depan. Tapi, alangkah lebih pentingnya untuk mempersiapkan masa depan dengan berinvestasi. Di era saat ini, cryptocurrency atau aset kripto alias aset digital makin dilirik generasi milenial dan generasi Z untuk berinvestasi.

Aset digital jadi pilihan investasi yang menguntungkan karena melihat harganya yang cukup melonjak dari tahun ke tahun seiring dikenalnya hal ini di masyarakat.

Jumat (26/7), Digination.id mewawancarai Duwi Sudarto Putra, Founder dan CEO digitalexchange.id melalui WhatsApp. Dalam platform ini pengguna dapat melakukan pertukaran aset digital Indonesia dengan fitur eksekusi perdagangan cepat, dompet digital, dan transparan. Tak hanya itu, platform yang berbasis di Jakarta ini juga memiliki keamanan tingkat lanjut yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan keamanan siber terbaik.

"Aset digital bisa dikatakan sama seperti emas dan perak karena untuk memilikinya kita dapat menambangnya. Perbedaannya menambang dengan cara digital, yaitu memecahkan sebuah algoritma dengan menggunakan komputer dengan spek yang tinggi," ujar Duwi.

Baca juga: Daripada Cuma Menabung, Mendingan Berinvestasi! Kuy...

Duwi Sudarto Putra, Founder & CEO digitalexchange.id | Dokumen pribadi
Di Indonesia, lanjut Duwi, potensi aset digital sangat besar dan berdampak positif dengan adanya edukasi tentang blockchain dan digital aset ke masyarakat luas. Karenanya semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk terlibat, baik dalam hal teknologi atau pun investasi.

Walaupun belum disahkan menjadi alat tukar, aset digital diakui sebagai komoditas di inondesia. "Aset digital di indonesia sudah didukung oleh pemerintah melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPETI) di Bawah Kementerian Perdagangan. Karenanya, masyarakat tak perlu takut mencoba," ungkap laki-laki lulusan Universitas Gunadarma itu.

Selanjutnya, Duwi memberikan lima tips untuk memulai investasi aset digital bagi para pemula. Apa aja, sih?

1. Belajar sebelum memulai

Pelajari terlebih dahulu aset digital apa yang akan diinvestasi. Pelajari dari kerangka kerjanya, apakah yang dijanjikan dapat diimplementasikan dalam real sector misalnya sebagai media pembayaran, smart contract, smart token, dan masih banyak lagi. 

2. Lihat volume transaksi

Untuk melihat volume transaksi dapat dilakukan, contohnya melalui situs Coin Market Cap. Pelajari bagaiamana keadaan koin tersebut dalam 24 jam, 3 minggu, 3 bulan, atau 1 tahun ke belakang. Hal ini berguna untuk menyesuaikan dengan harga saat ingin membeli.

Baca juga: Bangga, Indonesia Salah Satu yang Terbaik untuk Investasi

Ilustrasi digital aset (shutterstock)
3. Jangan tertinggal berita terbaru

Sebelum mulai membeli aset digital, pastikan mengetahui berita terbaru yang sedang berkembang melalui situs berita. Bisa juga lihat referensi berita lainnya di media sosial. Platform digitalexchange.id pun juga memiliki media sosial yang bisa dijadikan referensi berita terbaru tentang aset digital.

4. Melihat peluang selisih harga 

Melihat peluang selisih harga dari berbagai exchange yang ada sangatlah penting untuk menentukan berapa banyak profit yang ingin didapatkan. Uniknya, platform digitalexchange.id menawarkan fitur premium untuk membandingkan selisih harga dari masing-masing exchange.

5. Pahami risiko investasi

Jangan lupa selalu mengelola risiko investasi yang akan diambil karena melakukan investasi aset digital adalah aktivitas yang memiliki risiko cukup tinggi.

Nah, mulai kapan mau mulai investasi aset digital? Platform digitalexchange.id bisa jadi salah satu tempatmu untuk memulai investasi, lho

Baca juga: Bitcoin, Karakteristik dan Masa Depannya

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

Cryptocurrency Masih Belum Jadi Solusi?

Membawa banyak kelebihan dibandingkan dengan mata uang tradisional, cryptocurrrency masih menyimpan satu permasalahan besar di dalamnya

Selasa, 15 Mei 2018 | 02:50 WIB

Cryptocurrency Untuk Bayar Pajak, Emang Bisa?

Ketika pertama kali muncul, cryptocurrency dianggap sebagai sebuah disrupsi yang besar. Tapi, sekarang sudah berbeda, cryptocurrency digunakan untuk membayar pajak di Ohio, Amerika Serikat.

Kamis, 29 November 2018 | 08:15 WIB
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB