LogoDIGINATION LOGO

Bangga, Indonesia Salah Satu yang Terbaik untuk Investasi

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Minggu, 18 November 2018 | 09:30 WIB
Share
Ilustrasi nagara terbaik untuk investasi (shutterstcok)
Share

Didasarkan dari laporan World Bank Group, U.S News merilis negara-negara terbaik tujuan investasi 2018. Dalam menyusun daftar ini, U.S News membuat survei pada lebih dari 21.000 orang di seluruh dunia tentang 80 negara berbeda. Survei dilakukan menggunakan 65 atribut dengan fokus mengukur posisi peluang investasi terbaik tahun ini. 

Dari 65 atribut tersebut, US. News fokus pada delapan aspek yaitu kewirausahaan, kestabilan ekonomi, pajak, inovasi, tenaga kerja, kecakapan teknologi, dinamisme dan tingkat korupsi. Respon dari lebih dari 6.000 peserta survei yang merupakan pembuat keputusan bisnis memiliki peran sebagai penentu peringkat.  

Mengutip dari Business Insider, berikut adalah lima negara terbaik untuk investasi di dunia pada tahun 2018.

Baca juga: 4 Pelajaran dari Negara Paling Digital

5. Singapura

Singapura menempati posisi ke 5 negara terbaik untuk berinvestasi. Walaupun wilayah negaranya sempit, namun negara ini  dikenal sebagai "sarang intektual", karena hampir seluruh penduduknya berpendidikan tinggi. Pemerintah pun mendorong investasi dengan memberikan berbagai insentif kepada perusahaan dan individu yang ingin berinvestasi.

Dengan populasi 5,6 juta penduduk, negara berlambang singa ini mengalami pertumbuhan GDP sebesar 2% atau setara dengan USD 297.0 miliar pada tahun 2016. Walaupun merupakan negara kecil, namun negara ini ideal sebagai ladang investasi bisnis.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Potensi Indonesia Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar Asia 

4. Malaysia

Memiliki tenaga kerja yang terampil dan pemerintah yang pro-bisnis membuat Malaysia menjadi negara yang menarik untuk tujuan investasi selanjutnya. Bahkan pemerintah negara Jiran ini memiliki portal khusus yang dapat membantu investor menikmati insentif yang ditawarkan pemerintah.

Dengan total populasi sebanyak 31,2 juta penduduk, Malaysia berhasil meningkatkan pertumbuhan GDP sebesar 4,2% atau sebesar USD 296,4 miliar pada tahun 2016. 

Baca juga: AllSome Mudahkan Pengiriman Produk E-commerce Antarnegara

Ilustrasi mencari negara untuk berinvestasi (shutterstcok)

3. Polandia

Di tengah gejolak ekonomi global, invesor dapat menemukan safe haven di Polandia. Menurut Bank Dunia, Polandia memiliki perekonomian yang cukup stabil hingga cocok untuk berinvestasi. 

Negara yang berada di perbatasan Jeman dan Ceko ini merupakan negara dengan penghasilan terbesar keenam di  Uni Eropa. Dengan GDP sebesar USD 469,5 miliar pada 2016 atau naik 2,9 %. Dengan populasi sebanyak 37,9 juta jiwa, negara ini sangat potensal untuk dijadikan tujuan investasi.

Baca juga: 1.000 Teknopreneur, Strategi Indonesia Jadi Negara Digital

2. Indonesia

Berdasarkan data dari World Investment Report 2017, Indonesia menjadi negara paling menjanjikan untuk berinvestasi di wilayah Asia Tenggara. Kebijakan-kebijakan pro bisnis dan perekonomi yang terus membaik, membuat negara ini menarik untuk dijadikan tujuan investasi.

Negara dengan populasi terbesar nomor enam dunia ini memiliki total GDB sebesar USD 932,3 miliar atau tumbuh sebesar 5% pada tahun 2016. World Bank juga memproyeksikan akan ada kenaikan perkonomian yang stabil di negara ini hingga tahun depan.

Baca: Indonesia Empat Besar Negara Penghasil Startup Terbanyak

1. Filipina

Filipina menempati peringkat teratas negara terbaik untuk  investasi. Dengan total populasi mencapai 103,3 juta penduduk, pada tahun 2016 Filipina mengalami pertumbuhan GDP sebesar 6,9% atau setara dengan USD 304,9 miliar. 

Data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2017, memperkirakan bahwa negara ini akan menerima Foreign Direct Investment atau investasi langsung luar negeri lebih banyak di tahun-tahun mendatang.

Nah, itu tadi daftar negara terbaik untuk tujuan investasi di dunia. Jadi apakah kamu sudah menentukan negara mana yang terbaik untuk investasimu ?

Baca juga: Fasilitasi Turis Cina, Alipay Hadir di 4 Negara ASEAN

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Business Insider, US News
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB