LogoDIGINATION LOGO

Tembakkan Ide Gilamu, Sekarang!

author Oleh Dikdik Taufik Hidayat Rabu, 19 Juni 2019 | 15:00 WIB
Share
ide-ide out of the brain (foto: Shutterstock.com)
Share

Tahu, gak, sih, kamu nggak mesti punya ide yang ajib untuk mulai bisnis online yang unik lho! Kok, bisa? Ide bisnis online itu bejibun dan ada di sekitar kita setiap hari. Kamu bahkan mungkin akan terkejut saat melihat betapa banyak orang akan membayar untuk keterampilan dan minat aneh yang sudah kamu miliki!

Robert Allen membuktikannya dalam artikel yang dia tulis di Growthlab.com. Ada 3 bisnis online unik (dan sudah berhasil tentunya) yang dia bagikan. Inilah mereka (taraaa...)

Ide Bisnis Online #1: I Want to Draw a Cat for You (Saya Ingin Menggambar Kucing untuk Anda!)

salah satu halaman di web I Want to Draw a Cat for You (diambil dari Growthlab.com)
Tentang bisnisnya

Nama ini benar-benar menggambarkan bisnis yang ia jalankan. Orang ini, Steve Gadlin, menggambar tangan kucing (gemuk, kecil, memakai topi, menari tap, dll), mempostingnya online, kemudian menjualnya kepada orang-orang di seluruh dunia! (Kereen!).

Katanya ide ini awalnya hanya untuk bersenang-senang. Tapi apa yang dimulainya sebagai hobi, dengan cepat berubah menjadi ladang bisnis dengan pendapatan riil, hampir dalam semalam!

Hasil: Menggambar Kucing = Dibayar

Dia menjual lebih dari 18.794 gambar sederhana ini dalam 5 tahun, sebelum menutup situs untuk memulai bisnis aneh lainnya. Tepat sebelum menutup toko, gambar kucingnya masing-masing dijual seharga USD 29,50. Ternyata, gambar-gambar "konyol" itu menghasilkan pendapatan yang 'cukup serius' dengan penjualan mencapai  ratusan ribu dolar.

Baca juga: Jaring Ide Bisnis Digital, Priceza Sukses Adakan Kompetisi Startup

Dia juga berhasil mendapatkan investasi USD 25 ribu dari miliarder Mark Cuban di "Shark Tank", menggunakan promosi penjualan lagu-dan-tarian ini:

 

Semua itu hanya dari mengambil ide yang berbeda untuk bisnis yang menyenangkan (biasanya hobi, sih) dan melihat apakah ada orang yang akan membayar untuk hal tersebut.

Kesimpulannya

Gunakan keterampilanmu, seaneh apapun itu, untuk memulai bisnis baru!

Ini tes yang menjamin orang membayar idemu

Betapa enaknya hanya duduk-duduk saja, menghasilkan ide, dan membayangkan berapa banyak uang yang akan kita hasilkan. Tapi jika  ingin mewujudkan impian, kamu perlu mengujinya, gaess. Hanya satu tes saja bisa menghemat usaha berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang dilakukan di jalan yang salah.

Inilah cara menguji ide dalam waktu kurang dari 20 menit untuk melihat apakah itu layak dilakukan:

Baca juga: 22 Ide Startup Ini Bakal Curi Perhatian Investor

tembakkan ide gilamu! (foto: Shutterstock.com)
Temukan 1 orang - HANYA SATU! - siapa yang mungkin tertarik dengan idemu

Kamu bisa menjangkau orang ini melalui e-mail atau bertemu mereka langsung. Jika tidak yakin siapa yang tertarik, tanyakan SIAPA SAJA orang terdekat, meskipun itu adalah orang tuamu. Kamu nggak perlu sempurna untuk saat ini.

"Tes" bahasa yang digunakan

"Saya berpikir untuk memulai semacam situs web tentang [sebutkan idemu]. Apa masalah terbesar tentang [ide tersebut]?"

Tuliskan tepat seperti bahasa yang mereka gunakan

Apakah mereka benar-benar berkata, "Saya ingin solusi yang mudah, cepat, dan aman"? Tidak, mereka tidak mungkin melakukannya. TULISKAN APA YANG BENAR-BENAR MEREKA KATAKAN.

"Gue benci penampilan celana jeans ini di kaki gue" adalah respons yang luar biasa. Mengapa? Karena ketika membuat produk/ solusi untuk kebutuhan ini di pasar, selalu pertimbangkan apa yang sebenarnya diinginkan orang. BUKAN apa yang kamu pikir mereka inginkan, tetapi apa yang sebenarnya mereka katakan perlu.

Latihan ini akan membantumu menentukan apa yang akan mereka bayarkan. Siapa tahu, kamu mungkin seorang superstar menggambar anjing? Kamu harus mengujinya untuk mengetahui hal tersebut, ya...

Baca juga: 5 Startup Financial Technology Terbaik yang Ada di Dunia


Ide Bisnis Online #2: Fluent in 3 Months (Lancar dalam 3 Bulan)

salah satu halaman web Fluent in 3 Months (diambil dari Growthlab.com)
Sejarah singkat "peretasan" bahasa

Benny Lewis menghabiskan waktu bertahun-tahun berjuang untuk belajar bahasa kedua, dan itu sangat menyebalkan baginya. Meskipun mengambil kursus bahasa dan mencoba belajar sendiri, sepertinya tidak ada kemajuan yang terjadi.

Pada akhirnya, suatu hari dia datang dengan strategi yang membantunya belajar bahasa Spanyol hanya dalam 6 bulan saja. Awalnya dia mengira itu kebetulan, tetapi kemudian dia melakukan hal yang sama, hanya lebih cepat, dengan bahasa Italia, Prancis, Jerman, Portugis, dan Esperanto, Cina Mandarin, Belanda, dan Irlandia.

Sekarang dia mengajar orang bagaimana melakukan hal yang sama melalui kursus dan bengkel daringnya!

Baca juga: 5 Fakta E-commerce; Bisnis Paling Menguntungkan di Era Ekonomi Digital

Hasil: dunia yang sama sekali baru dengan peluang baru

Meskipun bukan ahli yang memiliki kredensial, Benny telah menjadi salah satu pemimpin dalam ruang pembelajaran bahasa.

Situs dan sarannya telah ditampilkan di The New York Times, National Geographic, The Four Hour Workweek, Business Insider, dan Forbes. Dia bahkan diundang untuk memberikan ceramah TEDx tentang peretasan bahasa.

Ingat, ia memulainya sebagai seseorang yang bahkan gak bisa berbicara bahasa kedua. Tapi sekarang, dia membangun platform untuk membuat dampak yang luar biasa di seluruh dunia.

Kesimpulan

Kamu gak perlu gelar tinggi atau "kredensial" untuk memulai bisnis online. Kamu hanya perlu memberikan hasil.

Coba pikirkan tentang ini: Jika berada di pasar untuk pelatih pribadi, apakah kamu akan berkeliling dan mengatakan "Saya benar-benar membutuhkan seseorang yang bersertifikat NASM (National Academy of Sport Medicine) dan CPT (Certified Personal Trainer)"? Tentu saja tidak!

Kamu butuh seseorang dengan hasil yang telah terbukti, bukan pakar dengan kredensial sempurna!

Baca juga: Ide Buntu dan Mandeg? Lakukan Ini Biar Selalu Kreatif!


Ide Bisnis Online #3: Pelatihan Karisma dan Keyakinan Diri

salah satu halaman web Felicia Spahr (diambil dari Growthlab.com)
Dari ide yang tidak jelas hingga bisnis online nyata

Felicia memiliki gairah yang besar untuk komunikasi, penjualan, pekerjaan klien, dan menulis, tetapi dia tidak tahu bagaimana menggabungkan hasrat yang "tidak jelas" ini menjadi bisnis yang nyata.

Dia mulai dengan bekerja dengan para wanita dalam keterampilan komunikasi dan menulis mereka, tetapi dengan cepat menyadari bahwa dia memiliki kemampuan untuk melatih. Dia akhirnya mulai mengajarkan keterampilan itu secara online, dan itu ternyata menjadi cara yang sangat baik untuk menghasilkan uang untuknya.

Hasil: menghasilkan lebih banyak uang, sementara bekerja lebih sedikit

Felicia bukan seorang "ahli" di bidangnya, ia hanya mengajarkan keterampilan sosial dan karisma kepada orang-orang dari apa yang ia pelajari selama bertahun-tahun. Tapi dia sekarang menghasilkan hingga USD 10 ribu sebulan dari bisnis online-nya, hanya dengan bekerja 30 jam seminggunya.

Kesimpulan: Kamu sudah pandai dalam sesuatu, hanya perlu menemukan apa itu

Mudah bagi Felicia untuk menyerah karena dia tidak tahu bagaimana mengubah hal-hal yang benar-benar dia nikmati dan hal-hal yang dia pahami menjadi bisnis yang nyata.

Tetapi dia terus menggali untuk menemukan 1) apa yang dia sukai dan 2) untuk apa orang membayarnya. Kamu pun dapat melakukannya juga dengan keterampilan yang dimiliki. 

Jadi, siap dengan ide anehmu, kan?

Baca juga: Punya Ide Gila? Maju Terus Bos!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Business Insider, Growthlab.com, Steve Gadlin's Star Makers, I Want to Draw a Cat for You, Fluent in 3 Months
TAGS
RECOMMENDATION

5 Pertanyaan Untuk Memastikan Ide Bisnis

Ada banyak orang yang muncul membawa sebuah ide bisnis baru, namun tidak mampu membedakan mana ide yang bagus dan mana yang tidak terlalu bagus

Selasa, 12 Juni 2018 | 23:25 WIB
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB