LogoDIGINATION LOGO

Kamu Lagi Cari Ide Bisnis?

Oleh Ana Fauziyah Minggu, 21 Oktober 2018 | 08:15 WIB
Share
ilustrasi mencari ide (Shutterstock)
Share

Hari gini masih jadi mahasiswa kupu-kupu? Kuliah pulang kuliah pulang? Sudah nggak zamannya lagi! Sebagai mahasiswa, kamu dituntut untuk lebih kreatif dan mandiri. Tdak hanya mengandalkan uang saku dari orang tua saja, kamu juga harus kreatif dan jeli melihat peluang bisnis di sekitarmu.

Selain bisa menambah uang saku, berbisnis ketika masih mahasiswa juga bisa dijadikan persiapan untuk menghadapi dunia kerja. Apalagi jika bisnismu sukses dan bisa memberimu penghasilan yang cukup per bulannya, bukan tidak mungkin nanti setelah lulus kamu tidak perlu mencari pekerjaan lagi. Keren, kan?

Nah, bisnis apa yang paling cocok dijalankan mahasiswa? Digination merangkum 7 ide bisnis yang bisa kamu jalankan selama masih jadi anak kuliahan.

Baca juga: Jaring Ide Bisnis Digital, Priceza Sukses Adakan Kompetisi Startup

  1. Bisnis online shop

Peluang usaha yang paling cocok untuk mahasiswa adalah bisnis online shop di mana kamu bisa menjual berbagai macam barang. Kamu bisa membuka toko online-mu di salah satu marketplace yang ada. Belilah barang-barang yang akan kamu jual dari pedagang grosir untuk mendapatkan harga termurah. Jika kamu tidak mempunyai cukup modal, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper.

Menjadi dropshipper merupakan cara jualan paling mudah karena kamu hampir tidak butuh modal untuk menjalaninya, cukup menyediakan pulsa atau paket data. Kamu bisa berkerja sama dengan produsen lalu tinggal mempromosikan produk mereka ke teman-teman atau melalui media sosialmu. Jika ada yang berminat membeli, kamu tinggal meneruskan pesanan tersebut ke produsen dan mereka yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli. Mudah, kan?

ilustrasi menemukan ide (Shutterstock)

  1. Bisnis bimbingan belajar

Peluang bisnis berikutnya untuk mahasiswa adalah bisnis bimbingan belajar, yakni kamu bisa memberikan pelajaran tambahan kepada pelajar SD, SMP, atau SMA dan membantu mereka memperdalam materi pelajaran. Ajaklah teman-temanmu untuk bergabung sehingga mata pelajaran yang bisa dilayani oleh bimbingan belajarmu menjadi lebih beragam. Kamu bisa mengajak teman-teman dari semua jurusan misalnya Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan lain sebagainya.

Buatlah selebaran yang mempromosikan bimbingan belajarmu dan sebarkan ke sekolah-sekolah yang terdekat dengan kampusmu. Bidiklah para siswa yang akan mengikuti ujian nasional atau tes masuk perguruan tinggi karena mereka biasanya butuh pedalaman materi pelajaran. Bisnis ini bisa memberikan kamu dua keuntungan, selain bisa berbagi pengetahuan kamu juga bisa menambah uang saku.

Baca juga: 5 Pertanyaan Untuk Memastikan Ide Bisnis

  1. Bisnis jasa tour dan travel

Bisnis ini cocok untukmu yang hobi bertualang dan berwisata. Banyak orang yang ingin mendapatkan pengalaman berwisata menyenangkan namun kurang waktu untuk riset dan merencanakannya. Kamu bisa mendirikan bisnis jasa tour dan travel yang memfasilitasi mereka untuk berwisata ke obyek wisata dalam negeri maupun luar negeri. Bisnis ini bisa dijalankan dengan mengadakan open trip yang bisa diikuti oleh teman-temanmu atau masyarakat umum yang ingin liburan. Keuntungan menjalankan bisnis ini adalah selain menambah uang saku, kamu juga bisa ikut berlibur. Enak, kan?

  1. Bisnis jasa penerjemahan

Buat yang berkuliah di jurusan bahasa asing, kamu bisa menjual kemampuanmu dengan berbisnis jasa penerjemahan. Bisnis ini sangat cocok digeluti oleh mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda, dan bahasa asing lainnya. Bisnis ini juga sangat mudah karena tidak memerlukan banyak modal, hanya butuh laptop dan smartphone yang tentunya sudah kamu miliki sebagai mahasiswa.

ilustrasi mendapatkan ide bisnis (Shutterstock)

  1. Bisnis jasa desain grafis

Buat kamu yang punya hobi dan kemampuan menggambar, jangan sia-siakan bakat tersebut. Kamu bisa memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkan kemampuanmu membuat logo, desain pamflet, desain banner dan lain sebagainya. Untuk menjalankan bisnis ini kamu dituntut untuk bisa mengoperasikan software dasar untuk desain seperti Photoshop dan Corel Draw.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Membuat Entrepreneur Sukses dalam Bisnis

  1. Bisnis web programmer

Di era digital ini yang apa-apa serba internet, memulai bisnis web programmer tentunya menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan, apalagi jika kamu mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi. Kerahkan kemampuanmu dalam membuat website, monetize blog, atau melakukan SEO alias Search Engine Optimization yang merupakan strategi mengoptimalkan website agar mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian di mesin pencari.

  1. Bisnis jasa fotografi

Peluang bisnis bagi mahasiswa selanjutnya adalah bisnis jasa fotografi, tentunya buat kamu yang punya hobi memotret. Jadikan hobi tersebut tidak hanya ajang senang-senang, melainkan juga sumber penghasilan. Di era di mana semua orang ingin tampil eksis di dunia maya saat ini, foto dan video telah menjadi gaya hidup yang bisa kamu ambil manfaatnya. Banyak orang suka mengabadikan momen-momen penting dalam hidupnya seperti momen wisuda, pre wedding, lamaran, pernikahan, kelahiran anak dan lain-lain. Bisnis jasa fotografi punya potensi besar kalau kamu kembangkan dengan sungguh-sungguh dan serius.

Nah, sudah ada yang bisa kamu ikuti, kan?

Baca juga: Inilah Empat Tips Sukses Berbisnis Start Up

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

6 Alasan Mulai Bisnis Sejak Mahasiswa

Dengan memulai bisnis sejak masih mahasiswa, bukan hanya menambah uang jajan, kamu juga bisa mendapatkan banyak pengalaman positif.

Minggu, 7 Oktober 2018 | 08:25 WIB
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB