LogoDIGINATION LOGO

Libur Segera Tiba! Ini 5 Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Selasa, 20 November 2018 | 16:00 WIB
Share
Ilustrasi liburan (Freepik)
Share

Tak terasa sebentar lagi liburan panjang tiba! Bulan depan tahun 2018 akan berakhir,  berganti ke tahun 2019. Masa liburan panjang Natal dan tahun baru, umumnya orang-orang akan sibuk mempersiapkan rencana liburan atau rencana berkumpul dengan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

Satu lagi, saat tersebut terjadi peningkatan jumlah konsumen yang cukup signifikan, karena banyak orang berbondong-bondong menikmati diskon akhir tahun. Di lain sisi, banyak juga yang memanfaatkan momen ini sebagai kesempatan emas untuk menghasilkan keuntungan.

Jika kamu tidak memiliki rencana untuk pergi kemana-mana saat itu atau malah bingung mengisinya, tak perlu khawatir. Justru ini bisa menjadi peluang bagus untuk mengembangkan bisnis.

Liburan panjang ini bisa dimanfaatkan sebagai titik balik loncatan usahamu, mencoba ide-ide bisnis baru guna memajukan bisnis. Sebagai inspirasi, kamu bisa coba 5 ide bisnis ini agar liburan akhir tahunmu berbeda dan juga menghasilkan...

Baca juga: Mau Kerja Sambil Liburan? Kunjungi 7 Lokasi Ini

1. Bisnis kue kering dan kudapan khas Natal

Musim liburan sering diisi dengan kumpul keluarga untuk berpesta malam tahun baru. Cemilan dan kue-kue kering adalah raja dan ratunya acara. Pie, cookies, gingerbread menjadi kue khas liburan Natal dan tahun baru. Jika hobimu membuat kue, yap! Ini sebuah peluang.

Resep-resep kue yang lezat dan unik sudah banyak tersedia di internet. Kamu hanya perlu mengembangkannya sesuai selera dan mencari bentuk yang unik agar "mencuri" perhatian. Kue-kue kering ini juga tahan lama, jika tidak habis kamu bisa menyimpan dan menjualnya di hari biasa. 

Baca juga: Berkat Online, UMKM Bekasi Tak Perlu Tunggu Liburan

2. Asisten pribadi

Di waktu liburan panjang seperti ini, semua anggota keluarga sibuk mempersiapkan rencana liburan atau rencana pesta tahun baru. Beberapa keluarga membutuhkan bantuan seperti asisten pribadi selama liburan untuk membantu mengawasi anak, membersihkan rumah, dan membungkus hadiah Natal.

Tak hanya keluarga saja yang membutuhkan asisten pribadi, pelaku bisnis pun menggunakan bantuan tambahan ini untuk menggantikan karyawannya yang mengambil cuti selama musim liburan. 

Baca juga: 5 Pelajaran Bisnis dari Sukses Stan Lee dan Marvel

3. Perencana pesta

Musim liburan saatnya untuk berpesta. Banyak keluarga dan perusahaan yang mendekorasi  ruangan sedemikian rupa untuk pesta tahun baru. Bermodal ide dan kreativitas, kamu bisa mengambil peran untuk membantu mendekorasi ruangan dan mengorganisir pesta.  

Agar pesta semakin lengkap dan meriah, kamu bisa membentuk tim atau berkolaborasi dengan katering dan fotografer.

Baca juga: Ini Lho, Tren Content Marketing 2019!

Ilustrasi pesta (Freepik)
4. Katering

Sesaat menjelang tahun baru, banyak sanak saudara yang datang berkunjung dan tentunya saat berkumpul pasti ada makan bersama. Namun, tidak semua orang bisa memasak dalam porsi banyak. Yap! Inilah waktu yang tepat untukmu membuka bisnis katering. 

Bermodal kemahiran memasak dalam porsi massal, kamu bisa menawarkan jasamu. Oh, iya, pastikan juga ada ruang dapur yang cukup guna menyiapkan makanan dalam porsi banyak. 

Untuk promosi, jangan remehkan the power of emak-emak, promosikan kateringmu ke ibu-ibu sekitar dan sediakan selalu sample sehingga calon pelanggan dapat mencicipi masakanmu sewaktu-waktu.

Baca juga: 3 Cara Jitu Liburan Produktif Bagi Enterpreneur

5. Bisnis parcel

Mengirim parcel ke kerabat atau kolega terdekat menjadi tradisi saat Natal dan Tahun Baru tiba sebagai ungkapan terimakasih. Karenanya, berjualan parcel menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan di momen ini. 

Dengan kreativitas yang kamu miliki, parcel bisa dikemas secantik mungkin. Menjalankan usaha ini terbilang cukup sederhana dan mudah sehingga bisnis ini menjamur di pasaran saat akhir tahun tiba.

Ide-ide di atas menawarkan peluang memulai bisnis selama liburan yang bisa kamu coba. Daripada hanya tidur dan menonton televisi di rumah, apa salahnya bisa menghasilkan uang di musim liburan ini? 

Baca juga: Bikin Bisnis, Kamu Butuh Hipster, Hacker atau Hustler?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, The Balance SMB, Business news daily
TAGS
RECOMMENDATION

3 Kunci Sukses Migrasi ke Bisnis Digital

Kunci terjun ke bisnis digital adalah disiplin untuk melayani dan men-deliver apa yang ditawarkan pada media online tersebut. Awaluddin meramu tips bermigrasi ke bisnis digital dalam 3C, yakni Character, Competence, dan Courage. Yuk disimak

Minggu, 26 Agustus 2018 | 10:00 WIB

3 Kunci Sukses Bisnis Digihealth

Teknologi terus memberikan dampak positif pada bidang kesehatan tapi belum semua masalah pada bidang ini terselesaikan. Yuk, simak 3 peluang sukses bisnis digihealth!

Minggu, 4 November 2018 | 08:05 WIB
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB