LogoDIGINATION LOGO

5 Fakta E-commerce; Bisnis Paling Menguntungkan di Era Ekonomi Digital

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 21 Agustus 2017 | 07:18 WIB
Share
Bermula dari kemunculan website di tahun 1994, ekonomi digital diprediksi berkembang pesat
Share

Bermula dari kemunculan website di tahun 1994, ekonomi digital diprediksi berkembang pesat. Hal itu terbukti pada tahun 1998; para pebisnis mulai mengembangkan situs website HTTPS. Memasuki era 2000-an, popularitasnya semakin melejit. Kemudian, disusul dengan kehadiran E-commerce.

E-commerce merupakan sistem perdagangan yang mengandalkan perangkat elektronik, seperti TV, radio, dan internet. Kini, bisnis ini lebih banyak memanfaatkan jaringan internet untuk mengembangkan produknya. Meskipun konsumen dan penjual tidak bertemu langsung, transaksi tetap berjalan lancar. Pasalnya, E-commerce menawarkan kemudahan dalam berbelanja secara online.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna E-commerce terbanyak. Bisnis tersebut disinyalir berkembang pesat beberapa tahun mendatang. Masih tidak percaya? Simak fakta-fakta berikut ini.

  1. Transaksi E-commerce Mencapai Rp 300 Triliun

Jumlah pengguna internet di Indonesia lebih dari 132 juta jiwa. Sekitar 25% dari angka tersebut, suka berbelanja di toko online. Tak mengherankan, nilai transaksi E-commerce terus meningkat hingga Rp 300 triliun. Nominal ini belum terhitung penghasilan di tahun 2017. Pasalnya, pemakai jasa E-commerce naik 17% dari periode sebelumnya.

  1. Pemain Bisnis E-commerce di Indonesia Lebih dari 26 Juta Orang

Angka 26 juta menunjukkan dua hal; persaingan dan peluang. Dikatakan persaingan karena para pemain harus bisa bertarung dengan jutaan pebisnis. Menjadi peluang jika Anda menginginkan bisnis yang praktis dan cepat. E-commerce bisa dijalankan di tempat mana pun. Cukup berbekal gadget atau perangkat komputer yang terhubung internet.

  1. Jumlah Konsumen Meningkat secara Signifikan

Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengunjung website E-commerce. Sebagian besar dari mereka memutuskan untuk berbelanja di situs tersebut dengan alasan kepraktisan. Karena itulah, UMKM yang mengandalkan E-commerce bisa berkembang pesat.

  1. Ruang untuk Pengusaha Muda Terbuka Lebar

Saat ini, Pemerintah Indonesia gencar membidik pemuda yang memiliki minat di bidang enterpreneurship. Berbagai fasilitas disediakan untuk mendukung program tersebut. Mulai dari modal, tempat usaha, hingga pemasaran secara online. Bagi pebisnis E-commerce, inilah peluang terbesarnya. E-commerce bisa menjadi perantara perdagangan produk para wirausaha tersebut.

  1. Era Pasar Global Membuka Dukungan Investor

Indonesia telah memasuki era pasar global yang mendorong masuknya investor dari seluruh dunia. Hal ini merupakan peluang besar bagi pemain E-commerce untuk mendapatkan modal. Dengan demikian, bisnis ini bisa semakin berkembang.

Itulah lima fakta E-commerce merupakan bisnis paling menguntungkan di era ekonomi digital. Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB