LogoDIGINATION LOGO

Fintech Bantu Perbankan Naik Level?

author Oleh Alfhatin Pratama Selasa, 25 Desember 2018 | 08:30 WIB
Share
Teknologi Fintech (shutterstock)
Share

Di era digital, banyak startup financial technology (fintech) atau teknologi finansial yang berdiri. Mereka memberi solusi terhadap permasalahan layanan keuangan tradisional. Tidak sedikit produk fintech yang membuat orang tidak perlu lagi pergi ke bank. Sebagai gantinya,  transaksi dilakukan lewat smartphone.

Awalnya fintech memang dianggap disruptor bagi perbankan. Geraknya praktis lebih lincah dibanding perbankan konvensional membuat yang tua merasa terganggu.

Namun, pemain industri akhirnya menyadari bahwa kolaborasi fintech dan perbankan bukan omong kosong. Mereka menyadari inovasi aplikasi perbankan alternatif dapat membantu kehidupan pelanggan.

Baca juga: Berkolaborasi Kreatif di Era Digital ala BNI

Ilustrasi fintech (shutterstock)

Bagaimana kemajuan fintech membuat perbankan juga turut berkembang? Berikut ini adalah ulasan yang telah dirangkum oleh digination.id

Blockchain

Sekitar 90 persen bank di dunia saat ini melakukan riset penggunaan blockchain untuk pembayaran. Nantinya, teknologi ini diprediksi dapat membuat transaksi dalam kehidupan sehari-sehari semakin mudah.

Dilansir di Futurum Research, Daniel Newman, CEO di Broadsuite Media Group mengatakan bahwa blockchain tidak hanya digunakan untuk meningkatkan efisiensi transaksi. Blockchain adalah cara masa depan untuk fintech dan perbankan. 

Otomatisasi

Di masa depan, masyarakat akan akan beralih dari otomatisasi proses yang sederhana ke otomatisasi proses yang lebih rumit. Contohnya, pengambilan keputusan keuangan.

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) akan membantu setiap orang membuat keputusan langsung tentang di mana harus menaruh uangnya, merekomendasikan tindakan ketika seorang sedang boros, dan membantu menyetujui pinjaman dan suku bunga. Dengan semakin luasnya otomatisasi, bank fisik akan terus berkembang menjadi bank online.

Baca juga: Industri Pembayaran Akan Tumbuh Pesat

Tahun 2019, apakah orang masih harus antri di ATM? (shutterstock)

Pembayaran digital

Dahulu setiap orang yang tidak ingin membawa uang tunai bisa membawa kartu debet atau kartu kredit. Tidak lama lagi, kedua jenis kartu itu tidak perlu digunakan lagi karena adanya metode pembayaran digital. Bahkan, dompet pun sudah ada yang digital. Dengan smartphone yang didukung internet, pembayaran digital akan terus berjalan.

Teknologi biometrik

Teknologi ini digunakan untuk menguatkan sistem keamanan pada akun bank atau dompet digital setiap orang. Nomor pin bisa saja digantikan dengan penggunaan teknologi yang dapat memindai sidik jari, retina mata, atau wajah setiap pengguna.

Baca juga: Cara Bank Menjawab Tantangan Digitalisasi Perbankan

Regulasi

Untuk menciptakan ekosistem yang ramah terhadap ekonomi digital, pemerintah harus membuat kebijakan yang pro terhadap itu. Misalnya, di Amerika Serikat (AS), pemerintahnya cenderung tidak turut campur terhadap perkembangan fintech, demi terjadinya perkembangan yang baik.

Semua tentang data

Penggunaan produk digital fintech atau perbankan menimbulkan jejak digital dari setiap transaksi yang dilakukan. Data itu bernilai penting. Terutama, terkait premi asuransi atau  suku bunga pinjaman. Fintech atau perbankan mampu melakukan pemeriksaan dengan lebih cepat, lebih dalam dan dengan perspektif yang jauh lebih kaya mengenai situasi keuangan pelanggan.

Baca juga: Sebagai Investasi Bisnis, IoT Butuh Aspek Data Waktu

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: INC, Statista, Futurum Research
TAGS
RECOMMENDATION

Ini Poin-poin Aturan OJK Tentang Fintech

Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan Peraturan OJK No. 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan. Simak poin-poinnya di sini.

Jumat, 7 September 2018 | 11:30 WIB

Fintech Memang Perlu, Tapi Harus Hati-hati

Belum bankable tapi feasible. Tidak bisa mendapatkan kredit dari perbankan akan tetapi mempunyai usaha. SIapa yang bisa melayaninya? Fintech salah satunya...

Senin, 10 September 2018 | 11:30 WIB
LATEST ARTICLE