LogoDIGINATION LOGO

Ternyata Ada Asuransi Digital Juga, Lho...

author Oleh Dikdik Taufik Hidayat Kamis, 25 Oktober 2018 | 08:15 WIB
Share
PolicyPal (ilustrasi dari website PolicyPal)
Share

Val Yap adalah pendiri dan CEO PolicyPal, broker asuransi digital yang memungkinkan orang membeli, memahami, dan mengatur asuransi di ponsel mereka. Dia juga lulusan dari Start on Android, program yang membantu pengembang menyempurnakan aplikasi mereka dengan dukungan teknis dan manfaat lainnya dari Google sebelum diluncurkan di Google Play. Sejak diluncurkan 17 Juni 2016 dan update terakhir 11 Oktober 2018, aplikasi berukuran 21,16 MB ini telah diunduh lebih dari 10 ribu kali pada Selasa, (23/10).

Pengalaman pribadi Yap membuatnya terpacu untuk membuat aplikasi tersebut. Bagaimana awal mulanya? Berikut kutipan wawancara Google dengan Val Yap.

Mengapa kamu membuat PolicyPal?

Pada 2013, aku bekerja di London, Inggris ketika ibuku didiagnosis mengidap kanker. Aku tinggalkan pekerjaan, mengemasi tas, dan pindah kembali ke Singapura untuk tinggal bersamanya. Tinggal kembali di Singapura dan melihat ibuku berjuang melawan penyakitnya, membuatku stress. Berurusan dengan janji medis dan tagihan membuat keadaan menjadi lebih buruk, terutama ketika klaim asuransi untuk pengobatannya ditolak.

Syukurlah, ibuku sembuh. Tetapi kami tiba-tiba kehilangan ayah karena serangan jantung di akhir tahun itu. Kami tahu dia punya asuransi, tetapi kami tidak tahu asuransi apa. Bahkan saat kami berduka, aku harus mengunjungi berbagai perusahaan asuransi untuk memeriksanya. Sepanjang tahun itu adalah mimpi buruk bagi keluargaku.

Mengatasi kematian ayah dan penyakit ibu, hal terakhir yang ingin kulakukan adalah mengetahui tentang kebijakan asuransi. Tetapi kami butuh informasi itu dan tidak ada pilihan lain. Jika kami memiliki akses yang lebih mudah dan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dicover oleh asuransi, kesulitan yang kami alami tentu tidak terlalu berat.

Baca juga: Berkaca Dari Startup yang Mengusik Industri Asuransi

Val Yap, pendiri Policy Pal (foto dari Twitter PolicyPal)

Kami turut berduka cita. Bagaimana kamu bisa memecahkan masalah serupa untuk orang lain?

Banyak dari kita memiliki asuransi, tetapi kita hanya membayar premi dan melupakannya. Saat ada kejadian darurat, kami berusaha memahami bagaimana kami tercover. Kami memulai PolicyPal sebagai folder digital bagi orang-orang untuk mengatur dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Kamu hanya perlu mengambil foto dari dokumen asuransi, dan PolicyPal akan menyimpan salinan digital di ponselmu. Aplikasi ini juga bisa menganalisis kebijakan asuransimu dan merekomendasikan cara mengisi celah dalam cakupan yang tidak dicover oleh asuransi.

Ketika kami belajar lebih banyak tentang masalah yang dihadapi dalam industri asuransi, kami memperluas penawaran produk kami. Kami menetapkan PALNetwork, sebuah ekosistem yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk mengotomatisasi proses underwriting dan klaim, dan memberdayakan mitra untuk menyesuaikan produk finansial baru. Kami juga menjadi penyedia pertama asuransi di Singapura  bagi orang-orang yang memegang aset cryptocurrency.

Bagaimana program Start on Android membantumu meluncurkan aplikasi?

Dengan dukungan dan bantuan dari Start on Android, kami menerima umpan balik yang berharga dari komunitas, membantu kami meningkatkan kinerja aplikasi dan pengalaman pengguna. Kami bahkan berhasil mendapatkan dan mempertahankan beberapa pengguna awal yang memberi kami unduhan yang fantastis ketika diluncurkan.

Baca juga: Milenial Berpotensi Untuk Bisnis Asuransi

Apa rencanamu untuk masa depan?

Kami memfokuskan upaya dalam melayani orang-orang di lebih banyak negara di Asia. Saya pikir teknologi asuransi akan berkembang sangat berbeda di kawasan ini dari pasar yang telah matang seperti AS atau Eropa. Orang-orang di Asia yang tidak memiliki rekening bank dan tidak berasuransi akan segera mempunyainya melalui solusi baru, misalnya, aplikasi seluler, bukan agen. Kami sedang mencari perluasan di luar Singapura ke negara-negara seperti Indonesia dan Thailand.

Kamu seorang pendiri startup wanita. Nasihat apa yang kamu miliki untuk wirausaha wanita lainnya?

Temukan seorang mentor. Bekerja dengan mentor wanita bagaikan mengubah permainan buatku. Kami mengalami pengalaman yang tidak dimiliki pria dan penting bagimu untuk membangun persahabatan dengan orang yang dapat berempati.

Nasihat saya yang kedua berlaku untuk semua jenis kelamin! Jangan masuk ke sektor hanya karena kelihatan keren. Pikirkan tentang masalah apa yang ingin kamu pecahkan terlebih dahulu dan untuk siapa? Telusuri lebih dalam dan pastikan hal tersebut masih akan menarik 10 tahun ke depan.

Kamu pasti bisa juga, yuk!

Baca juga: Digitalisasi Layanan Asuransi, Adira Finance Luncurkan AKSES

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Google Blog, Google Play Store
TAGS
RECOMMENDATION

Asuransi Pekerjaan Bisa Jadi Peluang?

Tidak bisa dipungkiri, kesalahan bisa saja terjadi meskipun kita telah berhati-hati, termasuk saat sedang memimpin sebuah perusahaan

Selasa, 26 Juni 2018 | 10:33 WIB

Bukti Inovasi Perusahaan Asuransi

Majalah Warta Ekonomi menyelenggarakan Warta Ekonomi (WE) Top 100 Enterprises, tepatnya pada hari Jumat (29/6) kemarin

Rabu, 4 Juli 2018 | 16:47 WIB
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB