LogoDIGINATION LOGO

Berkaca Dari Startup yang Mengusik Industri Asuransi

author Oleh Sukindar Jumat, 20 April 2018 | 12:29 WIB
Share
Asuransi kepemilikan rumah mungkin masih terdengar cukup asing di telinga masyarakat Indonesia, namun asuransi semacam ini sudah cukup
Share

Asuransi kepemilikan rumah mungkin masih terdengar cukup asing di telinga masyarakat Indonesia, namun asuransi semacam ini sudah cukup "booming" di luar negeri.

Sayangnya, seperti kebanyakan asuransi lain, proses aplikasi dan juga klaim bisa memakan waktu yang cukup lama. Padahal pada industri lain, penundaan semacam ini sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

Richard Trezza dan Sean Maher adalah dua orang sosok yang bertekat untuk mengganti sistem tersebut. Mereka berdua kemudian mendirikan sebuah startup yang diberi nama Swyfft.

Perusahaan tersebut merupakan sebuah perusahaan asuransi rumah berbasis data yang ditujukan untuk mengubah cara pandang orang mencari dan mendapatkan assuransi kepemilikan rumah.

Setelah mendapatkan pendanaan sekitar tiga tahun lalu, Swyfft menjadi sebuah perusahaan yang sangat menguntungkan, bahkan dapat tumbuh hingga 400% dalam kurun waktu enam bulan.

Bagaimana Swyfft Melakukannya?

Saat ini, semakin banyak konsumen yang secara keseluruhan mengharapkan pengalaman penggunaan yang lebih efisien dan kenyamanan menggunakan metode layanan satu tombol.

Melihat satu fakta tersebut di atas, Swyfft hadir dengan menawarkan sebuah tujuan untuk membawa industri asuransi rumah agar dapat secepat industri atau pasar yang lainnya.

Untuk melakukannya, perusahaan tersebut membawa kekuatan set unik dari teknologi analisis data yang disebut dengan LIDAR (Light Detection and Ranging Data) ke dalam industri asuransi rumah.

Baca Juga:
Tokopedia Gandeng Asuransi, Lindungi Belanjaan Hilang

Mereka memanfaatkan laser untuk sensor jarak jauh dan menghasilkan informasi tiga dimensi mengenai lingkungan alami dan buatan manusia pada area tertentu.

Saat data yang diperoleh sesuai dengan model paten dari Swyfft, tim asuransi dapat menilai resiko potensial yang muncul pada alamat tertentu, bahkan mampu menghadirkan tingkat presisi yang tidak ada pada model prediksi asuransi lain.

Dengan model ini, Swyfft mampu memprediksi resiko secara presisi pada suatu tempat dengan sangat cepat, sehingga mengizinkan perusahaan menawarkan penawaran kurang dari satu menit.

Tidak ada lagi mengisi kuesioner yang cukup menyita waktu, perusahaan murni melakukannya dengan melihat lokasi rumah, kekurangan dari lokasi dan bagaimana resiko bencana di lokasi tersebut.

Selain itu, dalam beberapa kasus, metode ini menawarkan biaya asuransi yang lebih murah dari pada model lain, bahkan dapat mencapai kisaran 10 hingga 20 persen setiap tahunnya.

Swyfft diklaim merupakan satu-satunya perusahaan yang menawarkan klaim asuransi dengan biaya penggantian penuh, yang notabene akan mengganti secara penuh saat rumah mengalami kerusakan.

Hal tersebut sangat jauh berbeda dengan perusahaan asuransi lain secara konvensional yang menawarkan biaya penggantian namun dibatasi dengan limit tertentu, meski biaya yang dibutuhkan melebihinya.

Dengan menggunakan metode unik dan pengalaman yang lebih baik ke pengguna yang tidak ditawarkan perusahaan lain, perusahaan Swyfft mampu menarik lebih banyak pelanggan.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: INC
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB