LogoDIGINATION LOGO

Rahasia Sukses Produk Lokal di Era Digital

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 3 September 2018 | 11:30 WIB
Share
Para narasumber #DigitalksID
Share

Salah satu kunci membangun ketahanan ekonomi negeri adalah produk-produk yang dihasilkan secara lokal. Selama ini Indonesia selalu dijadikan tujuan pasar produk impor mengingat jumlah penduduknya yang banyak dan potensial. Padahal produk local makers Indonesia sendiri tidak kalah bersaing dan kreatif, namun masih kesulitan menguasai pasar.

Di era digital ini, perkembangan teknologi sesungguhnya memberikan kemudahan dalam pemasaran bagi produk lokal. Namun, data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan, dari keseluruhan produk yang dijual di pasar online hanya 6-7% yang merupakan kontribusi produk lokal. Sebagian besar produk yang listing di online marketplace di Indonesia merupakan produk impor.

Untuk menjawab hal ini Digination.id menghadirkan kembali #DigitalksID, kali ini yang ke-4, dengan tema Go Local Makers dengan mengundang Didi Diarsa, Co-Founder Kayuh Wooden Bike, Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Andi Achmad,
Product Development Manager of E-Banking Division BNI. Acara ini diadakan di 'Social Room' Menara BNI Pejompongan, Sabtu (1/9).

Baca juga: Startup Lokal di Panggung Global, Bukalapak Nomor 26

Ricky Joseph Pesik menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara dengan potensi ekonomi kreatif yang sangat besar dan merupakan negara nomor 1 terkreatif di dunia. Bahkan sektor ekonomi kreatif menyumbangkan PDB (Produk Domestik Bruto-red) paling besar.

"Peluang mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia sangat besar. Dari 17.000 pulau di seluruh Indonesia, banyak sekali peluang yang bisa dieksplor. Tinggal bagaimana kita buat strategi baru untuk bersaing di dunia internasional," ungkapnya.

dari kiri ke kanan: Wicak Hidayat (Digination.Id), Andi Achmad (BNI), Didi Diarsa (Kayuh Wooden Bike), Ricky Joseph Pesik (Bekraf) dan Bimo Setiawan (BMI)

Didi Diarsa, Co-Founder Kayuh Wooden Bike setuju dengan hal tersebut bahwa makers di Indonesia sangat banyak dan potensial, namun tidak sedikit juga yang menyerah ditengah jalan. Dalam paparannya Didi Diarsa menemukan Kayuh membutuhkan waktu 6-7 bulan penelitian yang menguras energi.

Baca juga: Jangan Remehkan Bisnis Lokal

"Butuh 6-7 bulan, untuk saya menemukan teknologi Kayuh ini. Sementara Thomas Alva Edison dalam menemukan lampu butuh percobaan 999 kali gagal, sementara generasi millennial sekarang baru 1, 2 kali gagal sudah menyerah," katanya.

Lebih lanjut Didi menyatakan bahwa para makers perlu dukungan dan kerjasama dengan pemerintah untuk memberikan insentif dan kemudahan regulasi dalam pemasaran produk lokal ke luar negeri. Memperkenalkan dunia bahwa Indonesia memiliki industri kreatif yang luar biasa.

Andi Achmad menambahkan bahwa penting untuk berkolaborasi dengan sektor dan institusi lain dimana BNI pun melakukan hal yang sama. Dalam menghadapi gempuran fintech, BNI beradaptasi dengan melakukan kolaborasi dengan fintech pesaingnya.

"Kami membagikan ilmu secara multiplayer, satu ilmu dibagi tak akan pernah habis. Kita mau berbagi ilmu dan tidak mau berkompetisi, " pungkasnya.

Baca juga: BNI Dukung Digital Payment UMKM Melalui Yap!

Kolaborasi antar sektor merupakan kunci kesuksesan produk lokal di era digital ini. Sebagai makers, kita tidak boleh bergantung pada pemerintah. Berkolaborasilah, dan kamu pasti bisa melakukannya.

Ok?

Tulisan ini hasil kerjasama antara BNI dengan Digination.Id

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

9 Cara Jadi Jagoan di Pasar Lokal

Kamu sedang berpikir untuk ekspansi ke mancanegara? Padahal, produk kamu belum jadi jagoan di negeri sendiri? Yuk, coba local marketing dulu

Minggu, 12 Agustus 2018 | 06:51 WIB

3 Tantangan Utama Pebisnis Lokal

Ekonomi akan terus tumbuh dan menguat. Hal ini tentu saja akan berdampak pada bisnis lokal. Apa saja yang akan berubah?

Kamis, 23 Agustus 2018 | 16:15 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB