LogoDIGINATION LOGO

6 Cara Jitu Agar Bisnis Lokalmu Banyak di Klik

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 20 Agustus 2018 | 09:05 WIB
Share
Ilustrasi (Shutterstock)
Share

 

Sadar atau tidak internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari termasuk dalam mengembangkan bisnis lokal. Pebisnis lokal banyak memanfaatkan internet untuk menjangkau calon pelanggannya setiap hari. Begitu pula konsumen yang memanfaatkan internet untuk menemukan produk dan layanan lokal yang mereka inginkan. Oleh kerana itu penting untuk mengonlinekan bisnis lokalmu dan menerapkan beberapa strategi pemasaran digital untuk meningkatkan review.

Coba beberapa cara berikut agar bisnis lokal mu makin mantap dengan internet:

1. Gunakan domain berbasis kata kunci

Apakah ketika kamu melakukan pencarian di Google, laman terkait bisnismu baru muncul di halaman 3,4,5,6 dan seterusnya?

Nah, itulah fungsi dari kata kunci, untuk membantu domain bisnis lokalmu selalu di halaman pertama Google. Dari sisi konsumen hal tersebut dapat mempermudah konsumen menemukan produk atau layanan bisnis lokalmu. 

Baca Juga: Mendag Minta E-commerce Prioritaskan Produk Lokal

2. Mengatur situs bisnis lokalmu dengan Enkripsi SSL

Enkripsi SSL (Secure Socket Layer) adalah standar internet aman. Situs dengan SSL akan lebih terlindungi dari upaya peretasan dan tentu saja informasi perusahaan akan terjaga. Menggunakan sertifikasi SSL juga akan berpengaruh dalam SEO terindeks Google. SSL juga akan memastikan pemuatan halaman lebih cepat, sedikit error dan meningkatkan pencarian.

Tanda situs dengan SSL adalah dengan simbol gembok hijau di sebelah kiri URL dan ditetapkan sebagai HTTPS di URL. Ini juga berpengaruh pada konsumen yang mengunjungi situs bisnis lokal mu, mereka akan lebih percaya untuk mengunjungi situ dengan keamanan yang terlindungi.

3. Atur situs web bisnis lokalmu beda dari yang lain

Pengalaman pengguna yang datang ke situs web bisnis lokalmu sedikit banyak akan berdampak pada banyaknya pelanggan yang akan membeli produkmu. Semakin berbeda, berkesan dan mudah dijelajahi menjadi nilai plus di mata pengguna untuk tertarik ke produk yang kamu jual. 

Baca Juga: Gaya Maksimal dengan 5 Produk Lokal Ala Millenial

4. Membangun citra merek

Citra merek adalah cap yang kamu buat pada bisnis lokalmu. Kecenderungan yang terjadi orang lebih banyak membeli produk yang ia kenal. Dengan mengaitkan merekmu dengan warna dan gambar tertentu akan membantu merekmu mudah untuk ditemukan termasuk dalam mesin pencarian. Pencitraan merek harus dilakukan secara konsisten, selain melalui web bisa juga diposting melalui sosial media bisnis lokalmu

5. Pastikan bisnis lokalmu terindeks dalam direktori

Bagaimana caranya? Dengan mendaftar tentunya, daftarkan bisnismu di banyak direktori seperti Google My Business, Yahoo Local Listing, Bing Places dan lain sebagainya. Semakin luas jejas bisnis lokalmu di intenet dapat meningkatkan pencarian. Jangan lupa untuk mengintegrasikan fitur peta juga. Dengan begitu, Google dapat mencantumkan alamat fisik dan dapat ditunjuk melalui Google Maps. 

6. Gunakan iklan berbayar untuk meningkatkan eksposur

Iklan berbayar sangat efektif digunakan untuk media promosi, terutama diawal mengembakan bisnismu. Iklan berbayar seperti AdWords atau Facebook dapat bisa menjangkau lebih luas lagi mata dan mungkin saja dapat tertarik dengan produk yang Kamu tawarkan.

Baca Juga: Kemenperin Dukung Shopee Mengedukasi Pengusaha Lokal

Di era digital ini penting untuk melibatkan internet dalam bisnis lokalmu. Bersama dengan stategi perusahaan dan 6 teknik digital di atas. Ayo mulai bisnis lokalmu dengan jalur online yang tepat! 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Forbes
TAGS
RECOMMENDATION

Blockchain Solusi Untuk Industri Game Lokal

Mfun melebarkan sayapnya ke Indonesia, membawa platform blockchain miliknya dengan misi membangun ekosistem terbuka dan terpercaya bagi industri game dan aplikasi

Jumat, 11 Mei 2018 | 12:50 WIB

Brand Makeup Lokal Turut Diperjuangkan

Berkolaborasi dengan Tokopedia, Mustika Ratu menghadirkan kompetisi makeup “Beauty Queen Makeup Competition” di Indonesia

Senin, 14 Mei 2018 | 08:44 WIB

9 Cara Jadi Jagoan di Pasar Lokal

Kamu sedang berpikir untuk ekspansi ke mancanegara? Padahal, produk kamu belum jadi jagoan di negeri sendiri? Yuk, coba local marketing dulu

Minggu, 12 Agustus 2018 | 06:51 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB