LogoDIGINATION LOGO

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB
Share
Ilustrasi laundry (shutterstock)
Share

Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis, tak terkecuali bagi para pensiunan. Masa pensiun tidak selalu hanya diisi dengan berdiam di rumah, tapi bisa juga dinikmati secara produktif dengan membuka bisnis.

Menurut BBC Capital, pensiun dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan rata-rata pensiunan mengalami masalah kesehatan yang signifikan dalam 6 tahun setelah pensiun. Penyakit jantung, stroke, radang sendi dan depresi adalah yang paling umum ditemui.

Menurut psikolog Dra. Mustika Tarigan M.Psi, orang yang memasuki masa pensiun sebaiknya memiliki rencana untuk memulai kegiatan baru dan tetap aktif, contohnya dengan membuka bisnis. "Dengan menyibukkan diri, tak ada waktu yang terbuang percuma sehingga mengakibatkan pikiran jadi tak karuan," jelasnya pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (5/3).

Dengan membuka bisnis, bukan tak mungkin para pensiunan memiliki pendapatan yang lebih baik dibanding ketika masih bekerja di kantor. Meskipun banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memulai bisnis, kita harus cerdas dalam memilih bisnis apa yang sesuai untuk dijalankan.

Baca juga: Mmm, Pilih Kerja atau Bisnis, Ya?

Ilustrasi laundry (shutterstock)
Bisnis laundry

Tidak kehilangan rutinitas, tetap produktif dan aktif adalah kiat dalam menghadapi masa pensiun. Dengan membuka bisnis, para pensiunan bisa tetap berpenghasilan meskipun tak lagi bekerja di kantor. Beberapa pilihan usaha bisa dijalankan antara lain bisnis kosan, penyewaan mobil, kuliner dan lain sebagainya.

Namun menurut Teddy Mukti, pemilik Cleanite Laundry, bisnis laundry paling tepat untuk dijalankan di masa pensiun. "Bisnis laundry cenderung stabil, balik modalnya juga cepat dan semakin dibutuhkan," katanya.

Nggak perlu takut capek, bisnis laundry sekarang ini bisa dijalankan autopilot. Artinya, para pensiunan dapat lebih cepat membiarkan bisnisnya berjalan secara otomatis dengan bantuan aplikasi kasir laundry untuk mengontrol dan memantau manajemen.

Bisnis laundry autopilot sangat cocok dijalankan oleh pensiunan karena tak membutuhkan banyak energi dan tak menyita banyak waktu. Hal ini tentunya sangat berarti sehingga tetap memiliki banyak waktu untuk keluarga dan menikmati masa pensiun.

Tertarik?

Baca juga: Sebelum Memulai Bisnis, Jawab Dulu Pertanyaan Ini!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, The Balance Careers
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB