LogoDIGINATION LOGO

Pentingkah Training Excel untuk Employee Bisnis?

author Oleh DQLab Jumat, 26 April 2024 | 19:32 WIB
Share
Share

 

Mengembangkan keterampilan khusus di era digital menjadi salah satu bentuk guna meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja. Tidak hanya itu saja, karyawan akan menjadi semakin termotivasi dalam melakukan pekerjaannya di tempat kerja. Salah satu keterampilan yang begitu penting untuk dimiliki adalah mampu melakukan analisis data dasar dan juga memahami hasil dari analisis data yang telah dilakukan.

Guna membantu analisis data lebih baik dan berguna bagi karyawan untuk ditindaklanjuti, maka microsoft Excel adalah tools bisnis yang ideal terutama disertakan ke dalam program pelatihan karyawan akan mengembangkan keterampilan mereka dan membantu membuat keputusan yang berorientasi pada solusi jangka panjang. 

Pada dasarnya, Excel digunakan oleh orang-orang yang bekerja dengan data karena fungsinya sangat mempermudah pekerjaan mereka dalam mengolah data. Jika mengolah data menggunakan Excel, maka pengerjaannya akan menjadi rapi dan tersusun serta data dapat terlihat dengan baik dan jelas.

Baca juga: Pelatihan Excel untuk Pemula Hingga Professional Bersama DQLab

Fungsi utama dari Excel yaitu mengolah data, sehingga banyak fitur-fitur di Excel yang bisa kamu gunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Adapun juga fitur yang berguna sebagai visualisasi data seperti pie chart, hal ini membantu dalam melakukan presentasi terkait data yang sudah didapatkan. Berikut penjelasan lebih jelasnya mengapa pelatihan Excel begitu penting bagi karyawan dalam konteks bisnis:

  1. Analisis Bisnis Lebih Baik

Excel menjadi tools manajemen data begitu penting, ini membantu menangani jumlah aset database dengan jumlah yang besar dan banyak kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan strategis. Dengan adanya training employee Excel ini, tidak hanya memberikan pemahaman analisis data menggunakan fungsi Excel secara dasar tetapi juga mampu ke tingkat hingga melakukan manipulasi data dan menyederhanakan tugas yang berulang & memakan waktu.

  1. Efisiensi Operasional

Efisiensi waktu dan tenaga, juga membantu para employee menemukan hasil analisis data di Excel dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti fungsi, formula, dan makro guna melakukan otomatisasi. Semakin efektif dan efisien pekerjaan atau tugas yang dikerjakan oleh para employee menggunakan tools Excel, maka memberikan ruang bagi mereka untuk cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dan waktu penyelesaian yang cepat maka perusahaan memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan dan client bisnis Anda dalam jangka panjang.

  1. Meningkatkan Wawasan untuk Employee

Salah satu inti dari pengembangan skill adalah guna meningkatkan pengetahuan karyawan tentang keterampilan tertentu, dalam konteks pengembangan keterampilan ini akan memberikan jawaban atas permasalahan yang mereka lalui ketika menemui jalan yang buntu. Dengan memberikan pelatihan excel untuk karyawan perusahaan berarti akan mempercepat melewati masa sulit ataupun kendala yang dialami saat mengerjakan analisis data. Ini juga bisa memberikan investasi besar bagi perusahaan terhadap karyawan karena dengan bekerja secara cepat dan efektif dapat menuju efisiensi dan produktivitas yang lebih baik. 

Baca juga: Belajar Excel untuk Employee Training & Development

  1. Adaptasi Trend dengan Maksimal

Software tools seperti Excel pada umumnya akan terus berkembang, ini dibutuhkan beberapa waktu untuk bisa beradaptasi guna karyawan memberikan hasil analisis data yang tepat dan juga sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan memberikan pelatihan yang tepat, maka karyawan dapat siap menghadapi perubahan dan memahami fitur-fitur baru yang diperkenalkan dan juga bisa digunakan untuk karyawan ketika mengolah data.

Dengan memahami kemampuan dan potensi penuh dari Excel, maka karyawan mampu memberikan fasilitas kolaborasi yang epik dan berdampak bagi bisnis agar lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Ingin mulai pelatihan Excel dibimbing langsung oleh expert di bidang analisis data? Ikuti pelatihan DQLab melalui program Bootcamp Data Analyst with Excel, informasi lebih lanjut dan pendaftarannya dapat kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-excel 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB