LogoDIGINATION LOGO

Masih Gagal Bangun Pagi? Coba 3 Kiat Ini!

Oleh Alfhatin Pratama Sabtu, 1 Desember 2018 | 11:30 WIB
Share
Sulit bangun pagi (shutterstock)
Share

Bangun tidur lebih pagi sebelum matahari terbit, baik di hari kerja atau akhir pekan, tidak jarang menjadi permasalahan bagi setiap orang. Malam sebelum tidur, bangun pagi memang terkesan menarik dan  setiap orang pasti membayangkannya dan merencanakannya agar bisa lebih produktif.

Tetapi, kira-kira, berapa banyak, ya, orang yang benar-benar bangun pagi  tanpa mematikan alarm smartphone-nya lagi?

Hampir semua orang pasti telah melihat banyak video atau artikel motivasi untuk bangun lebih pagi. Tetapi, coba renungkanlah kembali!

Digination.id telah merangkum bagaimana bangun pagi bisa menjadi kunci kesuksesan. Yuk, simak 3 kita berikut ini!

Baca juga: Ssst... Ini Rahasia Sukses Seorang Elon Musk!

Ilustrasi seorang perempuan bangun pagi (shutterstock)

Pergi tidur lebih awal

Bagi kebanyakan orang, tidur selama 7-8 jam sangat penting bagi tubuh supaya dapat beraktivitas dengan baik keesokan harinya. Oleh karena itu, bangun lebih awal akan jauh lebih mudah jika tidur juga dilakukan lebih awal.

Contohnya, jika ingin bangun 2 jam lebih awal dari biasanya, pergilah tidur 2 jam lebih awal. Hal ini memang sulit untuk beberapa malam pertama tetapi setelah menjadi kebiasaan akan lebih mudah. Ketika alarm berdering, badan pun akan segar seperti biasa. Aktivitas tidak akan terganggu oleh rasa kantuk.

Waktu lebih banyak

Tahukah kamu bahwa dengan bangun hanya dua jam lebih awal setiap hari, kamu akan mendapatkan 14 jam lebih banyak dalam seminggu? Bayangkanlah produktivitas yang bisa dihasilkan dengan waktu ekstra itu.

Namun, semua waktu ekstra itu akan menjadi lebih baik jika seorang memiliki sebuah tujuan, bagaimana tepatnya memanfaatkan 14 jam dalam seminggu dengan aktivitas yang produktif?

Baca juga: Seperti Apa Ritual Pagi Orang Kaya dan Sukses di Dunia Digital?

Memiliki tujuan

Bangun pagi lebih awal akan menjadi lebih jelas dengan alasan dan tujuan yang kuat, mengapa bangun pagi lebih awal? Apa yang ingin dicapai dengan bangun lebih awal?

Renungkanlah hal ini sebelum tidur. Tuliskan dengan rinci dalam buku catatan atau notes di smartphone tentang apa yang akan dilakukan ketika bangun. Jika alasan dan tujuan untuk bangun sangat jelas, tanpa alarm pun tidak ada yang akan menghalangi seorang untuk bangun pagi lebih awal.

Jika kamu benar-benar ingin mulai menciptakan lebih banyak waktu untuk meningkatkan produktivitas diri, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dari biasanya, dan memperluas perkembangan, cobalah bangun pagi lebih awal.

Pada awalnya, hal ini memang sulit dilakukan. Tetapi, jika sudah menjadi kebiasaan, lihatlah perubahan yang akan terjadi. Yuk, lebih produktif menjelang tahun 2019!

Baca juga: Mau Sukses Jadi Entrepreneur? Kamu Harus Sehat!

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Ternyata Ini Cara Mendapatkan Pendanaan Investor!

Mencapai pendanaan Series A untuk sebuah startup butuh waktu yang tidak cepat. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan yakin kan selalu diri agar bisnismu dilirik investor.

Kamis, 13 Desember 2018 | 08:15 WIB

Sst... Ini Dia Tren Artificial Intelligence Tahun 2019!

Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak dapat dibendung lagi. Teknologipun berhasil masuk ke dalam segala bidang kehidupan manusia termasuk dunia bisnis. Lalu bagaimana tren AI pada tahun 2019?

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:15 WIB

Bosan Saat Delay? Mmm, 'Jualan', Nyok!

Menunggu waktu delay tentu membosankan dan menyebalkan. Daripada buang-buang waktu percuma, kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mempromosikan bisnis. Kenapa, nggak?

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:15 WIB

Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!

Berbisnis tidak bisa dilakukan sendiri, butuh rekan untuk berkolaborasi. Tapi, apa artinya kolaborasi tanpa jaringan pertemanan yang luas?

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:15 WIB

6 Cara Hadapi "Toxic Boss"

Punya bos yang gak enak tentu akan berpengaruh pada produktivitas dan kualitas kerja. Jangan buru-buru resign, pelajari dulu 6 hal ini

Senin, 10 Desember 2018 | 11:15 WIB

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB