LogoDIGINATION LOGO

Lebih Produktif di Era Digital? Bisa!

author Oleh Alfhatin Pratama Kamis, 22 November 2018 | 11:15 WIB
Share
Ilustrasi produktivitas (shutterstock)
Share

Pernahkah berharap bahwa waktu yang tersedia dalam sehari lebih dari 24 jam? Ketika hanya punya waktu yang pendek untuk mengelola semua proyek yang dimiliki, terlepas apakah  mereka mengerjakan sesuatu yang melebihi kemampuannya, pasti pernah mengalami hal  serupa. Sebagaimana sering disebut banyak orang, waktu adalah uang. Oleh karenanya, kita harus menggunakan waktu dengan bijak dan memanfaatkannya secara produktif agar target yang dituju dapat tercapai.

James Clear, founder Habits Academy sekaligus seorang blogger yang pernah dimuat di Forbes menyatakan bahwa perubahan sederhana dapat membantu seseorang mendapatkan  sesuatu yang maksimal dari waktu yang terbatas.

Digination.id merangkum beberapa tips bagaimana menjadi produktif dengan waktu yang terbatas untuk bisnis atau pekerjaan yang sedang kamu jalani. 

Mulai dari hal kecil

Banyak orang berpikir untuk meningkatkan produktivitas harus dengan perubahan besar. Tetapi, akan lebih berhasil jika perubahan yang dilakukan dimulai dengan perubahan kecil dan sederhana. "Aturan umum saya adalah jika suatu hal tidak dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 2 menit, maka hal tersebut terlalu besar. Pada akhirnya, kita akan terbiasa melakukan perubahan yang besar mulai dari hal yang kecil dan sederhana," kata James. 

Baca juga: Perubahan Lintas Generasi

Ilustrasi kerja produktif (Shutterstock)
Evaluasi agar termotivasi

Perubahan, baik kecil maupun besar, harus selalu dicatat dan dievaluasi. Kegiatan mencatat dan mengevaluasi perubahan dapat membangun kebiasaan yang lebih baik karena kita bisa melihat apa yang gagal dan apa yang telah dicapai. Dengan demikian, setiap orang akan termotivasi untuk melakukan perubahaan secara konsisten.

Fokus satu titik

Fokus terhadap target yang ingin dicapai bukan berarti melupakan proses yang harus dilalui. Memang tak mudah dan tak menyenangkan jika ingin mencapai kesuksesan. Ketika lelah atau merasa pekerjaan membosankan, hal yang dapat menyia-nyiakan waktu pasti terlintas dalam pikiran.

Bayangkanlah hasil kesuksesan di masa depan untuk kembalikan fokus dan motivasi yang sempat hilang. Dengan sendirinya, pemikiran menuju pada hal yang positif. Tetapi, jangan terlalu lama membayangkan hal yang tidak pasti tanpa suatu tindakan. Tetap harus fokus mengambil langkah untuk mencapai kesuksesan jangka panjang tersebut.

Lingkungan yang tepat

Lingkungan kerja yang tidak mendukung untuk menciptakan produktivitas yang tinggi menjadi permasalahan yang harus diperhatikan. Bayangkan, jika ruang kantor tidak nyaman, tata letak interior tidak teratur, atau penuh dengan kebisingan, maka karyawan yang bekerja dalam ruangan tersebut akan terganggu dan kesulitan untuk tetap fokus. Produktivitas kerja pun akan menurun. Sekali lagi, perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu.

Membentuk kebiasaan baru untuk meningkatkan produktivitas memang tidak mudah. Tetapi, dengan niat dan dilakukan secara konsisten, semua bisa dilaksanakan dengan baik.

Yuk, jadi lebih produktif di era digital!

Baca juga: Jangan Pusing, Ini 5 Cara Memperlakukan Millenials di Tempat Kerja

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Forbes, Habits Academy
TAGS
RECOMMENDATION

Ini, Lho, Tren Tempat Kerja Digital Modern!

Transformasi digital tidak dapat diartikan sebagai perubahan teknologi semata, tetapi perubahaan cara berorganisasi, cara berbisnis, dan perilaku manusia

Selasa, 23 Oktober 2018 | 11:15 WIB
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB