LogoDIGINATION LOGO

Threads Ditinggalkan Pengguna, Ini yang Perlu di Upgrade dari Threads 

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 17 Juli 2023 | 17:04 WIB
Share
Share

Baru dua pekan di rilis di Indonesia, Threads dikabarkan sudah ditinggalkan oleh penggunanya. Threads sempat menggegerkan dunia maya dan menembus 100 juta pendaftar hanya dalam lima hari. Tetapi keberhasilan ini tidak bertahan lama, Threads dikabarkan mulai ditinggal oleh penggunanya.

Menurut data yang disampaikan Anthony Bartolacci direktur pelaksana di Sensor Tower, perusahaan intelijen pemasaran, jumlah pengguna aktif harian platform ini turun sekitar 20% dari Sabtu (8/7). Sedangkan waktu yang dihabiskan untuk pengguna turun 50%, dari 20 menit menjadi 10 menit.

Sementara data dari Similarweb, sebuah perusahaan data dan analitik digital juga menunjukkan tren serupa. Threads mengalami penurunan lebih dari 25% pada pengguna aktif harian antara puncaknya pada 7 Juli dan Senin (10/7) untuk pengguna Threads di ponsel Android di seluruh dunia. Perusahaan belum selesai mengkalibrasi modelnya dengan data iOS.

Baca juga : Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Threads dan Twitter

Penurunan ini menjadi pertanyaan apa yang perlu di upgrade dari fitur Threads, di luar kelebihan mereka yang terintegrasi oleh Meta. Lantas apa saja yang perlu di upgrade dari Threads?

Beranda/ Timeline masih mengalami Bug

Threads masih memiliki masalah di dalam aplikasinya atau bug. Beberapa pengguna melaporkan aplikasi melambat bahkan mogok saat memuat postingan dari pengikut mereka. 

Belum bisa digunakan di Website

Pengguna belum dapat mengoperasikan Threads melalui website. Aplikasi ini baru tersedia untuk perangkat seluler iOS dan Android. Harapannya Treads bisa secepatnya digunakan dalam pengoperasian website.

Tidak ada pesan pribadi atau direct message (DM)

Saat ini Threads belum memiliki fitur pesan pribadi atau direct message (DM) padahal fitur ini juga sama pentingnya dengan fitur engagement lainnya seperti Likes, Commet, dan Share. Oleh karena itu, fitur ini perlu di upgrade mendukung kebutuhan pengguna yang terbiasa mengirim pesan secara pribadi. 

Baca juga : Memahami Istilah dan Aktivitas Baru di Threads

Belum ada fitur pencarian Kata Kunci

Fitur pencarian Threads hanya untuk mencari nama pengguna lain. Fitur pencarian pada Threads masih belum dapat digunakan untuk mencari kata kunci atau topik tertentu di dalam aplikasi tersebut.

Hapus Threads sama dengan hapus Instagram

Saat mendaftar ke Threads, pengguna memerlukan akun Instagram. Sayangnya, ketika pengguna ingin menghapus akun Threads, maka dipastikan akun Instagram juga akan ikut terhapus.

Kurangnya Sosialiasi Privasi dan Keamanan

Kebijakan privasi Threads dirancang untuk mengumpulkan banyak sekali data sensitif pengguna. Seperti riwayat penelusuran, lokasi akurat, kontak, riwayat pencarian, serta informasi kesehatan dan keuangan. Diperlukannya sosialisasi lebih bagi para pengguna karena Kebijakan ini dianggap melanggar privasi dan keamanan pengguna.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin tinggi, Threads perlu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kelemahan yang ada dan meningkatkan kualitas keseluruhan pengalaman pengguna. Meski Threads masih dalam tahap perkembangan dan memperbaiki diri, diharapkan bahwa poin-poin diatas dapat ditingkatkan dalam pembaruan dan versi masa depan. 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB