LogoDIGINATION LOGO

Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Threads dan Twitter

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 13 Juli 2023 | 11:04 WIB
Share
Share

Aplikasi baru besutan Meta, Threads, baru saja meluncur di Indonesia pada Kamis (6/7/2023). Baru sehari perilisan, aplikasi ini sudah menjadi kontroversi karena dibilang mirip sekali dengan aplikasi milik Elon Musk yakni Twitter.

Twitter mengancam akan menuntut Meta karena dianggap menggunakan rahasia dagang dan kekayaan intelektual Twitter untuk membangun Thread.

Menurut Twitter, banyak dari mantan pekerjanya di tarik untuk mengerjakan proyek ini. Twitter juga menuduh bahwa Meta memanfaatkan dan menugaskan mantan karyawannya untuk mengembangkan aplikasi peniru yang melanggar hukum.

Threads memang hadir, ketika Twitter sedang mengalami guncangan akibat batasan limit jumlah cuitan. Padahal, aplikasi baru ini telah dikembangkan sejak awal Januari dengan nama ‘Project 92’ oleh tim Mark Zuckerberg selaku pemilik Meta.

Lantas, apa saja yang mirip dengan Twitter dari Threads?

1. Linimasa/ Timeline

Jika dilihat dari cover awalnya, tampilan Timeline pada Threads memang tidak jauh berbeda. Nampak di dalam Timeline, unggahan/ Thread dari publik fitur, atau followers kita muncul dengan bebasnya di Timeline tersebut.

Baca juga : Memahami Istilah dan Aktivitas Baru di Threads

2. Repost & Quote

Jika di Twitter kita biasa sebut dengan istilah retweet dan Quote Tweet, jika di Threads fitur ini memiliki istilah Repost & Quote. Fitur ini memiliki kegunaan yang sama yakni untuk menyukai dan merespon suatu unggahan sebelum unggahan tersebut berada di Timeline.

3. Comment

Disisi lain penggunaaan yang sama persis dengan aplikasi sebelumnya, ada di fitur Comment. Fitur ini juga memiliki kegunaan yang sama yakni untuk mengomentari suatu unggahan secara lebih personal dan tidak secara bebas berada di timeline.

4. Kontrol Privasi 

Pengguna kedua aplikasi dapat menyesuaikan pengaturan privasi antara akun publik atau pribadi. Ini memungkinkan individu untuk melakukan kontrol atas siapa yang dapat mengakses konten mereka dan terlibat dengan postingan mereka. 

5. Aksesibilitas 

Threads dan Twitter dapat diakses di berbagai platform, termasuk lewat perangkat seluler dan situs.

Baca juga : Threads Saingan Twitter Resmi Rilis di Indonesia, Ini Cara Buat Akun Threads

Lalu, apa yang membedakan aplikasi Threads dengan Twitter?

1. Batas Karakter

Sama-sama menjadi tempat unggahan pesan singkat, namun nyatanya, ada hal yang berbeda dari jumlah karakter disetiap unggahan. Disini Threads memiliki batas 500 karakter setiap unggahan. Sementara Twitter 280 karakter untuk pengguna tidak berbayar dan 25.000 untuk pelanggan berbayar. 

2. Sinkronisasi Akun

Di Twitter, seseorang dapat masuk menggunakan opsi seperti email, nomor telepon, dan bahkan hanya nama pengguna. Sementara, Threads disinkronkan dengan Instagram untuk masuk ke Threads. Untuk saat ini, tidak ada cara lain untuk masuk ke Threads selain dari akun Instagram dan sebaliknya. 

3. Unggahan Video

Pengguna Twitter hanya dapat memposting video berdurasi 2 menit 20 detik. Sedangkan pengguna Threads, dapat memposting video hingga 5 menit.  

4. Verifikasi/ Centang Biru

Saat ini untuk mendapatkan centang biru di Twitter perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp165.000 per bulan. Jika di Threads, pengguna hanya perlu menyambungkan akun Instagram yang sudah memiliki centang biru ke Threads. Verifikasi tersebut akan secara otomatis, tersambung ke Threads. 

Baca juga : Sangat Futuristik! Domino’s Kirim Pizza pakai Jetpack Mirip Iron Man

5. Batas Penggunaan

Threads tidak membatasi pengguna. Twitter dibatasi kirim 500 DM, 2.400 unggahan, serta melihat 8.000 unggahan untuk akun terverifikasi, 800 untuk akun non-terverifikasi, serta 400 untuk akun baru per hari.

6. Tipe Unggahan

Jika Threads membagikan unggahan dari semua pengguna. Sementara pengguna Twitter dapat melihat topik yang sedang tren, unggahan akun yang diikuti, dan melihat tagar topik. 

7. Edit Unggahan

Selain itu fitur edit unggahan. Jika di Threads konten yang sudah diunggah tidak bisa diganti, atau di edit. Sedangkan, cuitan Twitter bisa diganti melalui akun berbayar. 

8. Iklan

Jika seringkali pengguna Twitter menemukan konten iklan, di Threads, iklan yang mengganggu tidak bisa dilihat. Threads tidak membagikan iklan kepada pengguna, sementara ada iklan di linimasa Twitter.

Dibalik perbandingan Twitter dan Threads, banyak kekurang dan kelebihan dari kedua aplikasi. Disisi lain kekurang dari Threads adalah tidak adanya fitur pesan pribadi atau Direct Message dan fitur trending topic yang masih menjadi keunggulan Twitter saat ini. 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE