LogoDIGINATION LOGO

Memahami Istilah dan Aktivitas Baru di Threads

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Selasa, 11 Juli 2023 | 10:55 WIB
Share
Share

Kembali lagi kita akan membahas tentang yang lagi ramai, nih! Kamu sudah download Threads belum? Dibandingkan dengan Instagram, Threads mengadopsi bahasa desain yang sama namun memiliki fokus yang lebih kuat pada konten berbasis teks, mirip dengan Twitter. Pengguna Threads dapat dengan mudah mengunggah konten dalam berbagai format, termasuk teks, foto, dan video berdurasi dua menit.

Untuk menggunakan aplikasi Threads, pengguna hanya perlu memiliki akun Instagram. Prosesnya cukup sederhana, dengan mendaftarkan username Instagram ke Threads, sistem akan secara otomatis mengintegrasikan akun profil Instagram pengguna ke aplikasi baru tersebut. Dengan demikian, pengguna dapat langsung memulai eksplorasi dan berinteraksi dengan komunitas Threads.

Threads menawarkan pengalaman baru bagi pengguna dalam berbagi konten berbasis teks dan memperluas jejaring sosial mereka. Dengan kemampuan untuk mengunggah berbagai format konten dan kehadirannya di Indonesia, Threads menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang ingin menggabungkan keindahan desain Instagram dengan fokus pada teks dan interaksi langsung.

Baca juga: Threads Saingan Twitter Resmi Rilis di Indonesia, Ini Cara Buat Akun Threads

Ini Istilah-istilah Baru di Threads 

Threads dirilis secara global pada Kamis (6/7/2023) pekan lalu. Karena masih tergolong sangat baru, pengguna juga pasti cukup bingung dengan istilah-istilah baru yang ada di media sosial ini. Untuk mempermudah kamu memahami dan menggunakan jargon atau istilah baru dari Threads, pihak perusahaan pun mengunggah konten berjudul "Kamus Threads" di akun Instagram dengan handles @threadsapp.

Dalam konten kamus tersebut, terdapat panduan kosakata yang bisa digunakan pengguna untuk menyebut istilah atau aktivitas di Threads, berikut istilah-istilahnya: 

1. Threads - mengacu pada aplikasi baru mereka, dan merupakan sebuah kata benda.

2. Thread - (tanpa huruf "s") merujuk pada aktivitas berdiskusi yang dapat dilakukan oleh pengguna.

3. Post - digunakan sebagai kata benda yang mengacu pada unggahan satuan yang dikirim pengguna dalam bentuk teks ataupun media.

4. Reply - digunakan untuk mengacu pada tindakan pengguna yang memberi respons terhadap post atau thread seseorang.

5. Repost - digunakan untuk membagikan ulang postingan orang lain ke profil pengguna sendiri.

6. Quote - digunakan ketika pengguna memposting ulang unggahan dari orang lain, lalu menambahkan opini pribadi ke dalamnya.

Meta memberikan contoh beberapa penggunaan kata agar kamu bisa lebih memahami istilah-istilah tersebut. Contoh dalam kalimat "Adam Mosseri (handles CEO Instagram) memulai diskusi (thread) yang baik". Hal ini menunjukkan bahwa ketika pengguna Threads sedang berbagi cerita dan postingan lebih dari satu, mereka sedang membuat "thread".

Selanjutnya, istilah Contoh kalimat yang menggambarkan penggunaan kata "Apakah kamu melihat post terbarunya mereka?". Dengan demikian, ketika seorang pengguna mengunggah satu postingan di Threads, artinya mereka sedang "ngepost" sesuatu.

Namun, istilah "post" juga dapat digunakan sebagai kata kerja dengan makna memublikasi. Contoh penggunaan kata ini dalam kalimat adalah "Saya baru saja memublikasi sebuah thread". Oleh karena itu, penggunaan istilah "post" bisa berbeda-beda tergantung pada pesan atau konteks yang ingin disampaikan.

Baca juga: Influencer dengan Penghasilan Tertinggi di Indonesia

Selanjutnya, istilah Istilah berbeda dengan Twitter, istilah "repost" digunakan di Threads sebagai pengganti "retweet". Terakhir, ada istilah "quote" yang digunakan ketika pengguna memposting ulang unggahan dari orang lain, lalu menambahkan opini pribadi ke dalamnya. Aktivitas ini disebut sebagai "quote".

Dengan adanya Kamus Threads yang dibagikan oleh Meta, kamu yang akan menggunakan Threads dapat lebih mudah memahami dan menggunakan istilah-istilah baru yang ada di aplikasi ini. Kamus tersebut memberikan penjelasan lengkap mengenai kosakata-kosakata yang digunakan di Threads, termasuk pengertian dan contoh penggunaannya. Dengan demikian, pengguna dapat lebih lancar berkomunikasi dan berinteraksi di platform ini.

Gimana, kamu mau coba menggunakan aplikasi Threads? atau kamu sudah download? Aplikasi ini dapat kamu unggah maka kamu akan semakin eksplorasi di media sosial dan temukan kemudahan komunikasi dan interaksi yang lebih luas.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE