![](https://assets.digination.id/crop/0x0:0x0/750x500/photo/2024/07/25/3766244017.jpg)
Waspada Malware Mematikan “Cluster Bomb”
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIB
Saat ini banyak brand berinvestasi ke dalam online marketing dibandingkan ke dalam offline marketing, bukan hanya karena semakin banyak orang yang menggunakan internet, tetapi karena online marketing memungkinkan brand-brand tersebut untuk menjangkau lebih banyak target audience.
Disisi lain Digital marketing memiliki sifat highly measureable. Hal tersebut memungkinkan kamu seorang digital marketer mengetahui dengan baik bagaimana performa dari setiap online marketing channel dan apa Return on Investment (ROI) dari setiap rupiah yang dipakai untuk online marketing.
Nah untuk mendapat digital marketing yang tepat tanpa cost yang banyak, kamu harus pandai memetakan strategi marketing. Perlu diketahui, agar digital marketing semakin works, kamu perlu tahu dulu jika ada beberapa organic channel untuk penyebarannya.
Baca juga : 8 Tren dan Rekomendasi Marketing Channel 2023
Ada 3 organic channel yang sering digunakan para marketing saat ini yaitu organic search, social media organic dan email marketing. Apa aja sih kegunaannya dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ragam organic channel dan tolak ukur masing-masing channel :
Organic Search
Organic search merupakan sebutan ketika seorang pengguna mencari informasi atau konten tertentu dengan mengetikkan keyword atau kata kunci di mesin pencari seperti Google dan Bing.
SEO atau singkatan dari “Search Engine Optimization”, adalah salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas sebuah website dalam hasil pencarian organik (gratis) sebuah mesin pencari.
Proses SEO sangat berguna untuk memaksimalkan informasi produk atau brand. Sehingga marketer bisa mengenalnya lebih jauh dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan Paid Result. Dalam menjalankan SEO target kamu adalah untuk mencapai peringkat tertinggi dalam organic results, dan bukan dalam paid results.
Biasanya proses ini dilakukan dengan memasukan banyak kata/ keyword yang sesuai dengan produk dan sesuai dengan bahasa sehari-hari agar lebih optimal dalam bentuk artikel atau caption.
Berikut tolak ukur dari organic search :
Skalabilitas : Tinggi
Target : Behavioral
Biaya/ CAC : Tinggi untuk jangka pendek dan rendah untuk jangka panjang
Social Media Organic
Baca juga : Centang Biru Instagram dan Facebook Bakal Berbayar
Saat kamu melihat sebuah brand memposting di halaman Facebook, Instagram atau media sosial lainnya berarti kamu sedang melihat social media marketing mereka. Karena setiap konten yang dipublikasikan di media sosial dianggap sebagai bagian dari social media marketing suatu brand.
Laporan We Are Social menunjukkan, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang pada Januari 2023. Jumlah tersebut setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri. Oleh sebab itu social media organic sangat berpengaruh pada proses pemasaran saat ini.
Banyak konten yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan social media organic, seperti dalam bentuk single image, carousel, video, atau motion sekaligus.
Berikut tolak ukur dari social media organic:
Skalabilitas : Tinggi
Target : Demografik
Biaya/CAC : Rendah
Email Marketing
Baca juga : 9 Tren Teknologi Pemasaran Tahun 2023
Email marketing adalah marketing channel yang biasanya merupakan bagian dari CRM (Customer Relationship Management) yang lebih luas dalam suatu brand. Seperti namanya, email marketing menggunakan email sebagai channel untuk berinteraksi dengan calon pelanggan dan juga dengan pelanggan saat ini.
Sampai saat ini, email marketing masih merupakan salah satu channel yang paling efektif meskipun sudah cukup tua.
Kelebihan utama email marketing adalah untuk retention strategies, yaitu strategi untuk membuat seorang pelanggan tetap tertarik dan terikat dengan suatu produk atau layanan. Pada dasarnya, terdapat dua jenis email marketing yang sering digunakan yaitu Email Newsletter dan Email Drip Campaigns.
Berikut tolak ukur dari email marketing :
Skalabilitas : Menengah
Penargetan : Behavioral dan demografik
Biaya/CAC : Rendah
Nah itu dia ragam organic channel dan tolak ukur proses kerjanya, jadi makin mudah bikin brandmu semakin dikenal orang banyak bukan?
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIBBagaimana AI menjadi kunci inovasi dan mendorong pertumbuhan bisnis di berbagai sektor?
Jumat, 19 Juli 2024 | 16:58 WIBNgobrol Pakai Bahasa Asing Lebih Mudah
Kamis, 18 Juli 2024 | 12:48 WIBBerikut beberapa pilihan shortcutnya yang penting kamu ketahui:
Rabu, 3 Juli 2024 | 11:00 WIBGangguan server di PDN disebabkan oleh ransomware.
Selasa, 25 Juni 2024 | 13:44 WIBBerikut beberapa contoh bagaimana AI digunakan dalam berbagai aspek kehidupan
Jumat, 21 Juni 2024 | 17:57 WIBBagaimana Machine Learning digunakan untuk personalisasi iklan dalam digital marketing?
Kamis, 13 Juni 2024 | 10:41 WIBLensa kontak pintar membutuhkan baterai yang aman dan ringkas
Jumat, 7 Juni 2024 | 11:00 WIBBagaimana personalisasi AI membentuk asistensi digital marketing dan manfaat yang dapat diperoleh dari penerapannya.
Senin, 3 Juni 2024 | 10:08 WIBUntuk menghadirkan lebih banyak keseruan bagi pengguna setiap bulannya, UniPin akan terus menghadirkan berbagai diskon
Senin, 27 Mei 2024 | 21:46 WIBIni dia fakta-fakta armada taksi CNG Bluebird yang selama ini wara-wiri di jalanan Jabodetabek
Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:23 WIBData ini mengungkap pengaruh kreator konten digital dan mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh masyarakat
Rabu, 22 Mei 2024 | 16:53 WIBMemahami Database Marketing, Yuk!
Selasa, 21 Mei 2024 | 18:04 WIBBerikut ini keunggulan Starlink dibandingkan layanan internet satelit lainnya:
Senin, 13 Mei 2024 | 18:17 WIBPenasaran dengan pekerjaan apa saja yang memiliki prospek cerah di tahun 2031? Yuk simak informasinya
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:25 WIB