LogoDIGINATION LOGO

Centang Biru Instagram dan Facebook Bakal Berbayar

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 20 Februari 2023 | 18:42 WIB
Share
Share

 

Tak mau kalah dengan Twitter, CEO Meta Mark Zuckerberg, mengumumkan akan menerapkan centang biru berbayar pada Facebook dan Instagram yang dinamai Meta Verified. 

Meta Verified merupakan layanan yang memungkinkan pengguna Instagram dan Facebook mendapatkan lencana atau centang biru dengan cara membayar biaya langganan per bulan. 

"Minggu ini kami mulai meluncurkan Meta Verified - layanan berlangganan yang memungkinkan Anda memverifikasi akun dengan KTP, mendapatkan lencana biru, mendapatkan perlindungan peniruan ekstra terhadap akun yang mengaku sebagai Anda, dan dapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan," tulis Zuck di akun media sosialnya.

Baca juga : Aplikasi PeduliLindungi Bakal Berubah Nama jadi SatuSehat

Untuk mendapatkan centang biru Facebook ataupun Instagram, pengguna akan dikenakan tarif langganan sebesar USD 11,99 atau Rp 182 ribu per bulan untuk web dan USD 14,99 atau Rp 228 ribu per bulan untuk pengguna Android atau iOS.

Namun tarif ini hanya untuk pengguna yang ingin menaktifkan centang biru. Meta memastikan tokoh masyarakat dan lainnya yang sebelumnya telah diverifikasi tidak akan terpengaruh dengan aturan baru ini. 

Banyak manfaat yang bisa dirasakan pengguna Meta Verified salahsatunya meningkatkan visibilitas postingan pengguna di media sosial.

Di samping itu, pengguna juga akan mendapatkan manfaat lain seperti perlindungan ekstra terhadap akun yang mengaku sebagai pengguna dan dapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan. 

Pengguna yang mendaftar ke layanan Meta Verified juga akan mendapatkan stiker eksklusif untuk Stories dan Reels. 

Pengguna juga akan menerima 100 bintang gratis per bulan. Bintang ini merupakan uang digital yang dapat digunakan untuk memberi tip kepada pembuat konten di Facebook.

“Fitur baru ini adalah tentang meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami,” kata Zuckerberg. 

Baca juga : Fitur Instagram “Super Fans”, Bikin Stalker Ketar-ketir

Meta Verified ditujukan untuk influencer dan mereka yang menggunakan media sosial untuk bisnis tetapi bukan figur publik terkenal. 

Untuk mendaftar di layanan Meta Verified, pengguna harus memenuhi persyaratan minimum seperti berusia minimal 18 tahun atau lebih, serta mengirimkan kartu tanda pengenal sesuai dengan nama dan foto pada akun Facebook atau Instagram. 

Selanjutnya, bila sudah berlangganan dan akun terverifikasi, pengguna bisa mendapatkan centang biru (verified account).

Namun layanan ini baru akan hadir di Australia dan Selandia Baru pekan ini, yang berarti belum dapat dicoba di Indonesia. Meta menjanjikan akan segera meluncurkannya di negara lain.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB