LogoDIGINATION LOGO

9 Tren Teknologi Pemasaran Tahun 2023

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 27 Desember 2022 | 20:28 WIB
Share
Share

Memasuki tahun 2023 banyak yang mencari tahu tentang teknologi apa yang nantinya akan membantu marketer berkembang di tahun mendatang. Pasalnya, seperti yang kita tahu, kita sudah dua tahun hidup dengan teknologi, bahkan teknologi juga yang sudah membantu membangkitkan perekonomian bisnis di masa sulit sekalipun.

Beberapa teknologi yang dekat dan telah membantu kita dalam pemasaran beberapa belakangan ini, seperti Artificial Intelligence dengan kecanggihan Chatbot yang bisa membantu menjawab pertanyaan pelanggan 24/7, Live Streaming yang dapat membantu menjawab semua pertanyaan pelanggan secara realtime dan banyak fungsi teknologi lainnya yang bisa kita manfaat. Lantas, apakah teknologi ini masih berfungsi di tahun depan?

Mari ketahui lebih dalam dan bagaimana cara mereka bekerja menguntungkan bisnis kamu.

1. Pencarian suara (Voice Search)

Semakin populernya perangkat seluler dan layanan suara seperti Siri dan Google Assistant, pencarian suara adalah salah satu inovasi teknologi yang bisa menonjolkan bisnis kamu.

Fokuskan strategi konten kamu dengan keyword yang sederhana untuk menjawab pertanyaan umum konsumen tentang produk atau layanan kamu. Semakin besar kamu mengunakan penulisan SEO dengan keyword sederhana kemungkinan orang akan menemukan situs web atau materi pemasaran konten kamu melalui penelusuran suara.

2. Media sosial

Media sosial akan terus menjadi vital bagi upaya pemasaran digital perusahaan yang sukses. Jika tahun lalu kita sudah dipermudah dengan sosial media, pada tahun 2023, Instagram, live streaming, dan podcast juga masih mendominasi. Terutama karena influencer memberi dampak yang baik pada pemasaran. Di tahun 2023 akan menjadi tahun nano influencer karena banyak ahli yang menganggap nano influencer akan memberikan dampak lebih pada brand. 

 

3. Chatbots atau AI Conversation

Chatbot masih menjadi teknologi yang memiliki manfaat besar di tahun depan. Menurut laporan State of Conversational Marketing hampir 42% konsumen menggunakan AI conversation atau chatbots untuk pembelian. Namun sebagian besar pemilik usaha kecil yang disurvei mengatakan mereka tidak menggunakan teknologi tersebut. 

Baca juga : 8 Tren dan Rekomendasi Marketing Channel 2023

Namun, saat ini sudah banyak pihak ketiga yang dapat membantu bisnis kecil untuk dapat menggunakan Chatbots yang lebih canggih. Chatbot ini dapat menjawab pertanyaan dasar pelanggan setiap saat, sehingga kamu bisa fokus ke kegiatan bisnismu lainnya.

4. Analisis data

Sebagian besar merek menjadikan analitik data sebagai prioritas. Marketer perlu melakukan lebih dari sekadar mengumpulkan data.

Kamu perlu menggunakan data tersebut untuk meningkatkan kampanye pemasaran. Business News Daily, mengungkap tren pada tahun 2023 berputar di sekitar data prediktif; kumpulan data yang lebih cerdas, dapat diskalakan, dan lebih fleksibel; edge computing untuk analisis yang lebih cepat; dan hybrid computing yang memadukan solusi cloud off-premise dan on-premise. 

Analitik data dapat memberikan informasi berharga tentang perilaku konsumen, termasuk niat mereka. Kamu harus menggunakan informasi yang kamu kumpulkan dari situs web kamu dan memanfaatkannya dalam strategi pemasaran.

Kamu juga akan melihat peningkatan penggunaan solusi berbasis machine learning yang mencakup visualisasi data untuk pengambilan keputusan, manajemen bisnis, dan wawasan serta otomatisasi yang lebih baik.

5. Web3

Web3, dianggap akan menjadi tren baru dalam e-niaga. Saat ini sudah banyak bisnis yang menggunakan DeFi untuk meningkatkan profil mereka ke level baru. 

DeFi menjadikan keuangan terdesentralisasi dan mengacu pada blockchain, cryptocurrency, dan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT). Para marketer ahli akan menjadikan blockchain peluang baru untuk pemasaran.

Baca juga : Siap-siap Sukses di Tahun Depan, Berikut Tren Digital Marketing 2023

Blockchain menawarkan kontrak pintar yang memverifikasi, menjamin, dan menegakkan transaksi. Tentu saja nantinya pemasaran akan dibantu dengan mata uang kripto, atau koin digital, yang menggantikan uang fisik untuk menarik berbagai jenis konsumen. Ini menjadi tren baru untuk memasarkan produk mereka pada generasi berikutnya.

6. User Experience (UX)

Google juga mengalihkan perhatiannya ke seluler menggunakan Mobile-First Indexing (MFI) yang baru diluncurkan untuk menentukan peringkat situs web yang ramah seluler. Untuk pemasar, ini berarti berfokus pada UX di perangkat seluler.

Ditambah pelanggan saat ini mengharapkan pengalaman online yang menarik, mudah digunakan, dan lancar, baik itu di toko e-niaga atau membaca dengan teliti situs web. Pada tahun 2023, akan ada dorongan yang lebih besar menuju UX yang mengacu pada pengalaman yang interaktif, dan dipersonalisasikan.

7. Gabungan AI, VR dan AR

Metaverse adalah perpaduan futuristik dari virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan kecerdasan buatan (AI), yang berpuncak pada pengalaman imersif 3D baru di mana pengguna menggabungkan fisik dengan digital.

Pengguna dapat membuat avatar mereka sendiri yang memungkinkan mereka untuk "merasakan" pengalaman tanpa menyentuh barang fisik. Nantinya bisnis akan menggunakan teknologi seperti augmented reality untuk menciptakan pengalaman belanja di mana pembeli, melalui avatarnya, dapat "mencoba" pakaian, "duduk" di kursi, "tinggal" di wilayah geografis tertentu, dan lainnya.

Kesimpulannya, Metaverse adalah salah satu tren pemasaran paling kolosal di tahun 2023, dan kita baru saja memulai perjalanannya. Ini menghilangkan batasan antara fisik dan virtual, memicu model bisnis direct-to-avatar (D2A) baru.

8. Masa depan tanpa Cookie

Dua tahun terakhir banyak keluhan yang mengatasnamakan data privasi termasuk ketidak sediaannya mereka terhadap cookies. Untuk memperbaiki situasi tersebut, Google memimpin industri teknologi periklanan dengan masa depan tanpa cookie, dijadwalkan muncul pada tahun 2023. 

9. Konten panjang yang otentik

Untuk bisnis kecil tidak perlu mengeluarkan budget pemasaran yang banyak di tahun 2023. Karena konten autentik kembali menjadi alat pemasaran yang ampuh.

Dikutip dari Business News Daily, tahun 2021 adalah tahun TikTok dan Instagram dengan dukungan short video tiga hingga lima menit mereka, namun tahun 2023 terlihat keinginan audience yang berayun ke arah lain, dengan artikel lebih dari 1.000. 

Konten panjang berlaku untuk posting konten video dan artikel blog. Kamu dapat membangun kepercayaan dengan menunjukkan bahwa kamu peduli lebih bukan sekadar berjualan. Kesimpulannya, pemasaran berdurasi panjang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan minat dan keterlibatan di antara audiens target kamu.

Itulah 9 tren teknologi yang bisa kamu manfaatkan. Namun memutuskan teknologi mana yang akan diterapkan dalam operasi kamu bergantung pada kebutuhan bisnis dan keinginan pelanggan kamu. Yang pasti catat tren teknologi pemasaran 2023, sebelum kamu bertindak. 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE